DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Rabu, 10 September 2014

Membangunkan Jiwa: Renungan Pagi

Alhamdulillah aku bisa fresh bangun pagi, walau tidur sekitar empat jam terbukti tak ada masalah. Trima kasih  kepada  orang tuaku yang telah memberikan contoh selama puluhan tahun: bangun pagi menyehatkan. Memang beliau telah  terbiasa bangun pagi. Sholat malam, sholat fajar lalu sholat shubuh. Walau tidur malam kurang dari delapan jam sehari toh ortuku sehat-sehat dan panjang umur.

Pernah juga aku mendapat nasihat bahwa biar awet sehat supaya tidurnya setidaknya delapan jam dalam semalam. Sudah ada bukti ortuku tidurnya sering kurang dari delapan jam tapi fisik tetap ok.

Banyak orang hidup dasarnya cuma mengandalkan ilmu  "dzonn" atau  kira-kira, prasangka dan research. Bolehlah orang menyangka supaya  tetap fit,   penjagaan fisik harus menjadi prioritas.  Namun, nabi Muhammad  SAW telah memberi contoh dan bukti bahwa  penjagaan  kesehatan jiwa justru lebih  utama.

Aku pernah membaca  berbagai artikel bahwa  penjagaan kesehatan jiwa punya peran lebih dari 75% dalam pengaruhnya ke kesehatan fisik. Seperti dalam lagu Indonesia Raya  pun telah dinyatakan "bangunlah jiwanya, bangunlah raganya. So justru pembangunan jiwa itu harus didahulukan. Selanjutnya terserah Anda.

Salam sukses sejati


Posting Komentar