DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Sabtu, 19 April 2014

Be creative! Be happy! (Menjadi Kreatif Menuju Bahagia)

Hidup di dunia  hanya sekali, dan pasti tidak bisa diulangi. Menentukan pilihan yang pas, jelas ini sangat penting. Maksudnya bila kita memilih sesuatu kurang pas, akan ada konsekuensi tersendiri dalam menjalani  kehidupan. Seseorang  yang salah menentukn pilihan  bisa berdampak, prestasinya kurang maksimal, kebahagiaannya  terganggu, kesehantannya bermasalah dll. Ini bisa  dialami setiap insan. 

Manusia pasti memiliki keterbatasan, kita tidak mungkin seperti  Tuhan-NGERTI SAKDURUNGE WINARAH. Kita sering merasa  bahwa pilihan kita sudah pas dan benar. Tapi menurut Tuhan belum tentu. 

Menurutku secara minimal, kita harus belajar berkreatif dalam menjalani hidup. Sangat  mungkin bila  kita memiliki jiwa  kreatif,  kebahgiaan, kemajuan, dan  rezeki yang lain akan mendekat kepada kita.

Kreatif bisa dijadikan modal awal. Secara  ideal,  kita  harus  bermodal jiwa ikhlas, syukur, taqwa dll. Sekali lagi itu pilihan ideal. Belum tentu setiap insan sudah siap menjadi manusia ideal.

Mau rezekinya baik? Mau bahagia? Jelas kita harus termoyivasi menjadi pribadi yang lebih baik. Pokonya Kita harus berubah. Di sini, memotivasi diri dan orang lain itu sangat penting. Motivasi ini setidak -tidaknya bisa memberi jalan alternatif secara minimal untuk meraih  kebahagiaan hidup.

Aku menyimpulkan bahwa kita perlu memiliki KREATIVITAS SEBAGAI LANGKAH AWAL MENUJU KEBAHAGIAAN YANG IDEAL. Kreativitas  dalam menjalani  hidup itu sangat penting  untuk mencari  jalan-jalan alternati menuju kehidupan yang  lebih menjanjikan dan membahagiakan.

Mungkin kita saat ini baru galau karena kita baru terkena musibah, tidak punya uang, terpisah dengan anggota keluarga dll. Jelas kalau kita mengalami permasalahan yang kusebutkan tadi kita akan merasa terganggu  kebahagiaanya. Di sini modal kreativitas sangat penting. Kita harus bersegera berkreatif dalam menasihati diri, memotivasi diri, dan menghilangkan duka.

Menjadi kreatif adalah obat duka, menjadi kreatif menjadikan hidup lebih bermakna. Tapi caranya bagaimana  untak menjdi kreatif?. Inilah pentingnya membaca blognya Maskatno Giri. Dia berusaha baik hati dan tidak sombong. "Yen ora bolo ora bakal dikandani". Di sini kutulis 10 M cara menjadi kreatif yang bersumber dari  berbagi referensi:
  1. Mengubah cara berpikir dari negatif ke positif
  2. Menulis secara rinci mengenai situasi kesulitan yang kita hadapi
  3. Megajukan pertanyaan  sebanyak-banyaknya kepada diri sendiri dan orang lain
  4. Membuat solusi alternatif
  5. Menentukan keputusan yang terbaik dari beberapa alternatif solusi yang kita buat
  6. Membuat planning bila keputusan terbaik kita tidak berjalan sesuai harapan.
  7. Mempertimbangkan kembali tentang keputusan yang sudah diambil
  8. Menerima semua tanggung jawab atau konsekuensi dari keputusan yang telah dibuat.
  9. Menentukan batas akhir dan tidak menunda-nunda
  10. Melakukan "ACTION" (bersegera dalam tindakan) . Next--Bertawakal kepada Allah SWT
SALAM SUKSES SEJATI!
Posting Komentar