DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Selasa, 13 Mei 2014

Meyesal! Ra Popo, Tapi Bisa Sebagai Pembelajaran

Menyesal juga sih sebenarnya. Tapi untuk apa menyesal.... .Apa yang disesali? Maksudku ....eeeeh tahu-tahu usiaku kok rasanya sudah tua. Kayaknya  masa remajaku seperti kemarin sore. Tapi  kenapa waktu muda tak diberdayakan secara maksimal.    EEEEh....... tahu-tahu usia anakku  yang sulung  sudah menginjak remaja.

Rasanya baru sedikit prestasi yang bisa  kubanggakan. Padahal  kupikir anak-anakku membutuhkan teladan dan motivator. Sebenarnya  sih aku bisa berkarya  sedikit-sedikit  walau berupa tulisan yang belum berbobot. 

Sesekali aku  "iri" pada yang lebih muda. Kutemukan banyak pemuda sudah mendapat pencerahan terlebih dulu. Baru saja  aku membaca  tokoh pilihan kompas, sosok manusia berprestasi,  salah satunya figur  dalam dunia tulis menulis. Sering juga Kompas membahas  tentang tokoh inspirator. Banyak di antaranya   adalah pemudi yang rajin membaca dan menulis sehingga mampu berkarya lewat berbagai  macam tulisan yang menginspirasi. 

Waaaah aku  malu sih! Kenapa aku dulu tak ada yang mengarahkan sehingga segala sesuatu serba tanggung alias kemampuan pas-pasan. Ya   memang kebayakan di antara sobatku semasaku kurang perhatian dari para pendidik  juga dari ortu. Maklum, mereka kurang faham dengan pendidikan. Akhirnya pendidkan di keluarga dan masyarakat serba tanpa arah jelas. "Yo wis ben sing penting urip!" Itulah komentar sederhana bagi orang yang kalah.

Ternyata pemuda-pemudi yang miskin  motivasi, keteladanan, pengarahan   bisa berbahaya. Mereka tumbuh menjadi manusia yang jauh dari prestasi. Ini termasuk aku sendiri. ..."Boro-boro mikir prestasi, bisa makan cukup saja sudah Alhamdulillah". Akhirnya aku bisa  manggut-manggut, entah benar apa tidak , yang jelas aku bisa menyimpulkan   bahwa kemiskinan mendekatkan kearah kebodohan, kelemahan, ketertinggalan, ketidaberdayaan, ketidakpercayaan diri. dll.

Akhirnya, menyesal dikit tak apa. Tak ada istilah terlambat dalam berkarya dan cari pahala. Pokoknya enjoy saja. Setiap  niat baik sudah suatu kebaikan....

Salam sukses sejati!.


Posting Komentar