DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Minggu, 11 Januari 2015

Cara Sederhana Mengobati Radang Tenggorokan

Walau hanya jalan-jalan dan  baca-baca buku  di Gramedia, akhirnya kelelahan juga. Setelah puas lalu aku dan anak-anak  pulang dan wedangan di warung hik. Sayangnya banyak  jenis makanan yang dibiarkan terbuka.  Inilah salah satu penyebab menyebarnya penyakit.

 Sampai di rumah, ooh tenggorakanku sakit. Aku memastikan ini radang tenggorokan. Sebelum tidur untuk menghangatkan badan aku minum antangin. Akhirnya aku tertidur pula dan bisa bangun jam 3.30. Walau badan tak terasa lelah, namun tenggorokan masih sakit. Aku punya ide tanya mbah google tentang pengobatan radang tenggorokan.

Saat aku menulis ini, waktu menjelang shubuh. Sebelum shubuhan ke masjid   browsing dan alhamdulillah mendapat info obat tradisional radang tenggorokan. Dan di bawah ini aku copas dari obattradisional.blogspot, berkenanan dengan Radang Tenggorokan dan pengobatannya:

Obat Tradisional Radang Tenggorokan .- Radang tenggorokan merupakan suatu penyakit atau peradangan pada tenggorokan, yaitu terjadi pembengkakan, berwarna merah dan terasa sakit pada saat menelan atau makan. Penyebab peradangan tenggorokan terjadi karena beberapa hal dan umumnya misalnya karena serangan virus coxsacki, deman atau pilek, alergi yang menyebabkan iritasi pada tenggorokan, dan sebab-sebab lainnya. Peradangan tengorokan harus segera diobati supaya cepat sembuh dan tidak menyebabkan penyakit lain yang timbul, banyak akternatif yang dapat kita ambil supaya peradangan tenggorokan yang sedang kita derita cepat sembuh, salah satu alternatifnya adalah dengan obat tradisional, cara ini dapat kita ambil karena tentu lebih aman untuk kita gunakan, dan tentu memiliki alasan yang kuat salah satunya adalah obat tradisional hanya mengunakan bahan-bahan alami untuk bahan dalam proses pengobatan.

Penyebab :

  • Radang Tenggorokan – Bakteri
Infeksi yang disebabkan bakteri ini lebih parah daripada infeksi virus dan jika tidak ditangani dengan khusus serius maka bisa menular ke katup jantung dan mengakibatkan demam rhematik.
Ciri – cirinya :
  1. Demam serta mengigil
  2. Kelenjar leher menjadi bengkak
  3. Sakit saat menelan
  4. Pada bagian tenggorokan warna merah dan adanya bercak putih
  • Radang Tenggorokan – Virus
Radang yang disebabkan oleh virus lebih ringan daripada bakteri. Pengobatan memakai antibiotik tidak akan efektif karena hal ini dapat menyebabkan resistensi kuman terhadap antibiotik
Cirri – ciri Infeksi Virus
  1. Bersin, batuk dan suara serak
  2. Tidak demam namun ada juga yang demam
  3. Gatal, kering dalam tenggorokan dan pedih

Gejala Yang Terjadi Pada Radang Tenggorokan :

  • Tanda-tanda umum yang muncul ketika seseorang mengalami radang tenggorokan, antara lain sebagai berikut:
  • Tenggorokan terasa sakit
  • Amandel membengkak dan berwarna merah. Terkadang ada bercak putih dan lapisan nanah pada amandel
  • Ada bintik-bintik merah kecil di bagian belakang atap mulut
  • Kesulitan menelan, bahkan air liur sekalipun
  • Kelenjar getah bening pada leher membengkak
  • Demam tinggi, biasanya lebih dari 38,3 derajat Celcius (101 derajat Fahrenheit)
  • Sakit kepala
  • Ruam
  • Badan terasa lelah
  • Nyeri atau bengkak pada sendi
  • Perut terasa sakit dan terkadang disertai dengan muntah

Bahan Yang Dapat Mengobati Radang Tenggorokan :

1.Minuman Jahe ditambah dengan Teh.
Jahe dan teh jika ditambahkan memiliki manfaat juga untuk menghilangkan radang tenggorokan sobat, caranya sobat tinggal merebus jahe, dan air hasil rebusan tadi sobat gunakan unutk air membuat teh.
2. Dengan Daun Kemangi.
Daun kemangi juga dipercaya dapat menghilangkan radang tenggorokan, caranya juga hampir sama dengan cara nomer 1 diatas, yaitu sobat hanya tinggal merebus daun kemangi, dan air hasil rebusan tadi sobat minum.
3. Menggunakan Madu Ditambah Melon
Madu dan melon, lezaatt nih, Yup memang sob, selain lezat madu dan melon ini juga dipercaya bisa untuk mengatasi radang tenggorokan, caranya sobat tinggal siapkan air hangat segelas, terus sobat tambahkan 1sendok makan madus serta air perasan lemon, dan minumlah. Jangan digunakan untuk anak berumur kurang dari 2 tahun
4. Memakan Sup Hangat
Sup ternyata bisa untuk mengatasi radang tenggorokan nih sob, caranya sobatt hanya tinggal memakan sup dalam keadaan hangat.
5. Munim Jus lemon tanpa tambahan apapun
Caranya sobat tingaal memeras setengah buah lemon, kira kira sampai 2 sendok makan hasil perasan lemonnya, dan campur dengan 1 gelas air hangat, serta jangan tambahkan apapun, minum jus lemon ini sebelum sobat makan.

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Radang Tenggorokan :

1. Makanan pedas
Orang sering berpikir, makanan pedas bisa mengobati batuk dan pilek. Namun makanan pedas masuk dalam daftar makanan yang bisa menambah sakit tenggorokan.
Makanan pedas hanya membuat sakit tenggorokan semakin memburuk. Cabe, cengkeh, lada hitam, pala, dan rempah-rempahan lainnya bisa membahayakan sakit tenggorokan.
2. Makanan asam
Misalnya saja asam jawa, acar, dan jeruk. Makanan asam hanya membuat tenggorokan menjadi gatal dan menyakitkan. Hindari buah jeruk, jus lemon, asam jawa, dan makanan jalanan yang bisa membuat tenggorokan sakit. Bahkan makanan dengan cuka juga buruk buat tenggorokan.
3. Produk susu
Banyak orang yang menyarankan minum segelas susu panas untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Namun, produk susu bisa berbahaya untuk sakit tenggorokan. Jika Anda menderita sakit tenggorokan, hindari makanan yang dibuat dengan susu.
4. Makanan kering
Jika Anda sakit tenggorokan, jangan makan makanan yang kering. Ini tidak hanya membuat Anda sulit menelan makanan kering, tapi juga bisa menyakitkan. Hindari buah-buahan mentah, sereal, kacang-kacangan, dan biskuit jika Anda sakit tenggorokan. Rendam atau masak makanan sehingga mereka menjadi mudah ditelan dan tidak menyakitkan.
5. Kafein
Secangkir kopi panas atau cokelat panas bisa membantu namun hanya sementara. Tak lama kemudian, tenggorokan menjadi lebih gatal dan menyakitkan. Jadi, hindari minuman yang dibuat dengan kafein untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.
Daripada menghirup secangkir kopi panas, lebih baik pilih teh jahe herbal. Anda cukup minum air hangat untuk menghindari rasa sakit tenggorokan dan gatal.
6. Alkohol
Rum atau brendi bisa membuat Anda merasa hangat di musim dingin, tetapi buruk untuk tenggorokan. Hindari mengonsumsi alkohol dingin jika ingin sembuh dari sakit tenggorokan. SEMOGA BERKAH DAN MANFAAT
Posting Komentar