DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Selasa, 17 Maret 2015

Manusia Paling Bahagia, Tip-tip Menjadi Ikhlas

Orang ikhlas (mukhlis) pasti orang yang paling bahagia. Namun kenyataanya untuk menjadi ikhlas bukan hal yang mudah. Untuk menjadi ikhlas pasti membutuhkan proses latihan.

Walau untuk  menjadi ikhlas itu sulit , semuanya  bisa diraih. Kita perlu berdoa dan berusaha. Sekali lagi jika kita ingin hidup bahagia. Bagaimana caranya? Akupun juga perlu belajar dari berbagai sumber untuk meraih keikhlasan. Yang jelas orang yang ikhlas akan merasa   nyaman di berbagai kondisi.

Baru saja mendapat ilmu dari kajian ON LINE: Nasihat Imam Al Ghazali tentang ikhlas itu ada 3 tingkatan: Pertama, ikhlas awam yakni ikhlas dalam beribadah kepada Allah karena dilandasi perasaan takut kepada siksa-Nya dan masih mengharapkan pahala dari-Nya.

Kedua, ikhlash khawas,ialah ikhlas dalam beribadah kepada Allah karena dimotivasi oleh harapan agar menjadi hamba yang lebih dekat dengan-Nya dan dengan kedekatannya kelak ia mendapatkan “sesuatu” dari-Nya.

Ketiga, ikhlash khawas al-khawas adalah ikhlas dalam beribadah kepada Allah karena atas kesadaran yang tulus dan keinsyafan yang mendalam bahwa segala sesuatu yang ada adalah milik Allah dan hanya Dia-lah Tuhan yang Mahasegala-galanya.

Kembali bagaimana cara untuk ikhlas?. Kini kutulis  dari berbagi sumber tip-tip  untuk menjadi ikhlas: 
1. Kita harus mengkonsumsi makanan yang halal, biar doa kita dikabulkan. Makanan haram menghalangi terkabulnya doa, terutama doa menjadi ikhlas.
2. Kita harus mengabaikan setiap orang yang mendzholimi kita, yakinkan Allah SWT selalu mendampingi kita orang2 yg teraniaya.
3. Kita harus berbesar hati, dan menjadi orang pemaaf atas  kekurangan diri dan orang lain.
4. Kita harus  move on / melupakan masa lalu yang buruk  untuk menyambut masa depan yang lebih baik .
5. Kita harus menghargai diri sendiri, jangan pernah meremehkan diri sendiri. 
6. Kita harus berusaha menjadi lebih baik, bukan menjadi sempurna
7. Kita harus  mau mendoakan orang lain, bukan pendendam
8. Kita harus menyadari kita punya kelebihan dan juga memaafkan atas kelemahn diri demikian juga kepada  orang lain.
9.Kita harus belajar terus dan bersyukur terus tiada henti.

Semoga bermanfaat Salam sukses sejati!
Posting Komentar