DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Minggu, 19 Oktober 2014

Menjaga Kebaikan Nama Diri

"Apakah nama itu penting? Dan Apakah arti sebuah nama?." Itulah pertanyaan dan ungkapan dari seseorang.

Kalau menurutku nama itu tidak hanya sekedar penting tapi penting banget. Nama bisa dimaknai sebagai panggilan, harapan. pembeda, dan lebih jauh lagi nama bisa dimaknai sebagi  " brand"  atau merek.

Baru saja aku membaca artikel di blognya mas Jamil Azzaini.  Salah seorang pembaca blognya menulis tentang, "Pentingnya Memiliki Nama Besar". Penulis menceritakan pengalamannya di bandara dan kerelaannya  untuk antri yang panjang dalam memilih nama taxi"Blue Bird "  . Padahal di dekat bandara banyak sekali nama jenis taxi  selain "blue bird". Alasan penulis memilih "blue bird" karena taxi tersebut memiliki nama, citra dan merek yang baik rekam jejaknya, tentu  menurut pengalaman penulis.

Penulis sekaligus sebagi pengguna jasa sudah sering  mendengar bahwa taxi pilihannya dijalankan oleh orang-orang jujur, bertanggung jawab dan bisa diandalkan.

Nama sebuah produk jeals penting, seberapa pentingkah  nama orang ?. Apakah nama seseorang juga bisa dimaknai sebagai "BRAND"?. Setelah kupikir-pikir kayaknya hampir  sama.  Nama orang adalah bukan sekedar  panggilan. Nama orang  bisa dimaknai, doa, harapan , keyakinan dan citra. Coba kita bayangkan kalau aku  memiliki nama " Mas Kirik". Tentu akan beda citra rasanya bila di sebut "Maskatno".  Makanya ini  tidak hanya soal rasa tapi lebih bermakna lebih jauh.

Nama menurut bahasa Arab sebutannya  “al-Ism” berasal dari kata “al-Wasm” yang artinya pertanda atau lambang.  Kata al-Wasm sendiri biasa disamakan dengan “al-Sumuw” yang artinya tinggi. Artinya, salah satu pentingnya nama dalam Islam juga untuk meninggikan derajat individu itu sendiri.

Selanjutnya aku pikir, kita harus lebih hati-hati dalam menjaga nama baik kita. Walau Anda dan saya tidak mungkin menjadi manusia sempurna. Namun, menjaga nama baik menjadi lebih baik, kenapa tidak?.

Menjaga nama baik berarti menjaga kebaikan "TRACT RECORD, ICON DIRI, CITRA DIRI, IMAGE DIRI"  biar tetap OK. Kebaikan  nama baik kita, tentu akan mengundang   rezeki yang baik pula.  SALAM SUKSES SEJATI


Posting Komentar