DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Kamis, 09 Oktober 2014

Siapapun Anda, "Menjadi Wirausahawan! Bisa! Modalnya Cuma 3K!". (Hikmah dalam Pelatihan Kewirausahaan di SMAN 1 Girimarto)

Di antara modal gratis dan sederhana untuk menjadi wirausahawan sukses, 3K: Kreativitas, Kemauan, dan Ketekunan. Itulah  kata kunci dari isi pelatihan motivasi  menjadi wirausahanwan dari pemateri dalam pelatihan kewirausahaan di SMAN1 Girimarto. 
 
Hari ini Rabu,8/10/2014 hari bersejarah bagi kelas X dan XI ICT dan Entrepreneur SMAN 1 Girimarto mendapat "motivation of  entrepreneurship  training" dari Magistra Surakart deagan motivator mas Yusuf dan mas Margono. Walau targetnya untuk siswa, kebetulan  dan kesempatan  bagus bagiku, (Maskatno  Giri)  ditunjuk sebagai moderator/ MC otomatis juga mendapat pencerahan. 

Isi dari pelatihan motivasi kewirausahawan kurangkum, kubagi dan kutambahi. Karena Maskatno  Giri berusaha baik hati, "yen ora bolo ora bakal tak kandani". Rumus "10 B Modal menjadi wirausahawan sukses yang penuh barokah", berikut   poin-poinnya:
  1. Berawal dari Niat,  Impian dan Imajinasi.   Niat kebaikan sudah dinilai oleh Allah SWT sebagai bentuk pahala. Niat, dan impian salah satunya  diwujudkan dengan membuat proposal hidup. Maskatno Giri  juga terinspirasi dari  proposal  hidup versi mas Jamil Azzaini. Tapi  proposal ini  menurutku tidak wajib. Mari membayangkan!.Sebelum manusia bisa mendarat di bulan, tak pernah ada yang berpikir bahwa hal itu adalah sebuah kenyataan. Itu cuma impian. Namun impian dan imajinasi itu akhirnya berubah, berubah menjadi kenyataan ketika seseorang telah membuktikannya dengan pendaratan manusia pertama kali ke bulan.
  2. Bersemangat dan Kegigihan /Antusiasme, semangat dan kegigihan adalah sebuah modal utama di dalam memulai sebuah perjuangan baru untuk mencapai keberhasilan. Bila kita loyo, tidak bersemangat dan dan bermalasan, yakinlah tidak lama lagi kita akan segera mengalami kegagalan total.Carilah motivasi usaha kita itu dengan mempelajari perjuangan pengusaha-pengusaha yang sukses pendahulu kita
  3. Berilmu atau Berpengetahuan Dasar-dasar Wirausaha sederhana . Ilmu jelas penting. Tanpa adanya pengetahuan dasar-dasar bisnis hanya akan membuat usaha kita seperti sebuah kelinci percobaan. Sumber ilmu  di sini tidak harus melalui jalur pendidikan formal. Ilmu bisa dicari dengan mengamati, menirulan dan memodivikasi. Atau bisa dengan cara bertanya.
  4. Berani Mengambil Resiko Setiap sesuatu yg kita usahakan tentu akan ada resikonya. Semakin besar hasil yg ingin dicapai, tentu kemungkinan resiko kegagalan jg besar. Orang yang berani mengambil resiko adalah calon orang yang sukses..Jangan takut akan kegagalan, tapi jadikanlah kegagalan itu sebagai batu loncatan menuju kesuksesan
  5. Bekerja Keras Hanya dengan bekerja keraslah sebuah usaha akan mengalami kemajuan dan kesuksesan.
  6. Belajar Dari Pengalaman Orang Lain... Pengalaman adalah guru yang terbaik Seorang calon pengusaha yang sukses mau mengambil pengalaman dari orang lain & dari dirinya sendiri.Apapun pengalaman seseorang itu baik kesuksesan atau kegagalan harus dijadikan pelajaran sbg panduan dlm memulai/mengembangkan usahanya.
  7. Bersedia Menerima kritikan dan Nasehat Dari Orang Lain. Sebagian orang menganggap bahwa kritikan yang ditujukan kepadanya itu adalah sebagai sebuah penghambat bagi kelangsungan usahanya.ttp bagi orang yg berfikir normal akan menjadikan kritikan atau nasehat dari orang lain sbg gurunya yg membimbing dia ke arah sukses.
  8. Bekerjasama Dengan Orang Lain Betapapun pandainya seseorang itu, apabila dia bekerja sendiri maka perjuangannya itu hanya akan sia-sia belaka.Tak ada seorang pebisnis yg mampu bekerja sendiri. Kerjasama dgn rekan, teman, mitra kerja sangat penting bagi perkembangan suatu bisnis.Merekalah yang akan memberi masukan, saran dan kritik dan membantu di saat-saat sulit.Seorang pebisnis harus mampu menjalin kerjasama dan bergaul untuk menjalin relasi bisnis dengan seluas-luasnya.
  9. Berani Menghadapi Kegagalan Jangan dikira para pebisnis yang telah mapan dan maju tidak pernah mengalami kegagalan.. Tapi mereka  tak  mudah  putus asa & terus berusaha sampai sukses.Orang yang takut gagal adalah orang yang pengecut yang tidak berani melakukan apapun dan kerjanya hanya menghayal saja.
  10. Berkomitmen dan Bekonsisten/istiqomah dalam Kebaikan.  Lakukanlah saat ini, sekarang juga selagi ada kesempatan. Lalu berkomitmen dan konsisten dalam niat kebaikan , menunda suatu  niat dan pekerjaan berarti adalah suatu kerugian yang akan membuat anda menyesal......SALAM SUKSES SEJATI

Posting Komentar