DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Senin, 13 Juli 2015

Berubah! Kenapa Tidak?

Aku pikir banyak orang  justru semakin hebat setelah bertahun-tahun hidup dalam berbagai kelemahan. Namun sebaliknya banyak di antaranya semakin  terpuruk, ada juga yang hidup dalam keputusasaan.

Berkaca kepada nasibku sendiri di masa lalu. Kelemahan adalah pakaianku. Karena  aku termasuk sosok yang terlahir dalam kondisi berbagai kelemahan: kelemahan ekonomi, fisik, rendahnya pendidikan keluarga dll. Pokoknya semuanya menjadi penghambat aku untuk tumbuh menjadi manusia percaya diri. Pencerahan diri jelas penting. Proses aku semakin dewasa,  Alhamdulillah aku telah mendapat pencerahan hidup dari berbagai penjuru. Jujur saja pencerahan banyak berasal dari  luar lingkup kelaurga. Baik melalui buku yang kubaca maupun dari motivasi luar biasa dari guru maupun sobat setia.

Teringat berbagai upaya dari diriku yang tak pernah putus. Doa yang senantiasa kusampaikan kepada Allah SWT rasanya  dijawabNya. Aku telah berubah karena  hidayah Allah SWT. Namun, berbagai cara telah kuingat-ingat dan bisa menjadi saran pembelajaran untuk orang lain yang saat ini masih belum bangkit dari keterpurukn dan tidak percaya diri. Berikut caraku untuk menjadi lebih percaya diri sebagai pembelajaran, semoga bermanfaat untuk Anda. Tentunya ini cocok untuk Anda yang senasib denganku:

Menyadari diri  untuk berubah

Allah SWT Maha Kuasa untuk merubah. Tentu bagi yang mau. Aku tak akan bosan berdoa kepadaNYa. Kebanyakan orang mencoba untuk berubah dalam rangka menyenangkan orang lain atau untuk menyesuaikan diri ke dalam lingkungan sosial tertentu. Bagaimanapun, untuk mengubah kelemahan anda menjadi kekuatan, anda harus memahami bahwa proses ini adalah tentang diri anda! Tentang memiliki keberanian untuk mengubah hidup anda dan disiplin diri untuk mengubah keinginan anda menjadi tindakan-tindakan.

Mengidentifikasi kelemahan diri

Jujur pada diri sendiri adalah langkah penting pertama jika anda benar-benar ingin merubah kelemahan anda menjadi kekuatan dan meningkatkan kehidupan anda. Tuliskan sebanyak mungkin kelemahan yang anda miliki dan coba ingat-ingat keluhan apa saja yang telah anda terima sejauh ini dalam hidup terkait kelemahan anda tersebut.

Menghargai diri sendiri

Menghargai adalah salah satu pikiran positif. Berpikir positif diperlukan untuk mencapai tujuan anda. Hal ini berarti bahwa anda harus mengubah cara berpikir anda dan lebih percaya diri. Setiap orang memiliki bakat dan kemampuan yang berbeda … gunakanlah! Disamping itu, jika anda telah mengetahui kelemahan–kelemahan anda, anda dapat melangkah ke tingkat yang lebih tinggi.

Menjauhi dari kelemahan

Gunakan teknik yang tepat untuk menjauh dari kelemahan anda. Misalnya, jika anda tidak dapat membuat rencana untuk jangka panjang, cobalah untuk berkonsentrasi dan membuat rencana jangka pendek. Ini adalah pendekatan yang terbaik untuk terus bergerak maju tanpa merasa bahwa anda telah gagal dan tanpa memaksakan terlalu banyak perubahan pada diri anda sendiri. Cobalah untuk memikirkan bagaimana anda dapat mengubah setiap kelemahan anda menjadi keuntungan!

Memilih teman yang baik

Kemewahan terbesar dalam hidup adalah memiliki orang-orang  yang baik, yang mau memotivasi dan  yang mau mempengaruhi karakter yang anda miliki. Teman-teman, kolega atau anggota keluarga dapat “menetralisir” kelemahan Anda. Sebagian orang meyakini bahwa karakter yang berlawanan justru akan menarik anda, tetapi kebenarannya adalah bahwa mereka saling mengimbangi. Jadi, ketika anda memiliki orang-orang jenis ini di samping anda, kelemahan anda perlahan-lahan akan hilang.

Meningkatkan pemahaman diri

Memahami adalah semacam kekuatan yang memisahkan pemenang dari pecundang! Lihatlah diri anda di hadapan cermin dan cobalah untuk memahami semua tujuan dan keinginan anda. Jika anda tidak mengajukan pertanyaan yang tepat untuk diri anda sendiri, maka anda tidak akan mendapatkan jawaban yang nyata …

Menjauhi pikiran frustasi atau keputusasaan, selalu ada harapan

Albert Einstein pun pernah gagal ujian untuk masuk ke Sekolah Tinggi Teknik! Nyatanya dia memiliki “bintang” dalam hidupnya dan bakat yang unik, tapi tampaknya dia tidak dimaksudkan untuk menjadi seorang insinyur. “Hidup berjalan terus” dan anda tidak pernah tahu apakah karir yang cemerlang menunggu anda di masa depan. Jangan menyerah pada pertempuran, cobalah untuk mengubah kelemahan anda menjadi kekuatan. Salam sukses sejati!
Posting Komentar