DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Sabtu, 27 Desember 2014

5M Sikap Hidup dalam Dosa dan Salah

Menurutku dosa dan salah itu beda. Dosa (dari bahasa Sansekerta: doṣa) adalah suatu istilah yang terutama digunakan dalam konteks agama untuk menjelaskan tindakan yang melanggar norma atau aturan yang telah ditetapkan  Allah SWTatau  berdasar Wahyu Illahi.

Namun, salah  biasanya  berhubungan non Ketuhanan.  Salah belum tentu sesuatu yang berkonskuensi dapat balasan dari Allah SWT. Misalnya salah menempatkan sesuatu, salah tulis dll. 

Baik dosa atau salah, pasti pernah dilakukan oleh manusia/ Kalau tidak pernah  melakukan dosa dan salah berarti  bukan manusia.

Lalu bagaimana sikap terbaik kita dalam memahami dosa dan salah yang telah kita pernah lakukan? 5 M sikap  bijak dalam menghadapi dosa dan salah.

1. Memohon  Ampun dengan Tulus

Jika kita telah melakukan  dosa atau kesalahan , sangat penting bagi kita  untuk segera meminta ampun dengan sungguh-sungguh. 

Ya jelas, kalau itu dosa harus minta ampun kepada Allah SWT. Sedangkan jika kita melaukan kesalahan dengan manusia kita juga harus meminta maaf atau minta ridlonya atas kesalahan kita.  Pastikan bahwa itu adalah betul-betul suatu kecelakaan yang tidak akan terulang.

2. Menghindari Menjadi Seorang Yang ’Perfectionist’

Tidak ada manusia sempurna.  Manusia yang merasa perfect atau sempurna , berarti mereka calon orang stress. 

3. Memahami Mengapa   Harus Ada Dosa  Dan Kesalahan

Dosa-dosa  atau kesalahan-kesalahan  muncul membuktikan bahwa kita manusia adalah makhluk yang lemah.  Dengan salah dan dosa kita perlu legowo  atau ikhlas atas berbagai kelemahn kita.

4. Menghindari Mengulang Kesalahan Yang Sama

Kita  harus menghindari perasaan   berdosa atau bersalah yang terus menerus karena telah berbuat kesalahan. Allah SWT Maha Pengampun. Sikap tepat tentu tidak mengulangi kesalahan yang sama.

5. Menyadari Bahwa Kesalahan Adalah Kesempatan Untuk Belajar

Dari kesalahan-kesalahan yang telah kita  buat, tentu saja kita  akan belajar   semakin berkembang dan bijak. 

Semoga bermanfaat dan Salam Sukses Sejati!
Posting Komentar