DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Senin, 15 April 2013

UN SMA 2013 DI HARI PERTAMA LUMAYAN MENEGANGKAN oleh Maskatno Giri

Pengalaman  yang  menegangkan, hari ini hari pertama  aku mengawasi UN SMA dengan 20 paket soal . Ketegangan terlihat tidak hanya dari para siswa, juga  para pengawas dan panitia. Termasuk aku sendiri. Setelah aku membuka bendelan soal serta LJK, oh ternyata tidak ditemukan  nomer paket soal serta denah tempat duduk. Sempat tegang sih, tapi kami berdua beserta teman pengawas  tanggap , oh tidak masalah yang penting bar code ada dan siswa menyobek dengan tepat.

Salam dan  doa itulah awal dari kegiatan  UN SMA. Ujian mapel bahasa Indonesia. menurutku juga siswa hari ini bukan pelajaran yang dianggap sulit.

"Tolong bu !  dibacakan dulu tata tertib ujian " Itulah kataku  setelah itu siswa dipersilahkan mengisi daftar hadir dan mengisi data di LJK.

Sekitar tiga tahun terakhir, aku memang tidak dipasang mengawas di luar sekolah, karena aku ditunjuk sebagai pantia penyelenggara UN di sekolahku sendiri tepatnya di SMAN 1 Girimarto. Mau dipasng panitia di sekolah apa di luar bagiku NO PROBLEM. Aku enjoy saja.  Kali  ini aku diberi tugas mengawasi di SMAN 1 Jatisrono yang berjarak sekitar 65 km dari rumahku. Aku  harus berangkat ba'da shubuh dan Alhamdulillah aku sudah sampai di lokasi  sekitar pukul   6.15.

Setelah 6.30 Panitia dan para pengawas berkumpul di ruang panitia. Disaksikan oleh pengawas independent, Ibu kepala sekolah  SMA N 1  Jatisrono Dra. Endang S, M.Pd menyamput dengan  ucapan selamat datang dan beberapa  patah kata untuk mengawali  UN SMA 2013.

"Tolong bapak dan ibu guru  hati-hati  dalam mengawasi sebab kali ini  peraturan lebih ketat , jangan samapai ada LJK yang tertinggal. Juga anggap siswa yang diawasi seperti anak sendir, sebab anak-anak wajar saja semua tegang" Itulah nasihat ibu Endang.

Setelah dua jam  ujian berlalu, aku mengumumkan supaya nama dan no dicek ulang. Dan siswapun sudah merasa sudah mengecek ulang. Seperti yang disampaikan ibu kepala sekolah, supaya pemgawas mohon izin  ke siswa untuk mengecek ulang LJK. kami berdua  di menit terakhir  mengecek satu persatu LJK siswa. Weeeh ternyata kutemukan ada satu siswa putra kurang dalam mengisi  lingkaran nama memakai pencil 2b.

"Mas ini hari pertama mas, besuk jangan lupa, mengisi LJK lebih hati-hati ya mas! Itulah kataku. Ini benar-benar terjadi kalau terulang lagi bisa beerbahaya. PARA SISWA SMA semoga kamu sukses. 


Posting Komentar