DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Jumat, 24 Juli 2015

Mencari Sisi Nikmatnya Bekerja

Tercerahkan! Inilah  kesanku terhadap  berbagai tulisan dan motivasi on line dari mas Jamil Azzaini. Baru saja aku membaca tulisan  yang berjudul "Apa Nikmatnya Bekerja?" 

Tulisan mas Jamil ini kupikir terinspirasi dari memperhatikan jadwal pekerjaan   yang sudah aktif lagi, karena liburan puasa dan lebaran.

Bener juga   kata mas Jamil, banyak juga  di antara kita yang masih ingin berlama-lama dalam  liburan. Mungkin kalau disuruh  memilih mereka pinginnya libur terus, tapi gaji tetep mengalir. 

Mungkin juga ada di antaranya justru  merasa tidak nyaman, karena terlalu lama berlibur. Mereka merasa kehilangan makna, bila hidup  tanpa kerja. Baginya bekerja adalah ibadah dan berharap  hidupnya  lebih  barokah. Bekerja adalah tidak saja mecari nafkah, tapi mendapat hiburan dan aktualisasi diri.

Bagi kita semua yang berkuwajiban sebagai pencari nafkah, mas Jamil memotivasi  supaya kita menemukan alasan, apa yang membuat kita  nikmat bekerja? Jangan biarkan kita seolah hanya robot berwujud manusia. Setiap hari  bekerja, hanya menjalankan rutinitas. 

Dalam berbagai  kajian Islam kita dimotivasi:  Bekerja adalah ibadah. Bekerja  bisa menghapus dosa yang tidak bisa dihapus dengan ibadah lain –menurut hadits riwayat Abu Nuaim.

Tempat kerja ( baca: kantor)  adalah tempat menambah sahabat dan relasi. Semakin banyak orang yang kita temui maka proses pendewasaan diri semakin cepat. Sahabat di tempat kerja  bisa menjadi partner, guru dan penyempurna hidup.

Mari kita mencari sisi positif lain dan alasan yang kuat mengapa kita  bekerja. Salam sukses sejati!

Posting Komentar