DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Sabtu, 22 Desember 2012

KURIKULUM 2013 ADA APA DENGANMU? oleh Maskatno Giri (mas guru SMAN 1 Girimarto Wonogiri)


Menurut sebagian orang angka 13 identik dengan angka  sial. Ada sebagian  orang berusaha menghindari  angka    13, misalnya dalam memilih nomor kamar hotel, dalam  memilih tanggal pernikahan , dll. Tapi banyak juga yang menyatakan bahwa  tak ada misteri tentang angka 13.

Berdasarkan uji publik  kurikulum 2013, kesimpulan sementaraku, bahwa  kurikulum 2013 ini  termasuk kurikulum yang masih keramat dan  misteri.  Kurikulum ini masih mengundang pro kontra. Uji publik pun terlalu pendek  jangka waktunya dan belum maksimal. 

Timbul pertanyaan sebenarnya, bagaimana nasib KTSP, sudah adakah penelitian bahwa  KTSP gagal? Gagalnya dimana? Kenapa?
Sependek  kita ketahui belum ada, jawaban mengenai kelemahan dan keunggulan KTSP. Kayaknya  kajian tentang KTSP belum tuntas, sudah berubah ke kurikulum 2013.

Ini  kenyataanya, pelaksanaan KTSP pun belum sesuai harapan. Pemerintah juga berperan merusaknya.  Pelaksanaan kurikulum 2013  bisa dirusak oleh pemerintah juga. Misalnya adanya ujian nasional.  Memang tujuan  UN salah satunya untuk pemetaan, tapi kenyataan di lapangan ujian nasional  membawa konsekuensi yang sangat komplek. Di situ ada prestise, ada  bisnis  dll. Contohnya aku sebagai guru bahasa Inggris di desa, saya ditekankan meNGEDRILL siswa  klXII9 kl 3) selama  lebih dari 6 bulan, guna menghadapi UN. Dengan harapan UN  siswa bagus. UN bagus akan mempengaruhi ranking sekolah. Rangking sekolah berpengaruh ke minat siswa baru  , dan lain-lain alasan.

Pokokny percalah!. Kalau pelaksanaan kurikulum 2013 ada kemiungkina dirusak  lagi oleh pemerintah sendiri. Selama pemerintah tidak memiliki  GRAND DESIGN dalam pendidikan yang komplek ini. Tidak percaya! Kita tunggu saja.

Belum lagi, kisah nyata ada rebutan jam mengajar  guru mapel. Karena untuk syarat mendapat tunjangan sertifikasi harus 24 jam mengajar. Padahal nanti ada pengurangan, bahkan penghapusan mata pelajaran tertentu. Pokoknya masalah-demi masalah akan muncul  selama  regulasinya  belum jelas. Kalau menurutku kurikulum 2013 sebaiknya ditunda dulu pelaksanaanya,  segala sesuatu harus dipersiapkan dengan matang.

Posting Komentar