DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Kamis, 11 April 2013

Berbangga dan Berbahagilah Anda! oleh Maskatno Giri


Berbangga dengan diri kita sendiri yang kumaksud di sini adalah  berbeda dengan kesombongan diri. Menggarisbawahi arti sombong menurut hadis nabi saw bahwa sombong adalah menolak kebenaran dan merendahkan manusia lain.  So, jika kita bangga dan bahagia dengan diri kita sendiri sebatas tidak sampai merendahkan orang lain dan menolak  kebenaran  yang bersumber dari kebenaran Allah dan rasulnya bukan termasuk sombong.

Sehubungan dengan kebanggaan diri, sebetulnya  perjalanan hidupku membawa pembelajaran yang berguna bagi  kehidupan pemuda. Perlu pembaca ketahui bahwa sebelum   aku   mendapatkan pencerahan hidup, selama bertahun-tahun   aku merasa  hidup dalam ketidakpastian dan tidak pernah bangga  dengan diriku sendiri. Kenapa?   Inilah alasannya:  Aku  hampir tidak pernah merasakan bahwa diriku  memiliki  kelebihan yang bisa dijadikan sebagai modal sukses, bahkan guru-guruku pun termasuk guru kuno, seingatku mereka belum  pernah memberikan pujian kepadaku dan jarang memotivasi.  Ini suatu kenyataan. Maka tidak mengherankan bahwa aku  hampir tidak pernah memiliki  percaya diri di waktu  muda.

Alhamdulillah,  setelah di akhir-akhir kuliahku, aku bertemu dengan orang-orang  hebat di komunitas belajar di N.G.O PEACE 21 Surakarta, sehingga aku diberi kepercayaan untuk tampil, memimpin dan berkarya. Sayangnya komunitasku ini bisa kurasakan di usia lebih dari 25 tahun.

Kini, aku sudah semakin tua baru  semakin sadar bahwa setiap orang diberi potensi  diri oleh Allah untuk menjadi sukses. Para guru dan ortu seharusnya menyadarkan, mencerahlkan, mengibur, memotivasi para putranya bahwa mereka harus memiliki kebangga diri. rasa percaya diri.  Banyak para remaja dan mahasiswa yang tidak tersentuh oleh para guru yang baik dan mencerahkan, akhirnya mereka akan menjadi  generasi yang miskin kepercayaan diri.

Tulisan inu cocok untuk orang tua supaya semakin semangat dalam mendidik yang meliputi mengarahkan, memotivasi, mencerahkan dll, Demikian juga dari tulisan ini bagi  para remaja /pemuda yang miskin percaya diri  yang tidak pernah merasa bahwa dirinya memiliki keunggulan, supaya mereka belajar tanpa henti. Karena dengan belajar menjadikan hidup lebih berarti dan percaya diri.

Yang terakhir,  aku mengajak pada para remaja khususnya,  ... supaya sadar bahwa Anda calon  adalah manusia luar biasa yang dilahirkan tidak untuk sia-sia, tidak mungkin Anda lahir tanpa  memilki kelebihan. Banggalah dengan diri anda sendiri. Tapi tentu dengan syarat  bahwa kehidupan anda harus dibarengi niat yang positif sebagai hamba Ilahi rabbi. Allahu a'lamu bishawab

Posting Komentar