DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Jumat, 26 Desember 2014

Menjadi Sehat Karena Meneladani 7 Tip Sehat Ala Nabi Muhammad SAW

Baru saja aku mendapatkan pencerahan  dari motivasi kesempurnaan nabi SAW dalam menjaga kesehatannya bersumber dari  materi khutbah sholat jum'ah dan dari blog motivasi sehat Islami.

Berikut ini tujuh Tip sehat  ala  Rasulullah Shallahu’alaihi wasallam :
  1. Bangun Sebelum Subuh
    Asupan awal ke dalam tubuh Rasulullah adalah udara segar pada waktu subuh. Beliau bangun sebelum subuh dan melaksanakan qiyamul lail. Para pakar kesehatan menyatakan, udara sepertiga malam terakhir sangat baik dan belum terkotori oleh zat-zat lain, sehingga sangat bermanfaat untuk optimalisasi metabolisme tubuh. Hal itu sangat besar pengaruhnya terhadap vitalitas seseorang dalam aktivitasnya selama seharian penuh.
  2. Menjaga Kebersihan Mulut dan Gigi
    Di pagi hari, Rasulullah saw menggunakan siwak untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Organ tubuh tersebut merupakan organ yang sangat berperan dalam konsumsi makanan. Apabila mulut dan gigi sakit, maka biasanya proses konsumsi makanan menjadi terganggu.
  3. Sarapan Air Dingin dicampur Madu
    Di pagi hari pula Rasulullah saw membuka menu sarapannya dengan segelas air dingin yang dicampur dengan sesendok madu asli. Khasiatnya luar biasa. Dalam Al Qur’an, madu merupakan syifaa (obat) yang diungkapkan dengan isim nakiroh menunjukkan arti umum dan menyeluruh. Pada dasarnya, bisa menjadi obat berbagai penyakit. Ditinjau dari ilmu kesehatan, madu berfungsi untuk membersihkan lambung, mengaktifkan usus-usus dan menyembuhkan sembelit, wasir dan peradangan.
  4. Menjaga pola makan. Rasulullah  sudah terbiasa tidak kekenyangan; sepertiga bagian perutnya untuk makanan, dua pertiga yang lain untuk udara dan air.
  5. Menghindari kekotoran hati. Rasulullah dalam sirahnya tak pernah punya rasa dendam, iri dengki, sombong dll. Pasti kebersiahan hati pemicu sehatnya fisik.
  6. Tidak langsung tidur setelah makan
    Rasulullah saw tidak langsung tidur setelah makan malam. Beliau beraktivitas terlebih dahulu supaya makanan yang dikonsumsi masuk lambung dengan cepat dan baik sehingga mudah dicerna. Caranya juga bisa dengan shalat. Rasulullah saw bersabda,” Cairkan makanan kalian dengan berdzikir kepada Allah SWT dan shalat, serta janganlah kalian langsung tidur setelah makan karena dapat membuat hati kalian menjadi keras”. (HR Abu Nu’aim dari Aisyar r.a).
  7. Berolahraga
    Rasulullah saw sering menyempatkan diri untuk berolahraga. Terkadang beliau berolahraga sambil bermain dengan anak-ana dan cucu-cucunya. Pernah pula Rasulullah lomba lari dengan istri tercintanya, Aisyah r.a..........Semoga Bermanfaat . Salam Sukses Sejati.
Posting Komentar