DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Sabtu, 04 Oktober 2014

Rumus 10 M, Agar Tetap Semangat

Memang  aku tidak sepenuhnya  menguasai  permasalahan hidup, aku tidak sepenuhnya berpengalaman, aku tidak sepenuhnya kuat fisik,  jiwa dan intelektual,  lebih jauh lagi aku tidak sepenuhnya  termasuk orang yang berkualitas. Atas segala keterbatasanku, aku harus sepenuhnya  bersemangat memotivasi diri bahwa hidup harus dijalani. Aku memang seharusnya  sepenuhnya ikhlas dengan segala keterbasanku sendiri.

Demikian juga, aku sadar bahwa hidup di dunia hanya sebentar tapi bukan berarti harus sebentar-sebentar mengeluh. Pokoknya apapun yang terjadi kita harus tetap semangat, menguatkan tekat bahwa setiap niat untuk kebaikan sudah dinilai pahala. 

Tak ada kamus "nglokro", "aras-arasen", dan "gampang ngeluh" bagi calon orang sukses sejati. Itulah inti nasihat para motivator senior yang selalu mengingatkanku sebagi motivator yunior.

Lebih lengkap lagi, Maskatno Giri  telah membuat formula  10 M untuk diri sendiri dan Anda, terinspirasi dari berbagai nasihat dari  para motivator agar kita  tetap sabar, istiqoamah,  dan ikhlas dalam penantian panjang menyambut sukses sejati.

 1. Memberikan  hadiah dan sedekah
Kekikiran tidak akan membahagiakan.  Menjadi orang yang selalu memberikan ‘lebih’ dalam apa saja yang Anda lakukan. Jadikanlah ‘totalitas’sebagai gaya hidup Anda karena kebiasaan membentuk karakter. Berilah tanpa mengharap imbalan dan pujian. Entah namannya sedekah  atau hadiah, jelas memberikan warna semangat baru dalam hidup baik untuk yang memberi atau yang menerima. Dalam islam sedekah tidak harus berupa uang atau harta benda. Senyuman, dzikir dan doa termasuk sedekah.

2. Mengurangi ketegangan
Dalam mnghadapi hidup di dunia tak perlu terlalu serius, apalagi stress. Kurangilah stres dengan berpikir bahwa segala sesuatu dalam hidup Anda pasti akan berjalan lebih baik. Walaupun kondisi pada saat ini tidak mendukung Anda untuk bersemangat. Milikilah kerangka berpikir positif! Lihatlah setiap situasi sebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang. Jangan lupa untuk tetap tersenyum.

3. Membiasakan berbuat baik
Kebiasaan dapat membuat Anda menjadi lebih baik atau lebih buruk. Pastikanlah untuk memiliki kebiasaan yang memiliki efek yang baik bagi diri & hidup Anda. Lenyapkanlah kebiasaan buruk yang merugikan.

4. Memilih  lingkungan yang tepat
Perhatikan, siapa saja orang yang sangat berpengaruh dalam hidup Anda? Kita semua terbentuk oleh lingkungan kita. Setiap orang yang ada di sekeliling kita mempengaruhi kepribadian, kepercayaan, dan nilai-nilai yang kita anut. Jadi, siapa orang terdekat Anda? Pastikan bahwa mereka mendukung Anda untuk maju. Hindari orang yang mengha-langi perkembangan dan mematikan semangat Anda.

5. Meluangkan waktu untuk kegiatan yang menyenangkan
Seringkali kita berupaya keras untuk berlari mengejar kemajuan dalam kehidupan kita, hingga melupakan hal-hal yang membuat kita bahagia. Jika terlalu tegang, Anda menjadi lelah jiwa raga, dan bosan. Kembalikan semangat Anda dengan meluangkan waktu untuk melakukan hobi Anda. Lakukanlah secara teratur.

6. Memecahkan masalah bukan menghindarinya
Masalah yang belum terpecahkan berpotensi untuk menguras enerji kita. Cari tahu, masalah apa saja yang menghimpit jiwa dan membuat Anda tertekan. Carilah solusi atas masalah Anda. Selesaikanlah urusan yang belum selesai, seperti melunasi hutang, menyelesaikan skripsi atau pekerjaan yang belum beres. Dijamin, Anda akan menjadi lega setiap satu masalah selesai. Bereskan saja semuanya, supaya Anda kembali bersemangat!

7.  Memperhatikan sisi positif diri dan melestarikan keunggulan diri
Enyahkan kecerobohan dan hal-hal buruk yang terjadi dalam hidup Anda dengan fokus pada keunggulan dan kebaikan yang sedang Anda lakukan saat ini. Kembangkanlah kebiasaan untuk melakukan satu saja pekerjaan. Fokuslah pada hal itu hingga pekerjaan itu selesai. Berilah perhatian pada detail untuk meraih kebaikan.

8. Menyisihkan Waktu untuk  refleksi diri dan menyusun  rencana
Kebanyakan orang menyerah pada keadaan dan tidak mau refleksi diri. Akibatnya hidup mereka menjadi sudah merasa pada jalan yang benar.Perlu refleksi diri untuk  mengetahui apa yang Anda inginkan. Ketahuilah impian Anda. Anda ingin menjadi apa? Kehidupan seperti apa yang Anda dambakan? Apa sumbangsih Anda bagi manusia dan dunia? Jadilah orang yang proaktif dengan berusaha menata diri dan hidup Anda ke arah yang lebih baik. Susunlah rencana dan berjuanglah!

9.Menjaga Kesehatan jiwa raga
Makanlah makanan yang halalan thoyyiban. Halal dan  bergizi, jangan hanya asal kenyang. Miliki tidur yang berkualitas. Berolahraga itu penting. Kalau tidak sempat janagn malas untuk bergerak atau sekedar jalan kaki. Usahakan untuk berada dalam lingkungan yang ‘sehat’, hindari lingkungan yang penuh tekanan, carilah kehidupan yang lebih baik. Berbagilah bersama sahabat. Jangan lupa bahwa Allah SWT itu ada, berserah & berdoalah!

10. Menginvestasi pada otak & pikiran anda
Pikiran atau otak mestinya dipenuhi ilmu. Pikiran Anda adalah komputer yang tercanggih di dunia! Up grade yourself! Maka, jangan pernah berhenti belajar dan mengembangkan bakat Anda. Jangan malas mempelajari keahlian baru yang akan meningkatkan kesehatan, kekuatan mental, dan performa kerja kita. Jangan takut mencoba pengalaman baru. Hal baru dapat menstimulasi pikiran kita. Gunakanlah pengetahuan yang Anda miliki untuk berkarya, mengajar, mendukung orang lain, dan berpartisipasilah dalam membuat dunia menjadi lebih baik.

Semoga bermanfaat. Salam sukses sejati!


Posting Komentar