DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Selasa, 06 Januari 2015

Sadar Diri atas Kesuksesan yang Terhambat

Alhamdulillah hari ini aku tidak punya jadwal mengajar. Jadwal sebenarnya untuk kegiatan MGMP. Jadwal kegiatan MGMP  pun masih belum fix. Jadi total hari ini kuniatkan untuk kegiatan pengembangan diri: cari buku, silaturahmi, bersih-bersih dan membaca informasi penting:  baik melalui sumber on line maupun buku.

Alhamdulillah, aku menemukan inspirasi untuk menulis tentang berbagai penghambat kesuksesan hidup. Jelas motivasi ini utamanya untuk kepentingan diriku sendiri. Teringat ada salah satu siswaku  yang kritis mengajukan pertanyaan kepadaku: "Bapak apakah termasuk orang yang sukses, sehingga memotivasi kami?"

Pertanyaan bagus, begitulah jawabku santai. Aku menambahkan: "Kenapa aku memberanikan diri untuk memotivasi kalian,  karena pada hakikatnya aku juga butuh motivasi dan  merasa punya kuwajiban memotivasi anak-anakku dan para siswaku. Kedua menurutku aku termasuk orang yang lebih sukses dibanding dengan masa laluku sendiri. Sekali lagi ini penilaian subjektifku. Kenyataanya, kini hidupku lebih bahagia, dibandingkan   masa laluku”.

Pertanyaan siswaku, "Apakah bapak orang yang sukses?" Akhirnya kata-kata tersebut merupakan kata motivatif yang Insya Allah kuingat sampai akhir hayat. Demikian juga, kata-kata tersebut merupakan cambuk bahwa aku harus  menjadi semakin sukses dan bahagia dalam hidup. Lha kalau hidupku  tidak bisa sebagai teladan,  masak memotivasi orang lain  hidup  bahagia, lucu kan?

Demikian juga aku harus legowo mau evaluasi diri, kenapa kesuksesanku  agak  terhambat. Kini aku mendapat  referensi untuk mengembangkan diri.  Intinya mencari berbagai  informasi tentang penghalang kesuksesan. Akhirnya kutemukan  salah satunya di   blog goodmotivator . Dan kurangkum, kuolah,  kutambahidan kushare  tentang   berbagai   penghambat kesuksesan, antara lain:

1. Tidak  tahu tujuan hidup  yang  sejatinya.
2.Tidak  bertanggung jawab atas tindakannya: selalu mencari-cari  alasan  atas kegagalannya
3. Tidak ada tindakan yang efektif : Banyak rencana, tidak ada tindakan alias No Action Talk Only (NATO)
4. Membatasi diri : menganggap tak berhak sukses karena, terlalu tua, tak punya modal, bawaan keluarga, tempat tak memungkinkan
5. Malas , tidak mau kerja keras, selalu berusaha menggunakan cara paling mudah, cepat dan hemat waktu, tapi ingin mendapatkan uang paling banyak
6. Salah pergaulan. Atau bersahabat  teman-teman yang salah atau dapat dikatakan : hidupnya  di lingkungan orang-orang  yang tidak berpengalaman atau bermental pecundang.
7. Tidak bisa mengatur waktu alias salah prioritas
8. Salah memakai strategi atau cara bertindak dalam mengisi hidup : tidak mempunyai strategi yang paling baik atau efektif. Kelihatanya berusaha  dan bekerja keras,  tapi hasilnya nol.
9. Kurang pengembangan diri: jarang membaca, tidak pernah mendatangi forum-forum pencerhan: pengajian, diskusi , seminar dll. Intinya malas mengumpulkan informasi baru dan  penting.
 10. Bermental lemah alias tidak ada kesungguhan atau komitmen untuk sukses: mudah putus asa atau menyerah pada waktu menghadapi rintangan
 11. Bersikap  Sombong dan menganggap diri sendiri paling hebat dan  akhirnya berhenti belajar.
 12. Tidak peduli informasi penting.
 
SEMOGA BERMANFAAT DAN SALAM SUKSES SEJATI.
Posting Komentar