Belajar kembali tentang metode pengajaran bahasa Inggris bersumber dari sekolahbahasainggris.com : Communicative Language Teaching ( CLT )
Berbeda dengan jumlah yang telah ditulis
dalam Communicative Language Teaching literatur tentang dimensi
komunikatif bahasa, sedikit yang telah ditulis tentang teori belajar.
Baik Brumfit dan Johnson (1979) atau Littlewood (1981), misalnya,
menawarkan setiap pembahasan teori belajar. Elemen dari teori belajar
yang mendasarinya dapat dilihat dalam beberapa praktek CLT, namun. Salah
satu unsur tersebut dapat digambarkan sebagai prinsip komunikasi:
Kegiatan yang melibatkan komunikasi real mempromosikan belajar. Unsur
kedua adalah prinsip tugas: Aktivitas di mana bahasa digunakan untuk
melaksanakan tugas-tugas bermakna mempromosikan belajar (Johnson 1982).
Unsur ketiga adalah prinsip kebermaknaan: Bahasa yang berarti bagi
pelajar mendukung proses pembelajaran. Kegiatan belajar yang akibatnya
dipilih sesuai dengan seberapa baik mereka terlibat pelajar di bermakna
dan otentik penggunaan bahasa (bukan praktek hanya mekanik pola bahasa).
Prinsip-prinsip ini, kami sarankan, dapat disimpulkan dari praktek CLT
(misalnya, kecil-kayu 1981; Johnson 1982). Mereka mengatasi kondisi yang
diperlukan untuk mempromosikan pembelajaran bahasa kedua, daripada
proses akuisisi bahasa.
Account baru lebih dari Communicative Language Teaching, bagaimanapun,
telah berusaha untuk menggambarkan teori dari proses pembelajaran bahasa
yang kompatibel dengan pendekatan komunikatif. Savignon (1983) survei
akuisisi bahasa kedua penelitian sebagai sumber teori belajar dan
menganggap peran linguistik, sosial, kognitif, dan variabel individu
dalam akuisisi bahasa. Teori lain (misalnya, Stephen Krashen, yang tidak
terkait langsung dengan Communicative Language Teaching) telah
mengembangkan teori disebut sebagai kompatibel dengan prinsip-prinsip
CLT. Krashen melihat akuisisi sebagai proses dasar yang terlibat dalam
mengembangkan kemampuan bahasa dan membedakan proses ini dari belajar.
Akuisisi mengacu pada pengembangan sadar dari sistem bahasa target
sebagai hasil dari menggunakan bahasa untuk komunikasi real. Belajar
adalah representasi sadar pengetahuan tata bahasa yang telah dihasilkan
dari instruksi, dan tidak dapat menyebabkan akuisisi. Ini adalah sistem
yang diperoleh bahwa kita memanggil untuk membuat ucapan selama
penggunaan bahasa spontan. Sistem belajar dapat berfungsi hanya sebagai
monitor dari output dari sistem yang diperoleh. Krashen dan teori
akuisisi bahasa kedua lainnya biasanya menekankan bahwa pembelajaran
bahasa terjadi melalui menggunakan bahasa komunikatif, bukan melalui
kemampuan bahasa berlatih.
Johnson (1984) dan Littlewood (1984)
mempertimbangkan teori belajar alternatif yang mereka juga lihat sebagai
kompatibel dengan CLT-model keterampilan-learning pembelajaran. Menurut
teori ini, akuisisi kompetensi komunikatif dalam bahasa adalah contoh
pengembangan keterampilan. Ini melibatkan kedua kognitif dan aspek
perilaku:
Aspek kognitif melibatkan internalisasi
rencana untuk menciptakan perilaku yang sesuai. Untuk penggunaan bahasa,
rencana ini berasal terutama dari sistem bahasa – mereka termasuk
aturan tata bahasa, tata cara memilih kosa kata, dan konvensi sosial
yang mengatur bicara. Aspek perilaku melibatkan otomatisasi rencana ini
sehingga mereka dapat dikonversi menjadi kinerja fasih dalam real time.
Hal ini terjadi terutama melalui praktek dalam mengkonversi rencana ke
kinerja. (Littlewood 1984: 74)
Teori ini sehingga mendorong penekanan pada praktek sebagai cara untuk mengembangkan keterampilan komunikatif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
berlatih kreatif melaui pembuatan komentar