DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Rabu, 13 April 2016

Berusaha Menemukan Kebahagian Apapun Kondisinya

"Apapun kondisi kita, kita harus mampu menemukan keindahan atau sisi kebahagiaan pada diri kita" Itulah salah satu nasihat inspiratif dari Cak Nun.

Akhirnya aku memotivasi diri untuk tetap bahagia, walau aku dalam kondisi sulit. Aku juga  terus menerus mencari-cari nasihat inspiratif untuk menuju kebahagiaan.


Berikut ini adalah rahasia abadi dari orang-orang bahagia yang bisa kita tiru:
1. Melupakan masa lalu
“Salah satu kunci menuju kebahagiaan adalah ingatan yang buruk.” – Rita Mae Brown
Anda tidak akan bahagia jika anda membawa beban masa lalu. Apakah anda telah membuat kesalahan? Apakah anda memiliki pengalaman yang mengerikan? Apapun itu, anda harus melepaskan dan melupakannya. Tidak ada yang dapat anda lakukan terhadap masa lalu, sehingga alangkah baiknya jika anda membiarkan mereka pergi dan memfokuskan energi anda pada saat ini.
2. Berani bertanggung jawab terhadap hidup anda
“Rahasia Kebahagiaan adalah kebebasan, dan rahasia kebebasan adalah keberanian.” – Thucydides
Untuk menjadi bahagia anda harus memiliki kebebasan dan kebebasan yang paling penting adalah kebebasan untuk memilih. Tidak peduli seberapa buruk situasinya, anda selalu dapat memilih bagaimana anda menanggapinya. Orang bisa mengganggu anda, tapi terserah anda apakah anda akan membencinya atau tidak.
Namun, seperti dikatakan pada kutipan di atas, kebebasan membutuhkan keberanian. Kebebasan untuk memilih membutuhkan keberanian mengambil tanggung jawab terhadap hidup anda. Anda tidak harus menyalahkan orang lain ketika sesuatu berjalan tidak semestinya. Ambil tanggung jawab dan anda memiliki kekuatan untuk memilih.
4. Membina hubungan yang baik
“Kebahagiaan sejati dalam hidup ditemukan dalam persahabatan yang kita buat sepanjang jalan.” – Anonim
Hubungan adalah di mana kita bisa mendapatkan kebahagiaan sejati dalam hidup. Alasannya sederhana: hanya melalui hubungan kita bisa mencintai dan dicintai. Buatlah hubungan prioritas utama anda dan anda berada di jalan untuk kebahagiaan sejati.
4. Menekuni hal-hal yang anda sukai
“Semakin tinggi semangat dan keinginan seseorang, semakin banyak cara seseorang menjadi bahagia.” – Charlotte-Catherine
Gairah membawa anda menuju kebahagiaan. Jadi bukan saja anda menemukan beberapa gairah dalam hidup anda, namun anda juga harus terus memperluas diri untuk gairah baru. Dengan cara ini anda akan menciptakan cara-cara baru menjadi bahagia.
Kunci untuk memperluas gairah baru adalah rasa ingin tahu. Jika anda penasaran, anda akan memiliki seolah tak ada habisnya hal-hal menarik yang menunggu untuk anda.
5. Membangun karakter anda
“Karakter adalah dasar dari kebahagiaan dan kebahagiaan mendukung karakter.” -George Santayana
Membangun karakter anda adalah penting untuk kebahagiaan. Ketika anda jujur pada diri sendiri dan orang lain, anda akan berada dalam kedamaian.
Cara untuk mulai membangun karakter adalah dengan membuat janji-janji dan menepatinya. Misalnya, anda membuat janji kepada diri sendiri bahwa anda tidak akan merokok. Bila anda menyimpannya, anda sedang membangun karakter anda. Atau anda membuat janji kepada orang lain untuk menjadi orang yang menepati waktu. Bila anda menyimpannya, anda membangun karakter anda.
6. Menjadi diri anda sebagaimana adanya
“Puncak kebahagiaan tercapai ketika seseorang siap menjadi dirinya sendiri.” – Desiderius Erasmus
Anda hanya bisa bahagia jika anda menjadi diri anda sendiri. Jangan mewujudkan kehidupan orang lain dengan mencoba memenuhi harapan mereka. Orang mungkin mengharapkan anda untuk memiliki pekerjaan tertentu atau cara hidup tertentu, namun jangan terintimidasi oleh mereka. Cari siapa diri anda dan jadilah sebagaimana adanya.
7. Mewujudkan tujuan hidup  
“Satu-satunya kebahagiaan sejati berasal dari menghabiskan waktu kita untuk suatu tujuan.” – William Cowper
Untuk memiliki kehidupan yang memuaskan, anda harus menemukan tujuan hidup anda dan mengikutinya dengan setia. Cari apa yang penting bagi anda dan bangun keberanian untuk meraihnya.
8. Bersyukur
“Kebahagiaan tidak akan pernah datang kepada mereka yang gagal untuk menghargai apa yang telah mereka miliki.” – Anonim
Menjadi bahagia itu mudah jika kita selalu bersyukur. Sayangnya, melihat apa yang tidak kita miliki seringkali lebih mudah dibanding melihat apa yang sudah kita miliki. Kadang-kadang kita perlu mengalami kerugian sebelum menghargai apa yang kita miliki. Jadi syukuri apa yang kita terima. Lihatlah apa yang anda miliki dan segera anda akan memiliki banyak alasan untuk menjadi bahagia.
9. Memiliki pikiran positif
“Bukan tempat ataupun kondisi, tetapi pikiran sendiri yang bisa membuat orang bahagia atau sengsara.” – Roger L’Estrange
Orang-orang bahagia tahu bagaimana mengontrol pikiran mereka. Mereka tidak membiarkan pikiran negatif masuk. Sementara situasi mungkin tampak buruk kepada orang lain, orang-orang bahagia justru melihatnya dengan cara yang positif. Mereka selalu percaya bahwa tidak peduli seberapa buruk situasi yang terjadi, selalu ada hal yang positif untuk diambil. Pikiran anda dapat membangun atau menghancurkan anda, jadi jagalah ia dengan baik.
10. Bekerja dengan kreatif
“Kebahagiaan terletak dalam sukacita dari prestasi yang kita capai dan upaya yang kreatif.” – Franklin D. Roosevelt
Ketika anda bekerja kreatif pada sesuatu hal, anda akan menemukan kebahagiaan. Ada sebuah fenomena yang terkenal yang disebut ‘mengalir’. Ketika anda berada dalam keadaan mengalir, anda benar-benar fokus pada tugas di tangan sehingga anda tidak lagi menyadari berlalunya waktu. Keadaan mengalir memungkinkan anda untuk mencapai produktivitas yang tinggi dan menjadi bahagia pada saat yang sama.
11. Memulai dengan apa yang anda miliki
“Orang bodoh mencari kebahagiaan di kejauhan, orang bijak menumbuhkanya di bawah kakinya.” – James Oppenheim
Orang-orang bahagia tidak perlu sesuatu yang tidak mereka miliki untuk menjadi bahagia. Mereka tidak membutuhkan pekerjaan tertentu atau tingkat pendapatan tertentu. Sebaliknya, mereka belajar menjadi bahagia dengan apa yang telah mereka miliki. Mereka telah belajar seni kepuasan. Puaslah dengan apa yang anda miliki dan anda akan bahagia.
12.  Mau Berubah
“Barangsiapa ingin terus dalam kebahagiaan atau kebijaksanaan, mereka harus sering berubah.” – Konfusius
Menjadi bahagia mengharuskan anda untuk terus bertumbuh. Bahkan, proses belajar itu sendiri adalah penting untuk kebahagiaan. Pernahkah anda merasakan kegembiraan karena tercerahkan terhadap sesuatu? Pernahkah anda merasakan kegembiraan mencapai tingkat baru dalam hidup? Maka itulah yang harus anda lakukan.
13. Menggunakan talenta/bakat anda
“Kebahagiaan sejati melibatkan penggunaan kekuatan dan bakat seseorang secara penuh.“ – Douglas Pagels
Ada dua pelajaran yang bisa diambil dari kutipan ini. Pertama, anda harus menemukan bakat anda dan kedua, anda harus menggunakannya secara maksimal. Bekerja dengan bakat anda adalah cara yang pasti untuk menikmati pekerjaan karena itu adalah keahlian yang sudah “tertanam” dalam tubuh dan jiwa anda. Menggunakan bakat anda sepenuhnya akan membuat anda lebih bahagia karena kepuasan melakukan yang terbaik.
14. Mewaspadai terhadap hal-hal kecil
“Kebahagiaan dari kebanyakan orang tidak hancur oleh bencana besar atau kesalahan fatal, tetapi dengan pengulangan hal-hal kecil yang merusak secara perlahan-lahan.” – Ernest Dimnet
Hal ini sangatlah benar. Seringkali, bukan hal besar yang merusak kebahagiaan anda, namun hal-hal kecil yang dilakukan. Mungkin anda tidak menyukai seseorang atau melanggar beberapa janji “kecil”. Tetapi bahkan kebocoran kecil sekalipun bisa menenggelamkan kapal kebahagiaan anda, jadi berhati-hatilah dengan mereka.
15.  Mengontrol ambisi  
“Dimana ambisi berakhir kebahagiaan dimulai.” – Anonim
Ingin meraih lebih banyak dalam hidup anda adalah sesuatu hal yang baik, tetapi tidak untuk obsesi. Lakukan yang terbaik untuk memperbaiki diri sendiri namun jangan sampai terobsesi olehnya.
16. Membuat orang lain bahagia
“Kebahagiaan adalah parfum dimana anda tidak bisa menuangkannya pada orang lain tanpa mendapatkan beberapa tetes pada diri sendiri.” – Ralph Waldo Emerson
Ini adalah salah satu rahasia favorit dari kebahagiaan. Cara untuk menjadi bahagia adalah membuat orang lain gembira terlebih dulu. Semakin anda membantu orang lain dan membuat mereka bahagia, semakin anda menjadi gembira. Kebahagiaan tidak datang melalui keegoisan tetapi melalui cara tidak mementingkan diri sendiri. Anda akan menuai apa yang anda tabur.
17. Memberikan kasih sayang
“Jika anda ingin orang lain untuk menjadi bahagia, berikan kasih sayang. Jika anda ingin bahagia, berikan kasih sayang.” – Dalai Lama
Kasih sayang adalah mungkin tingkat tertinggi dari tidak mementingkan diri kita sendiri. Seperti dikatakan dalam kutipan diatas, memberikan kasih sayang dapat membuat baik orang lain dan anda bahagia.
Posting Komentar