DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Minggu, 14 September 2014

Rumusnya 7M, 4B. Mencari Keberkahan, Belajar Kewirausahaan.

Keliling ke  pasar Klewer sampai pusing. Tujuan sih mencari barang berkualitas dan murah. Eeeehhh, kaki sampai "cengklungan",  ternyata banyak juga barang-barang yang berkualitas seperti di mall-mall. Tapi harus tahu tempatnya. Wah kok harganya "berubah".  "Cari yang berkualitas kok murah?", Ono rego ono rupa!",  aku merenung.
 
Aku, istri dan  anakku menembus, desakan-desakan  di antara pembeli dan penjual. Alhamdulillah kita mendapat barang yang dipesan oleh teman di seberang sana. Kalau kami bisa mencari barang dengan harga miring, pastinya saudaraku yang jauh di sana mudah untuk menjualnya lagi. Doa kami semoga dia diberi kelancaran  usahanya dan keberkahan rezekinya. Otomatis kalau dia jualannya laris, kami juga kecipratan rezeki.

OTW, kami bertemu sobat-sobat  lama. Ada di antaranya sudah berubah menjadi juragan, namun ada juga bertahun-tahun masih menjadi  pelayan. 

Aku dan istri memang terinspirasi oleh  para wirausahawan klewer yang sukses. Oh ya  saat remaja istriku   bercerita bahwa dia pernah menjadi pelayan di toko pakaian di ps Klewer.  "Biar untung sedikit asal halal dan berkah. Daripada untung sedikit  idak halal  dan berkah". Itulah motto pedagang klewer. Ternyata banyak di antaranya mereka mampu menyekolahkan anak-anaknya sampai PT. Juga  banyak di antaranya ada yang sudah naik haji.

Teringat aku diberi kesempatan mengisi kajian, karenustadznya berhalangan hadir.  Peserta yang hadir di antaranya para wirausahawan. Maka kugunakan untuk memotivai diri dan peserta kajian dalam berwirausaha.

"Kalau kita bisa dimaksimalkan menjadi lebih kaya, kenapa tidak? Banyak di antara saudara kita yang bingung pekerjaan, hidup kekurangan, inilah  kesempatan kita menjadi wirausahawan yang  lebih sukses lagi. Syukur-syukur kita  bisa memberi lapangan kerja", Itulah sebagian dari  inti   kata motivasiku.

Akupun termotivasi juga untuk merintis usaha sebagai  pedagang  kecil-kecilan. Salah satu  jenis usahaku dan istriku adalah dunia pakaian dalam. 

Sebetulnya, aku sudah sering  mendatangi training motivasi   bisnis atau berwira usaha dan belajar  mandiri di dunia kewirausahaan. Materinya   kurekam atau kucatat, semuanya sebagai sarana    memotivasi diri sendiri.

Berikut ini kutulis 11 kiat  menjadi Wirausahawan sukses dan barokah, rumusnya 7M,4B:
1. Menguatkan Niat Baik
Niat yang baik sudah dihitung sebagai kebaikan.  Mestinya kita sebagai hamba Allah menguatkan tekat, dan berniat mulia untuk menjadi orang yang tidak hanya kuat ruhani atau keimanannya.  Namun, kita mestinya berniat untuk menjadi kuat secara ekonomi. Dengan kekuatan ekonomi kita bisa berbagi rezeki:  zakat, infaq, shodaqoh dll.
2. Menjaga Kejujuran
Jujur itu mujur. Rasulullah SAW telah mencotohkan bahwa beliau  selalau menjaga kejujuran. Beliau berpengalaman dalam berniaga  bersama Khatidjah. Kejujuran  bermakna  menjaga mutu. Karenannya beliau dijuluki AL AMIN.
3. Memikirkan  kesuksesan
Kita perlu bermimpi besar untuk menjadi sukses. Setiap kisah sukses dimulai dengan mimpi besar. Kita perlu memiliki visi yang jelas tentang apa yang ingin kita capai. Tapi tidak berhenti di mimpi saja, kita seharusnya aktif memvisualkan sukses dalam pikiran kita bahwa kita hampir dapat merasakan  dan menyentuhnya.
4. Melakukan Usaha Dengan Selalu bergairah
Kita memulai berwirausaha/  bisnis ini salah satu tujuannya untuk merubah sebagian atau seluruh hidup kita. Perlu diketahui juga, sebenarnya sukses itu datang dengan mudah, jika kita mencintai apa yang kita lakukan.
Tetapi sebaliknya jika kita tidak bergairah dalam pekerjaan bahkan membencinya, maka sampai satu juta tahunpun kita tidak akan berhasil meraih impian itu.
5.  Memaksimalkan Kemampuan Diri
Setiap diri seseorang  memiliki kelebihan dan kelemahan. Namun, kalau  kita bisa memaksimalkan kemampuan/ kelebihan diri kenapa tidak?.  Agar lebih efektif, Kita perlu mengidentifikasi kekuatan Kita dan selalu berkonsentrasi. Contohnya dalam  usaha bisnis, jika kita tahu bahwa  kita mempunyai insting marketing yang baik maka manfaatkan kekuatan ini dan bila perlu ikuti pelatihan formal sebagai modal menjadi pengusaha sukses.
6.   Memperluas jaringan
Dalam usaha bisnis perlu ada bantuan apalagi bisnis kecil. Dalam memperluas jaringan ini bisa Kita dapatkan dalam sebuah pertemuan atau sebuah perkumpulan dalam bisnis itu sendiri. Untuk berhasil dalam bisnis kita perlu memiliki ketrampilan networking yang bagus dan selalu jeli melihat peluang yang ditawarkan kepada kita.
7.  Merencanakan harapan ke depan
Kita harus memiliki visi kedepan yang  sesuai rencana agar kita mempunyai  tujuan dalam berbisnis.  Rencana-rencana ini harus disesuaikan setiap harinya agar kita fokus terhadap visi yang dijalankan. Rencana ini akan kacau jika Kita tidak konsisten menjalankannya sesuai visi kita kedepannya. Makanya perlu kemampuan dan ketrampilan agar bisnis berhasil sesuai rencana.
8. Bekerja keras
Setiap pengusaha sukses selalu bekerja keras dan keras. Tidak ada yang mencapai kesuksesan hanya dengan duduk dan menatap dingding setiap harinya. Bekerja keras akan mudah jika Kita memiliki visi, tujuan yang jelas dan bersemangat dengan apa yang Kita lakukan.
9. Belajar dan Belajar
Kemauan untuk belajar menjadi lebih penting mengingat perubahaan teknologi yang begitu cepat sehingga pengetahuan tentang bisnis tidak ketinggalan.
10. Berdisiplin  diri
Disiplin diri adalah kunci keberhasilan seseorang. Dengan disiplin ini banyak pegusaha sukses yang meraih impiannya, baik itu untuk disiplin waktu sampai disiplin manajemen. Dengan begitu para pengusaha sukses itu berusaha lebih keras lagi dan selalu punya keinginan untuk memenangkan pertempuran dalam berbisnis.
11.  Bertahan dalam berwirausaha
Tidak ada yang mengatakan bahwa jalan menuju sukses itu mudah. Meskipun ada niat baik dan kerja keras, kadang-kadang Kita akan gagal. Beberapa pengusaha sukses mengalami kemunduran dan bahkan kebangkrutan. Namun, banyak juga pengusaha yang bangkit dan bertahan dalam berbisnis walaupun hampir mengalami kemunduran.
Sumber inspirasi cerita : http://www.marketing.co.id/2012/07/16/9-karakter-pengusaha-sukses/, dan   hidup berkah.com

Posting Komentar