DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Senin, 06 April 2015

Jurus Menjaga Jiwa Semangat Berkarya

Sudah hampir seminggu, aku belum menemukan ide yang pas untuk kutulis dalam  bloggku. Kata pakar di dunia tulis menulis: menulis itu gampang! Kenyataanya,  bagiku menulis itu tetap sulit. Apalagi kalau menulis yang bermutu.

Pokoknya, aku harus  nekat menulis apa saja: "never give up!". Lagipula niatku untuk menulis bukan untuk mendapatkan  rezeki penghasilan. Rezeki tidak harus uang kan?.

Kini saatnya aku membangkitkan motivasi untuk suatu karya tulisan. Berkarya untuk berbagi. Setelah merenung dan membaca berbagai sumber, aku bisa menyimpulkan bahwa kita harus tetap  menjaga  motivasi berkarya. Tak ada yang dibagi? Tulisan yang memotivasi pun  jadi. Inipun bisa mengundang rezeki. Rezeki kebahagiaan, pasti!.

Berikut ini kutulis   jurus 6M menjaga motivasi berkarya:
1.   Mencari   motivasi 
 Kita butuh motivator  melalui berbagai  sumber. Ini bisa di dunia maya atau dunia nyata.  Kita membutuh seseorang yang dapat  memotivasi. Ini bisa  dari saudara,  shahabat atau guru/ Ustadz.
2. Mengingat kembali  moment-moment keberhasilan kita.
Selama  hidup kita, tidak mungkin kita gagal terus. Mungkin pernah juga kita memiliki prestasi. Inilah hal yang membuat kita bahagia. Kita perlu mengingat bagaimana  kita  pernah menghadapi sebuah permasalahan yang berat dan kita  bisa menyelesaikannya. Maka kita perlu meledakan  momen bahagia kembali dalam berprestasi.  Kita perlu menepuk diri dengan menyadarkan . "Anda pemenang, bukan pengecut!" 
3. Membuat  catatan kecil
Catatan ini berisi kata-kata yang bisa memotivasi kita. Ini sekedar mengingatkan  kita secara terus menerus agar tetap termotivasi. Catatan  motivasi ini dari  kata-kata bijak para orang shalih atau  dari kutipan ayat Al-Qur’an,  atau  dari kata-kata Rosulullah SAW, atau dari  para shahabat.
4. Membaca  biografi orang-orang yang sukses, tangguh dan terkenal.
Membaca biografi akan memberikan motivasi tersendiri, sebab biasanya dalam biografi banyak diceritakan bahwa dibalik kesuksesan, kehabatan dan keberhasilan sesorang ternyata dia hanyalah manusia biasa seperti halnya kita.
5. Merenung
  Refleksi diri atau merenung atau  mengintropeksi diri. Ini penting  untuk memahami apa yang telah kita   perbuat salah atau benar.
6. Membaca  karya orang lain
Banyak karya tulisan  yang menginspirasi, karya ini  biasanya memberikan motivasi tersendiri. Seperti halnya berbagai kisah fiksi dan non fiksi

Idealnya kita tak  punya waktu untuk sia-sia, kecuali berbuat baik dan berkarya. Di sinilah kita  bisa bahagia. karena motivasi  kesyukuran dalam menjalani hidup. Kesyukuran  akan mengundang rasa bahagia. SALAM SUKSES SEJATI!

Posting Komentar