DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Rabu, 27 Agustus 2014

Berakhir Pada Pertangungjawaban : Renungan Malam

Saat ini pukul 2:33, sebetulnya belum menjelang fajar. Aku baru saja bangun. Memang tadi siang terasa lelah tapi tidak  punya waktu untuk tidur siang.  Makanya  sebelum jam sembilan malam  sudah terasa kantuk. Eeeh tahu-tahu sudah jam  satu  lebih bisa bangun dan kayaknya sulit untuk tidur lagi.

Spontan teringat  saat aku mendampingi  ayahku, juga  tetanggaku menghadapi  jam-jam menjelang kematian. Kayakanya mereka sudah agak terasa bahwa tidak lama lagi malaikat Israil  akan menjemputnya. . Dan Alhamdulilah ditahun-tahun terakhir menjelang ajal ayahku termasuk rajin beribadah. Mereka akan berpisah dengan keluarganya. 'Selamat tinggal harta benda, selamat tinggal kekokohan fisik,  selamat tinggal kejayaan,  selamat tinggal masa  muda dll'.

Ternyata semua akan berakhir. Masa lalu yang baik tentu akan membuahkan  ketentraman. semua manusia harus dipaksa untuk mempertanggung jawabkan perbuataunnya di hadapan yang Maha kuasa. Sebaliknya masa lalu yang penuh dosa akan menhadirkan kegelisaan. "Sopo nandur bakale ngunduh".

Tak bisa dihindari bahwa kematian pasti akan datang. Kini aku pun sadar bahwa aku tidak muda lagi, walau banyak orang bilang wajahku terlihat   lebih muda dari usiaku. Kenyataanya  aku sudah "over 40".

Semoga aku bisa menjaga diri sampai Allah menjemputku, menjadi akhir yang baik "khusnul khaatimah". Tentu, tidak mudah suapaya kita tetap pada jalur yang benar. Memang semestinya  tidak mudah terkena goda dalam perbuatan  maksiat. Semoga kita dimudahkan dalam  berbuat kebaikan. 

Rasanya menjadi baik secara istiqomah tidak mudah. Banyak godaan syetan menghadang. Namun, seberat apapun godaan  kita harus kuat  dan tegar. Bahwa kita harus menjaga "tract record". Rekam jejak yang baik adalah amalan yang baik. Semoga  kita selamat di dunia dan di akherat. Al fatihah, Allahumma amiin.
Posting Komentar