DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Sabtu, 07 Maret 2015

Pembelajaran Hidup (5 Ketakutan Manusia)

Bagi  manusia   yang normal, tentu wajar bila  kita memiliki sedikit ketakutan dalam  menyongsong  masa depan (baca: masa tua). Apalagi bagi orang yang sensitif jiwanya, tentu  rasa ketakutannya lebih besar. Kenapa?

Ya jelas, kita sudah banyak kehilangan momen, dan momen itu tidak bisa diulang lagi. Namun, bagi  manusia yang yakin akan keagungan Allah SWT. Kesabaran, keoptimisan, rasa syukur akan menjadi obat dan energi dalam menjalani hidup. Allah adalah Maha Penolong bagi hamba yang beriman.

Menurutku, manusia merasa takut dalam kehidupanya antara lain:

1. Masalah Hilangnya Masa Muda
Pasti  masa muda akan berlalu begitu saja, dan tak terasa masa tua telah datang dengan sendirinya. Kalau ada obat anti aging atau anti  tua pasti akan laris manis. Karena  manusia prinsipnya tidak mau tua  atau layu.

Maka benar kata rasulullah SAW supaya kita menggunakan masa muda sebaik-baiknya, sebagai sarana berinvestasi di masa tua.
2.Masalah Kesehatan
Berbgai macam bencana dan penyakit enghantui kita, kita sering sudah berhati-hati namun orang lain kurang hati-hati, dampaknya kita mudah sekali terkena musibah atau tertular penyakit. Maka benar kata rasulullah SAW, selagi  kita masih sehat supaya digunakan sebaik-baiknya.
3. Masalah Anak
Anak adalah  investasi  masa  depan. Ini kalau anaknya adalah anak yang shalih dan shalihah. Menggarisbawahi apa yang di sampaikan  Kak Seto di TV One tadi siang bahwa ortunya kak Seto lebih bangga anaknya jadi orang baik, walau kak Seto waktu kecil nilai matematikanya cuma dapat 4. Syukurlah kalau punya anak  pintar dan shalih, tentu ini anugerah luar biasa.  Kita bisa bayangkan kalau anak kita tidak pintar plus rusak, bagaimana rusaknya masa depan ortu.
4. Masalah Kesejahteraan
Banyak orang  malas untuk berinvestasi dengan kebaikan. Padahal kebaikan adalah pengundang kesejahteraan. Bagi orang yang beriman sejahtera tidak hanya diukur lahiriah atau materi saja. Namun, ada sisi ruhani yang jauh lebih penting dari  pada materi
5. Masalah kematian
Kematian pasti datang. Jelas tak bisa dihindari. Takut atas kematian itu normal-normal saja. Bagi orang yang beriman harus yakin ada kehidupan hakiki setelah kematian. Amal kebaikan akan menjadi bekal keselamatan setelah kematian.
Allahu a'lamu bishawab. Salam sukses sejati.

Posting Komentar