DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Jumat, 09 Januari 2015

Percayalah! Menulis Itu Gampang

Beberapa tahun yang lalu, aku pernah membeli dan membaca buku tentang kepenulisan: Menulis Itu Gampang. Karya Arswendo.  Melalui  bukunya, mas Arswendo meyakinkan  betapa mudahnya untuk menghasilkan karya kepenulisan.

Setelah aku merenung, ooh ternyata benar bahwa menulis itu  memang gampang. Aku pun juga telah mampu  menulis berbagai hal dan dengan ribuan  kata. Eeeeh dengan berjalananya waktu, aku menyimpulkan bahwa menulis itu memang gampang yang sulit itu menghasilkan karya tulisan yang baik. 

Aku telah berlatih bertahun-tahun untuk menghasilkan tulisan yang baik. Aku telah mebaca berbagai buku teori kepenulisan. Kenyataannya tulisanku masih jauh dari kata baik. Alias sering masih kacau.

Putus asa?. Tidak juga, sampai kini pun aku masih berlatih menulis. Bahkan dalam proses latihan pun perlu banyak pengorbanan dari  membeli buku harian, membeli pulsa untuk menulis di blog dan pernah juga membeli  tablet untuk latihan menulis. Kayaknya aku  memang perlu proses pengorbanan dan waktu berliku dan panjang untuk menjadi penulis. Tidak apa-apa. Ini lah  bukti perjalanan sejarah hidupku. Dan inilah salah satu materi motivasi  asli berupa kisah nyata berupa perjalanan hidup, bukan teori belaka.    "KITA PERLU BERJUANG DAN TIDAK PERLU MENYERAH".

Pagi ini aku mencari-cari motivasi kepenulisan  dan akhirnya kurangkum, semoga kita termotivasi untuk konsisten dan tidak mudah menyerah dalam menulis:

1. Menulis adalah bagian dari ibadah kita. Jika motivasi menulis atau menjadi penulis adalah ibadah, Insya Allah, kita  akan lebih konsisten   menjalani.
2. Menulis adalah bagian dari perjuangan untuk mencapai kebaikan. Banyak orang berjuang dengan apa yang bisa dan mampu dia lakukan. 
3. Menciptakan atau membentuk tempat untuk berkreasi dan meningkatkan kemampuan kita dalam menulis. Sarana kreatif sebenarnya banyak sekali: bisa membuat mading sendiri, atau  memajang tulisan sendiri di blog pribadi seperti di blognya Maskatno Giri.
4. Bergabung dengan komunitas kepenulisan. Sebenarnya ini belum aku lakukan. Tapi aku yakin  bisa membantu kita mempertahankan dan mungkin meningkatkan motivasi menulis kita. Salah satu komunitas kepenulisan adalah Forum Lingkar Pena. Kayaknya forum ini ada di tiap kota.

Akhirnya, aku cuma berharap semoga aku dan pembaca blogku termotivasi untuk berkarya. SALAM SUKSES SEJATI.
Posting Komentar