DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Selasa, 09 September 2014

Pilih Bahagia Saja! 4M Resep Manjur Bahagia

Sudah hampir tengah malam. Heran juga kenapa aku belum ngantuk?. Daripada melamun, bisa-bisa tambah dosa. Mending  menghibur diri, memotivasi diri dan mencari inspirasi lewat tulisan

Teringat motto hidupku dalam menjalani hidup. "Nekat is the best" . Yen ora nekat arep ngandalke opo. Ora nduwe modal liyane. Menghibur diri lewat tulisanpun perlu nekat.

Targetnya orang nekat; biar melarat asal bahagia. Daripada kaya tidak bahagia. Mending  biar miskin tapi bahagia. Adakah orang yang kaya tidak bahagia? Aku sudah mengantongi banyak bukti bahwa kekayaan bukan jaminan kebahagiaan. Miskin pun bisa bahagia, tapi kalau terlalu miskin kayaknya sulit untuk bahagia.

Lewat blog ini aku ingin memotivasi diri tentang cara hidup bahagia. Caranya cukup sederhana dengan teknik 4M. 

M yang pertama:  Mensyukuri.  Menyukuri apa yang telah dikaruniakan oleh Allah SWT. Cara sederhana bersyukur adalah  melihat kenikmatan yang diterima oleh orang yang  di bawah kita. Maksudnya, kita  seharusnya sering melihat orang yang kurang beruntung dibanding kita. "OJO NDangak" itulah bahasa Jawanya.

M yang kedua: Menghindari kemaksiatan dan melakukan kebaikan. Ya seyelah kita mensyukuri nikmat apaun yang kita terima, kita harus konsisten  menjaga supaya jauh  dari maksiat tapi dekat dan bertekat untuk rajin berbuat baik. Kebaikan mengundang kebahagiaan. Sebaliknya  kemaksiatan akan menngundang kesengsaraan dan penyesalan.

M yang ketiga:  Mengikhlaskan  kelemahan diri sendiri. Mengikhlaskan kelemahan, keburukan, kebodohan, kekurangan diri sendiri maksudnya bahwa kita jangan terlalu menuntut diri kita secara berlebih. Kita bukan orang "prefect'. Tak ada orang yang sempurna. So jangan menjadi orang prefectsionist. Orang prefectionist adalah calon orang stress.

M yang keempat: Mudah memaafkan, memaklumi  kesalahan, dan kekurangan orang lain. Menjadi pendendam akan menjauhkan rezeki dan kebahagian. Kita pun senang jika dimaafkan oleh orang lain. So sama halnya kita pun harus mudah memaafkan orang lain.

Allahu a'lamu bishawab. Semoga bermanfaat. Salam sukses sejati. Selamat tidur, bangun pagi. Jangan lupa berdoa,nanti sholat lail, terus sholat fajar. Dan  mari menyambut hari esok penuh ceria.
Posting Komentar