DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Selasa, 18 November 2014

Guru Nyabu? (Belajar arti Kehidupan dan Keistiqomahan)

Ada berita  heboh di  berbagai media  tiga  hari terakhir ini:  Guru Besar Unhas Prof Dr Musakkir SH, MH dan Kepala UPT Bantuan Hukum Unhas, Ismail Alrip SH Mkn, tertangkap mengisap sabu bersama mahasiswi di kamar 312 Hotel Grand Malibu, tepatnya Jumat (14/11/2014) dini hari.

Sebenarnya ini adalah aib di dunia pendidikan. Walau  aib, tapi ada hal yang  jauh lebih penting, yakni  kita bisa belajar tentang  berbagai hikmah kehidupan.

Dalam falsafah Jawa ada istilah "mburu uceng kelangan dheleg". Maksudnya kurang lebih; cuma mengejar sesuatu yang kecil tapi harus  mengurbankan sesuatu yang besar. "ora cucuk" alias  rugi besar.  Mencari   kenikmatan instan terhadap godaan wanita dan sabu  dampaknya   hilangnya pekerjaan, hancurnya karier, cemoohan,  aib dll.
Pak guru kok nyabu! Ya  pasti  ada resiko besar, dia harus siap-siap dipecat. Yang kedua dia dan keluarganya akan menanggung  malu dan beban aib yang luar biasa. Pokoknya sang profesor akan kehilangan banyak hal di usia yang sudah lebih dari 45 tahun. Padahal seharusnya dia menikmati hidup masa tua dengan bahagia bersama keluarga.

Saya pikir kita tidak perlu terburu-buru merendahkan  atau menghakimi guru yang baru malang. Dari kisah pak guru besar    kita bisa belajar, tentu  belajar dari berbagai nasihat yang sering dianggap nasihat kuno antara lain: pentingnya bergaul dengan orang-orang yang baik, pentingnya memiliki daya tahan diri terhadap godaan syetan, pentingnya kehati-hatian (bisa juga dia target jebakan  atas persaingan dan atau kepentingan lain) dan  yang jauh lebih penting memiliki  keistiqomahan dalam keimanan dan ketaqwaan. 

Di masa lalunya Aku  sangat yakin pak profesor banyak memiliki kebaikan dan kelebihan yang pantas diandalkan dan diteladani.  Manusia bisa lupa, bahwa kitapun   sering  tidak istiqomah dalam menjaga kebaikan kita. 

Yang terakhir kita  sebagai manusia sangat berpotensi terkena "goda". Kita tinggal menunggu dan kita harus selalu berdoa semoga kita diberi kekuatan lahir dan bathin dalam menghadapi godaan syetan.....SALAM SUKSES SEJATI

Posting Komentar