DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Minggu, 04 Januari 2015

Bersemangat Dalam Kebaikan

Salah satu ciri orang yang diberi hidayah oleh Allah SWT  adalah bahwa seseorang tersebut  memiliki sifat enerjetik  (semangat) dalam kebaikan. Sedangkan orang yang dicabut nikmat hidayah dari Allah SWT, dia malas, nglokro, bahkan prustasi dalam menjalani hidup.

Baru saja aku mendapat motivasi dari pemberi tausiyah dalam acara arisan keluarga, pembicara berpesan: "Jangan  mudah mengeluh dan bersemangatlah  dalam kebaikan!". .

Berkenanan dalam semangat hidup,  Islam mengacu pada   istilah fastabiqul khairat. Ini merujuk pada firman Allah SWT sebagai berikut:

“Maka ber lomba2 lah kamu dalam berbuat kebaikan”. (Qs Al-Baqarah ayat 148)
 

“Dan tolong menolonglah kalian dalam kebaikan dan takwa & janganlah kalian tolong menolong dalam perbuatan dosa & permusuhan”. (Qs Al Maidah ayat 2 )

Kebetulan si pemberi tausiyah dalam arisan keluarga tersebut belum dikaruniai anak, padahal sudah menikah puluhan tahun. Aku sempat meneteskan air mata memperhatikan semangat hidupnya dan dalam menjalankan  ibadah. 

Dia menambahkan, "Kita  harus tetap bersemangat dalam  beramal ( beribadah )  dan menjalani hidup,  hidup di dunia ini tidak abadi. Pasti nanti kita akan mengahdapi pertanggungan jawab  di akherat kelak".
Posting Komentar