DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Minggu, 23 Februari 2014

Perlu Keyakinan Diri Dalam Meraih Sukses

Tulisan ini bukan hanya sekedar untuk menghibur diri.Tapi ini ada hubungannya dengan nasib manusia.  Aku memang berkeyakinan bahwa kita layak menjadi manusia sukses. Bukan main-main,  kita memang  layak meraih sukses sejati.

Salah satu modal untuk meraih kesuksesan, ya pasti kecerdasan kita.

 " Wah... aku ora cerdas ki?" Itulah komentar orang yang "ketinggalan zaman" dan "minderan".

Padahal Allah SWT telah menciptakan kita bukan sebagi manusia "produk gagal". Kita pasti telah dilengkapi perangkat untuk menjadi sukses. Kita saja yang terkadang merendahkan kita sendiri .

Kalau menurut Mas Howard Gadner modal orang sukses adalah kecerdasan yang telah dibawa sejak lahir. Mas  Howard Gadner mengelompokan menjadi 8 jenis kecerdasan manusia.  Jenis kecerdasan tersebut adalah sbb:

1. Kecerdasan Linguistik: Word Smart
Kemampuan menggunakan kata-kata secara efektif,baik untk memengaruhi maupun memanipulasi. Manfaat kecerdasan ini adalah untuk berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis.

2. Kecerdasan Logis-Matematis: Number Smart
Keterampilan mengolah angka atau menggunakan logika. Kecerdasan ini bermanfaat untuk menganalisis laporan keuangan, memahami perhitungan utang nasional, atau mencerna laporan sebuah penelitian, dan berpikir kritis.

3. Kecerdasan Spasial: Picture Smart
Kemampuan seseorang untuk memvisualisasikan gambar dalam pikiran (dibayangkan) atau menciptakannya dalam bentuk dua atau tiga dimensi. Kita membutuhkan kecerdasan ini dalam kehidupan sehari-hari, misalnya: saat menghias rumah, merancang taman, menggambar atau melukis, dan menikmati karya seni.

4. Kecerdasan Kinestetik-Jasmani: Body Smart
Merupakan kecerdasan seluruh tubuh dan juga kecerdasan tangan. Dalam dunia sehari-hari, kita sangat memerlukan kecerdasan ini, misalnya: membuka tutup botol, memasang bola lampu di rumah, olahraga, dan menari atau keterampilan tangan.

5. Kecerdasan Musikal: Music Smart
Suatu kemampuan menyanyikan lagu, mengingat melodi musik, mempunyai kepekaan akan irama atau sekadar menikmati musik.

6. Kecerdasan Antarpribadi: People Smart
Kemampuan untuk memahami dan bekerja dengan orang lain. Kecerdasan antarpribadi ini melibatkan banyak hal, misalnya: kemampuan berempati, kemampuan “membaca orang”, dan kemampuan berteman. Segala jenis pekerjaan yang berhubungan dengan orang lain, membutuhkan kecerdasan ini.

7. Kecerdasan Intrapribadi: Self Smart
Suatu kecerdasan untuk memahami diri sendiri, kecerdasan untuk mengatahui “ siapa diri saya sebenarnya” untuk mengetahui “apa kekuatan dan kekurangan saya”. Ini juga merupajab kecerdasan untuk bisa merenungkan tujuan hidup sendiri dan untuk memercayai diri sendiri.

8. Kecerdasan Naturalis: Nature Smart
Suatu kemampuan untuk mengenali bentuk-bentuk alam sekitar kita. Saat kita berkebun, berkemah, atau melakukan proyak ekologi; kita memerlukan kecerdasan ini.


Di atas itu kan jenis-jenis kecerdasan menurut Gadner. Itu baru penelitian menurut keterbataannya manusia. Karena memang manusia memiliki berbagi keterbatasan.  Menurutku kecerdasan itu sangat komplek. Bahkan lebih  rumit dari yang dikira manusia. Sekali lagi itu menurut Mas Katno Giri.

Aku pun  punya hak juga mengira-ira bahwa kecerdasan manusia itu jenisnya jutaan.  Jadi orang sejuta ya  jenis kecerdasannya  sejuta. Keyakinanku bahwa setiap orang pasti punya keunikan masing-masing. Lha sidik jari saja tiap orang berbeda, apalagi kecerdasannya. POKOKNYA YAKIN SAJA BAHWA KITA ADALAH MANUSIA CERDAS DAN LAYAK MENJADI MANUSIA SUKSES SEJATI.

Salam sukses sejati.
Posting Komentar