DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Rabu, 17 Juli 2013

Setiap Ilmu yang Kita Terima Belum Tentu Bermanfaat Oleh Maskatno Giri



Apakah setiap llmu yang kita  cari dan kita  terima pasti ada manfaatnya?

Menurutku  belum tentu. Karena ilmu itu ada yang baik dan ada yang buruk. Sedangkan  kita memiliki keterbatasan dalam menyaring  kualitas manfaat untuk kita.
Maha  Benar Allah dan rasulnya yang mengajarkan kepada kita supaya kita berdoa, sehingga kita dituntun oleh Allah supaya menjadi orang yang berilmu namun memiliki keberkahan dari ilmu tersebut. Menurut ahli bahasa Arab dan tafsir bahwa keberkahan bermakna bertambahnya kebaikan atas kemanfaatan yang bersumber dari Ilahi. Sehingga  bila kita mendapat keberkahan dari ilmu kita mestinya semakin baik dan bermanfaat.

Tentu kita bisa melihat atau bisa juga terlibat bahwa usia kita bertambah sebanding dengan ilmu kita yang juga semakin banyak. Maka, idealnya kita semakin tua juga semakin bermanfaat hidupnya, semakin tua semakin lebih baik taqwanya. Semakin tua semakin bijak pemikirannya. Itu pada tataran ideal. Namun, kenyataanya terkadang kita semakin tua kurang bertambah kualitasnya.

Barangkali  saatnya kita perlu evaluasi diri bahwa dalam perjalanan waktu kita seharusnya bertambah ilmu. Sehigga kita semakin tua semakin maju, bermutu dan hidup dalam keberkahan. Kita perlu berdoa tiada henti untuk memiliki ilmu yang bermanfaat. Doa tersebut adalah sbb:

أَللَّهُمَّ إِنَّانَعُوْذُبِكَ مِنْ عِلْمٍ لاَيَنْفَعُ وَمِنْ قَلْبٍ لاَيَخْشَعُ وَمِنْ نَفْسٍ لاَتَشْبَعُ وَمِنْ دَعْوَةٍ لاَ يُسَتَجاَبُ لَهاَ.
Allahumma innaa na’uuzu bika min ‘ilmil laa yanfa’ wa ming qalbi laa yakhsya’ wa min nafsil laa tasyba’ wa min da’watil laa yustajaabu lahaa.
Ya Allah , kami berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyuk, dari nafsu yang tidak pernah puas, dan dari doa yang terkabulkan.
                أَللَّهُمَّ لاَعِلْمَ لَناَ إِلاَّماَ عَلَّمْتَناَ فَعَلِّمْناَ مَايَنْفَعُناَ وَارْزُقْناَ عُلُوْمًا تَنْفَعُناَ فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْياَ وَ الأ خِرَةِ.
Allahumma laa ‘ilma lanaa illa maa ‘allamtanaa fa’allimnaa maa yanfa’unaa warzuqnaa ‘uluuman tanfa’unaa fid diini wad dunyaa wal aakhirah.
Ya Allah kami tidak mempunyai ilmu kecuali apa yang Engkau ajarkan maka ajarilah kami ilmu yang bermanfaaat bagi agama, dunia dan akhirat.
Posting Komentar