Belajar kembali tentang metode pengajaran bahasa Inggris bersumber dari sekolahbahasainggris.com :  Communicative Language Teaching ( CLT )
Berbeda dengan jumlah yang telah ditulis 
dalam Communicative Language Teaching literatur tentang dimensi 
komunikatif bahasa, sedikit yang telah ditulis tentang teori belajar. 
Baik Brumfit dan Johnson (1979) atau Littlewood (1981), misalnya, 
menawarkan setiap pembahasan teori belajar. Elemen dari teori belajar 
yang mendasarinya dapat dilihat dalam beberapa praktek CLT, namun. Salah
 satu unsur tersebut dapat digambarkan sebagai prinsip komunikasi: 
Kegiatan yang melibatkan komunikasi real mempromosikan belajar. Unsur 
kedua adalah prinsip tugas: Aktivitas di mana bahasa digunakan untuk 
melaksanakan tugas-tugas bermakna mempromosikan belajar (Johnson 1982). 
Unsur ketiga adalah prinsip kebermaknaan: Bahasa yang berarti bagi 
pelajar mendukung proses pembelajaran. Kegiatan belajar yang akibatnya 
dipilih sesuai dengan seberapa baik mereka terlibat pelajar di bermakna 
dan otentik penggunaan bahasa (bukan praktek hanya mekanik pola bahasa).
 Prinsip-prinsip ini, kami sarankan, dapat disimpulkan dari praktek CLT 
(misalnya, kecil-kayu 1981; Johnson 1982). Mereka mengatasi kondisi yang
 diperlukan untuk mempromosikan pembelajaran bahasa kedua, daripada 
proses akuisisi bahasa.
 Account baru lebih dari Communicative Language Teaching, bagaimanapun, 
telah berusaha untuk menggambarkan teori dari proses pembelajaran bahasa
 yang kompatibel dengan pendekatan komunikatif. Savignon (1983) survei 
akuisisi bahasa kedua penelitian sebagai sumber teori belajar dan 
menganggap peran linguistik, sosial, kognitif, dan variabel individu 
dalam akuisisi bahasa. Teori lain (misalnya, Stephen Krashen, yang tidak
 terkait langsung dengan Communicative Language Teaching) telah 
mengembangkan teori disebut sebagai kompatibel dengan prinsip-prinsip 
CLT. Krashen melihat akuisisi sebagai proses dasar yang terlibat dalam 
mengembangkan kemampuan bahasa dan membedakan proses ini dari belajar. 
Akuisisi mengacu pada pengembangan sadar dari sistem bahasa target 
sebagai hasil dari menggunakan bahasa untuk komunikasi real. Belajar 
adalah representasi sadar pengetahuan tata bahasa yang telah dihasilkan 
dari instruksi, dan tidak dapat menyebabkan akuisisi. Ini adalah sistem 
yang diperoleh bahwa kita memanggil untuk membuat ucapan selama 
penggunaan bahasa spontan. Sistem belajar dapat berfungsi hanya sebagai 
monitor dari output dari sistem yang diperoleh. Krashen dan teori 
akuisisi bahasa kedua lainnya biasanya menekankan bahwa pembelajaran 
bahasa terjadi melalui menggunakan bahasa komunikatif, bukan melalui 
kemampuan bahasa berlatih.
Johnson (1984) dan Littlewood (1984) 
mempertimbangkan teori belajar alternatif yang mereka juga lihat sebagai
 kompatibel dengan CLT-model keterampilan-learning pembelajaran. Menurut
 teori ini, akuisisi kompetensi komunikatif dalam bahasa adalah contoh 
pengembangan keterampilan. Ini melibatkan kedua kognitif dan aspek 
perilaku:
Aspek kognitif melibatkan internalisasi 
rencana untuk menciptakan perilaku yang sesuai. Untuk penggunaan bahasa,
 rencana ini berasal terutama dari sistem bahasa – mereka termasuk 
aturan tata bahasa, tata cara memilih kosa kata, dan konvensi sosial 
yang mengatur bicara. Aspek perilaku melibatkan otomatisasi rencana ini 
sehingga mereka dapat dikonversi menjadi kinerja fasih dalam real time. 
Hal ini terjadi terutama melalui praktek dalam mengkonversi rencana ke 
kinerja. (Littlewood 1984: 74)
Teori ini sehingga mendorong penekanan pada praktek sebagai cara untuk mengembangkan keterampilan komunikatif.
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
berlatih kreatif melaui pembuatan komentar