DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Selasa, 02 Juni 2015

Inovasi Tiada Henti

Kemarin kami mewakili komunitas guru yang mendapat kesempatan untuk dimonitor oleh team  Kemendikbud Jakarta. Kegiatan ini adalah tindak lanjut setelah kami mendapatkan pelatihan dari PUSTEKOM KEMENDIKBUD Jakarta sekitar setahun  yang lalu. Ya, aku mewakili sekolah  untuk mengikuti  pelatihan penggunaan media pembelajaran berbasis IT. Insya Allah kegiatan ini akan dilanjutkan pada waktu yang akan  datang.

Tentu banyak hikmah yang bisa dipetik setelah mengikuti pelatihan. Dari pengalaman berbagi antar sesama peserta/guru juga dari para instruktur. Hikmah  yang  paling mendalam adalah pentingnya inovasi dalam pembelajaran.  Saya pikir kita sepakat bahwa pembelajaran tanpa inovasi adalah kegiatan membosankan  dan menjemukan , dan lambat  laun kegiatan pembelajaran tanpa inovasi    tersebut akan terabaikan oleh siswa.

Maka idealnya seorang pengajar harus berpikiran maju melalui inovasi pembelajaran. Akhirnya kutemukan  alasan  kenapa kita harus berinovasi dalam  hidup khususnya di dunia  pembelajaran:

  1. Keinginan siswa yang dinamis. Yang namanya siswa kemauannya  variatif, fleksibel dan  tidak kaku.
  2. Inovasi lah yang membuat inspirasi dan cikal bakal bagi perkembangan peradaban dunia. Bayangkan saja , kalau dulu  Alfa Edison tidak menemukan  "bohlam" , kayaknya 2015 masih gelap gulita. 
  3.  Dunia akan terasa membosankan tanpa inovasi. kalau dari dulu  sampai sekarang kendasaraan cuma kuda, kita tak mampu keliling dunia.
              Akhirnya  kita bisa berharap para guru harus menganggap inovasi pembelajaran hukumnya wajib. Sedangkan pemerintah melalui kemendikbud harusnya menjadi pendorong   perubahan dalam dunia pendidikan khususnya Inovasi Pembelajaran.


Posting Komentar