DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Senin, 16 Maret 2015

Belajar Memberantas Kemalasan

Bukannya aku merasa lebih sempurna, tapi rasa-rasanya  saat aku merasa malas,  aku sudah siap-siap berbagai jurus untuk mengatasi kemalasan. Salah satu caraku dalam mengatasi rasa malas, aku sering membaca, menulis kata-kata motivasi. Buktinya tulisan motivasiku sudah lumayan banyak. Perhatikan  saja dan baca blogku ini. Pengunjungnya sudah ratusan ribu. Maaf bukan untuk sombong-sombongan lho!

Sampai saat ini aku sering  hunting   berbagai cara untuk tetap energetic berkarya. Baru saja aku membaca status di FB sobatku. Dia menulis: Kok mau ngapa_ ngapain rasanya males ya.....

Aku teringat nasihat guruku: malas adalah temennya setan. Guruku juga pernah mengingatkanku untuk banyak berwudlu, wudlu tidak hanya untuk sholat. Islam mengajarkan terapi wudlu, berwudlu  Insya Allah dapat mengusir setan kemalasan.
Namun, secara teori aku telah mengumpulkan berbagai nasihat dari para motivator untuk mengatasi kemalasan dengan jurus 7M, walau tidak secara sempurna jurus ini talah kupraktikkan:
 1. Memperhatikan manfaat
Salah satu alasan kita menjadi malas karena kita hanya melihat kesulitan dari tugas ke depan tanpa memikirkan manfaat yang akan kita dapatkan ketika kita menyelesaikannya. Jadi fokuskan pikiran anda pada manfaat bukan kesulitan.
2. Memiliki motivator
Motivator di sini bisa istri, suami, ortu dll.  Meskipun motivasi dari dalam diri adalah yang terbaik, kadang-kadang kita juga perlu motivasi dari luar.
 3. Meluangkan diri untuk istirahat 
Tidak memiliki cukup istirahat juga bisa membuat kita malas. Bagaimana anda merasa antusias jika kita mengantuk? Jadi pastikan bahwa kita memiliki istirahat yang baik.
4. Memberi hadiah untuk diri sendiri
Jika manfaat terlalu jauh dicapai di masa depan, maka mungkin tidak cukup kuat untuk memotivasi  kita untuk bertindak sekarang. Dalam kasus tersebut,  kita dapat memberikan kita  hadiah lebih cepat. Anda mungkin membiarkan diri anda untuk makan makanan favorit
5. Menciptakan rasa urgensi
Ini adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengalahkan kemalasan. Jika  kita  memiliki rasa urgensi, maka akan lebih mudah untuk bangun dan melakukan apa yang perlu kita  lakukan.
 6. Memikirkan tentang apa yang akan terjadi jika kita  tidak melakukannya
Sementara berpikir tentang manfaat yang dapat memotivasi kita , pikirkan juga tentang kerugian jika kita  tidak melakukan tugas-tugas tersebut. Apa konsekuensinya ? 
 7. Meminimalkan waktu kosong
Perlu menyatakan tekad   untuk meminimalkan waktu kosong. Jika kita  memiliki pola pikir waktu efektif , akan lebih mudah untuk mengatasi kemalasan

 Selanjutnya terserah kita sendiri. Semoga bermanfaat.  Salam sukses sejati.
Posting Komentar