DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Jumat, 03 Januari 2014

Tip Hidup Bermakna, Resep Dari Guruku Tercinta

Walau hidup kita hanya bermodalkan pas-pasan (wajah pas-pasan, rambut pas-pasan, rejeki pas-pasan dsb, atau hanya modal nekat, modal kelemahan . Namun, kita layak hidup dalam kebahagiaan.

Allah swt adalah dzat yang Maha Luar Biasa. Kalau ingin menjadi hamba yang luar biasa, mari kita selalu dekat denganNYA. Dia pencipta kehidupan.

Hidup itu sesungguhnya sederhana saja. Meskipun ini baru sebatas aku berteori saja. Tidak sebagaimana yang dikatakan orang yang mengatakan bahwa hidup itu rumit. Masyarakat sekarang, termasuk aku kadang merasa berada dalam masa yang sulit untuk memahami hidup ini.

Kita percaya pada pendapat bahwa "hidup itu pertarungan", "kita harus melakukan yang terbaik untuk itu", dan "hidup adalah tantangan ."

Apapun kondisinya, kita perlu sadar bahwa hidup di dunia ini hanya sekali dan tak bisa diulangi lagi. Idealnya hiduo ini harus berarti atau bermakna. Dalam kebermaknaan hidup adalah  awal kita bisa bahagia. Berikut ini tips 10 M  untuk mengatasi persaan ketidakbermaknaan dalam  hidup.

1—Mensyukuri nikmat yang diberikan  Allah swt adalah tugas utama kita. Mengingat mungkin kita tidak bisa mendapatkan apa yang kita inginkan tetapi seringkali hal itu adalah sebuah keberuntungan yang baik. Tidak selalu mendapatkan apa yang kita mau seringkali berarti bahwa ada sesuatu yang lebih baik berada di balik cakrawala. Kita perlu untuk bersabar dan tenang.

2--Menyadari kita pernah juga melakukan kekeliruan, kita perlu  mengambil langkah-langkah perbaikan. Tak ada manusia sempurna.  Cepat ambil tindakan untuk menyelamatkan kehidupan kita. 

3—Menghargai hidup kita apa adanya. Apa pun kondisi kita. Kitaa harus  ”LEGOWO”. Kehidupan kita  seharusnya dijalani denagn keikhlasan. Dengan demikian, maka pada saat kita tua dan menoleh ke belakang kehidupan, kita dapat menikmatinya untuk yang kedua kali. Hidup dalam keikhlasan berarti kita meninggalkan warisan yang dapat diikuti oleh orang lain.. 

4—Mengkondisikan suasana rumah yang penuh cinta kasih adalah pondasi hidup kita. Kebahagian di rumah tangga adalah awal untuk menciptakan kebahagian yang lebih  luas lagi. Kita bisa  menciptakan suasana rumah yang harmonis, tenang dan sentausa dari hasil penciptaan budaya baik dalam keluarga. Hal-hal kecil itu berharga, baik bagi kita maupun orang lain.

5—Menciptakan hubungan yang terbaik adalah hubungan dimana kasih sayang  kita untuk orang  lain melebihi kebutuhan kita dari yang lain. Menjadi  orang yang suka memberi justru mengundang rezeki, bukan orang yang tergantung atau ikut-ikutan tergantung. 

6—Menjaga kejujuran dan kepercayaan adalah hal yang paling penting dalam semua komunikasi kita dengan orang  lain.

7—Menghargai dan peduli .Tak seorang pun yang peduli seberapa banyak kita tahu sampai manusia  tahu seberapa banyak kita peduli kepada manusia lain. Pesan yang terbaik datang dari hati. Meghargai orang lainsupaya mereka juga tumbuh dan bermakna dalam kehidupannya.

 8—Menghibur diri .Kita perlu pergi ke suatu tempat yang belum pernah kita kunjungi. Berbagi kegembiraan ternyata perlu,  kita akan lebih dekat  pada orang-orang yang spesial di hati kita.

9--Menghargai hal-hal kecil. Kita perlu berbagi secangkir teh dengan rekan-rekan baik kita,. Sekali lagi, semua itu adalah hal-hal kecil.  

10—Mengikat kembali tali  silaturahmi  itu penting. Mungkin kita sudah jarang menghubungi dan dan  telepon dengan mereka yang sudah lama tidak berhubungan dengan kita. Menghubungkan kembali silaturahmi  sangat perlu , ini bukti  kita  menunjukkan perhatian . Apa lagi kalau kita sering bersilaturahmi dengan orang yang kurang beruntung dengan kita. Tentu, ini akan membuat kita  lebih bersyukur. Nasihat dari ortu dan guru " tontonen sak ngisormu, ojo ndangak".

Semoga bermanfaat. Salam sukses  sejati

Posting Komentar