DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Jumat, 04 Juli 2014

Jiwa Sehat-Fisik Sehat

Kalau   kita mau menuruti nasihat dari para ahli kesehatan supaya menjadi sehat kita seharusnya olah raga teratur, tidur delapan jam sehari, konsumsi makanan yang bergizi dll. Aku pikir itu  nasihat tersebut  sudah sering  kita dengar, bahkan sudah lumayan kadaluarsa.

Kenyataanya banyak orang yang  olah raga teratur juga sering sakit bahkan mati di usia muda. Banyak orang yang teratur sekali dalam tidur ternyata tidak sehat.. Banyak orang yang mengkonsumsi makanan yang bergizi tapi ternyata justru penyakitnya karena terlalu banyak asupan gizi.

Manusia memang diharuskan  berusaha, berteori, mengira-ira, meneliti dll. Melalui  usaha manusia dan ilmu yang dimiliki manusia bisa menjadi lebih baik. Itu teori dari manusia.

Kalau menurut ustadzku, untuk menjadi sehat  dan  kuat fisik jusrtu yang perlu diolah  adalah jiwanya dulu. Jiwa  yang baik dan sehat justru  itu yang terpenting. Jiwa sangat menentukan kekuatan dan kesehatan fisik.

Kalau aku lebih percaya kata ustadzku,   bahwa di dalam jiwa yang sehat akan berdampak pada fisik yang sehat pula.

Oh ya aku mau bercerita tentang ortuku. Usia ortuku sangat panjang. Ayahku usianya sekitar 95 tahun, tidak pikun. Tapi beliau meninggal sekitar tiga tahun yang lalu.  Sedangkan  ibuku sekarang masih hidup bersamaku  dan  keluargaku. Usianya sekitar 90 tahun. 

Yang kutahu tentang ortuku: jarang sakit, makanannya seadanya (yang  murah-murah saja-dominan sayur), tidak "ngongso bondho",  tidak dendaman  dan irinan,  jarang olah raga (tapi gemar aktifitas fisik),   tidak banyak tidur, senang bicara, senang sesuatu yang agamis, senang berbagi dll.

Aku belum pernah bertanya kepada ortuku tentang resep awet sehat dan panjang usia. Namun, aku cuma mengira-ira saja, ortuku  tak bisa menjawabnya. Aku meraba-raba jawabannya ya  kurang lebih mendekati seperti yang kutulis di atas.

Posting Komentar