DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Selasa, 17 Maret 2015

Tak Harus Juara. Tapi Bermental Mulia (5B Ciri Manusia Mulia)

Dalam suatu kelas/ kelompok juara semua? Jelas sulit berat!. Yang lebih utama bukan menjadi juara, kan? Mental mulia jauh lebih penting, kan?  Syukur-syukur bisa juara dan mulia. Lalu, untuk apa bisa juara tapi tidak mulia. 

Hidup  laksana perlombaan. Ingat sabda rasul SAW supaya kita berlomba dalam kebaikan. Mendapat kebaikan dan kemuliaan dalam hidup adalah para juara tanpa piala. Manusia mulia adalah  mereka yang bersabar saat terkena musibah dan senantiasa bersyukur kalau mendapat anugerah. Hebat kan?. Berikut ini kutulis ciri-ciri manusia bermental mulia yang kutulis ulang dari berbagai sumber;
1. Bertujuan hidup yang jelas
Manusia mulia  mengetahui dengan jelas akan apa yang hendak dilakoninya, sehingga ini memudahkan ia untuk fokus dalam mempersiapkan diri dan mengalokasi waktu serta energi yang akan digunakan dalam mencapai suatu target atau sasaran.Targetnya adalah kemualian hidup; prestasi hidup yang mampu menyelamatkan dia,  dan keluarganya di dunia dan di akherat.
2. Berkeyakinan
Orang yang kalah selalu pesimis sedangkan seorang mulia selalu bersikap optimis. Mentalitas manusia mulia senantiasa penuh dengan keyakinan yang memiliki dasar dan menghasilkan tindakan ke arah sasaran. Allah SWT adalah sandaran hidunya.
3. Berpandangan  mulia
Manuisa mulia melihat  tidak sekedar dengan cara yang positif, tapi lebih luas atau holistik. Orang yang kalah melihat dengan cara yang negatif. Orang mulia  melihat jalan keluar, orang yang kalah melihat masalah.
4. Berani berkurban
Manusia mulia adalah manusia  ringan tangan alias dermawan tidak hanya mau membayar dengan harta tapi dengan jiwa. Untuk setiap keberhasilan dan pencapaian ada harga yang harus dibayar. Hal ini yang perlu kita perhitungkan dari awal.
5. Bermental Tangguh
Manusia mulia adalah manusia tangguh,  tahan banting dan tidak mudah menyerah dengan keadaan.. Alasan mengapa banyak orang mudah menyerah karena menyerah itu cara yang paling mudah saat seseorang merasa tidak mampu mengahadapi berbagai kesulitan. 

Salam Sukses Sejati.
Posting Komentar