DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Selasa, 30 Desember 2014

Menutupi Kelemahan Lewat Tulisan

Bisa dipastikan bahwa setiap manusia memiliki  kelemahan, titik kelemahan di sini bisa kepemilikan  aib, tract record yang kurang baik, kesalahan, kebodohan,  mungkin juga  ketidakjujuran dll, yang jelas intinya sesuatu yang membikin kita tidak nyaman mengenangnya; karena pernah melakukanya walau hanya sekali. Salah satunya ini  aku sendiri.

Aku  berusaha pantang menyerah dalam menutupi  kelemahan diri. Aku pun juga harus ikhlas bahwa aku  juga memiliki kelemahan. Jelas, aku masih jauh dari kesempurnaan. Tak akan pernah kulupakan nasihat dari ustadzku berdasar suatu hadis: bertaqwalah kepada Allah SWT di manapun kamu berada. Iringilah sesuatu yang buruk (baca: kelemahan, aib, dosa dll) dengan perbuatan baik niscaya  kelemahanmu akan tertutupi, juga tutupilah aib orang lain. Allah akan menutupi aib kalian.

Makanya, aku semakin termotivasi untuk menutupi kelemahan salah satunya   lewat  menulis,  dan inilah  cara mudah  aku menutupi kelemahan diri. Sekaligus menulis adalah sarana menasihati dan memotivasi diri sendiri.

Lebih jauh lagi dengan menulis, aku mendapat  segi positif  yang lain: 

1. Menularkan/ berbagi ide/pemikiran.
Ide/pemikiran yang dimiliki oleh seseorang jika tidak ditulis dan di share ke orang lain, maka ide/pemikiran tersebut akan sirna dengan sia-sia, padahal mungkin saja ide/pemikiran tersebut bisa membantu menyelesaikan masalah orang lain, sehingga bermanfaat.
2. Mengobati stress.
Seseorang yang mau  menulis bisa melampiaskan perasaannya ke dalam tulisan. Perasaan senang atau stress bisa dituangkannya ke dalam tulisan. Menuangkan tulisan sama saja dengan bicara pada diri sendiri. Kita seakan-akan sedang berkomunikasi dengan diri kita sendiri.
3. Mengisi waktu   lebih efektif
Sebagian orang begitu sibuk  bekerja sampai merasa kekurangan waktu, tapi di sisi lain banyak juga orang yang menyia-nyiakan waktunya. Bagi orang yang senang bekerja dan tidak mau membuang waktunya dengan percuma, maka aktivitas menulis bisa dijadikan cara untuk mengisinya.
4. Mencari uang.
Melalui karya tulisan jika dijalankan dengan serius bisa menghasilkan uang yang tidak sedikit. Memang, kebanyakan orang menempatkan aktivitas menulis hanya sekedar hobi atau sebagai penghasilan tambahan, tetapi jika benar-benar ditekuni bisa menghasilkan uang yang banyak dan tidak kalah menarik dengan profesi lainnya.
5. Menasihati  
Menasiahti diri sendiri atau orang lain adalah bentuk  komunikasi. Berkomunikasi di sini  bisa dilakukan dengan cara tertulis. Tentu saja ada perbedaan anatar berkomunikasi secara verbal (bicara) dan lisan (melalui tulisan). Meskipun keduanya merupakan aktivitas berkomunikasi yang bertujuan menyampaikan sesuatu.

Dengan menulis, kita berharap semakin lebih baik. Selamat tinggal: kelemahan, kebodohan, dan aib diri, dan SALAM SUKSES SEJATI!
Posting Komentar