DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Rabu, 16 Maret 2016

Sempurna ? Tidak Mungkin. Menjadi Beda? Kenapa Tidak?

Menjadi sempurna? Jelas tidak mungkin. Menjadi terbaik?  Menurutku juga sulit. Makanya  aku  sadar diri bahwa berjuang menjadi orang baik, lebih utama. Atau kalau semuanya sulit aku berusaha menjadi yang beda, maksudnya beda  bukan dalam keburukan.

Salah satu tujuanku menulis di sini adalah menghibur diri, supaya aku dan pembaca mampu hidup lebih nyaman walau dalam keterbatasan. Paling tidak aku mampu menggali diri tetap percaya diri walau hidup dalam kelemahan dan keterbatasan. Makanya, aku berusaha mempraktikkan cara-cara  menjadi  "beda dalam kebaikan". Kalau kita hidup tidak bisa terbaik. paling tidak kita tidak yang terburuk. Cara -cara tersebut adalah:
  •  Membandingkan kenikmatan yang kita terima dari  Allah SWT  dengan orang yang lebih kurang beruntung. Inilah wujud kesyukuran kita.
  • Berpikiran terbuka, atau setidaknya  kita berusaha terbuka. Belajar untuk melihat dunia dari perspektif yang berbeda (dan tidak hanya dari perspektif manusia saja). Tak perlu  takut sama mereka yang menantang prasangka dan nilai-nilai kita
  • Berusaha  untuk damai dengan diri kita  sendiri. Terkejut saat orang tidak menyukai ke-anehan kita adalah kebodohan yang jelas dari  kita. Kalau  kita  tidak mau menerima pandangan atau sindiran dari orang,  kita  tidak punya pilihan kecuali untuk menahan ke-anehan  diri  kita  sendiri.
  • Melakukan  apa yang  kita sukai dan jangan pikirkan apa yang dikatakan orang.
  • Tidak perlu  bertindak lebih tinggi dari mereka yang tidak beda. Kebanyakan dari mereka menyukai gaya mereka dan acara televisi yang mereka tonton. Ingat, hal-hal yang populer menjadi populer karena ada alasannya. Tak perlu meremehkannya.
Posting Komentar