DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Jumat, 27 Maret 2015

"Ndonya Mampir Ngguyu". Don't be so serious!

Rasulullah SAW  mengajarkan: Senyum terhadap saudaramu adalah sedekah!. Sabda rasul tersebut  sangat dalam maknanya, antara lain:  betapa mudahnya orang mendapatkan pahala dari Allah SWT, betapa kita diajarkan sesuatu yang sederhana namun menginspirasi dan  memotivasi  kepada orang lain untuk tetap menjalin kebaikan dan berbagi kebaikan walau sebesar dzaroh.

Senyuman  adalah modal gratis untuk menghibur  orang lain, senyuman adalah simbol bahwa kita jangan terlalu "methentheng" atau serius dalam  menghadapi  hidup. Tentunya kita yakin bahwa hidup kita akan berakhir dengan kematiaan fisik dan kita pasti akan menghadapi kehidupan yang kekal.  Tugas kita adalah berlomba dalam kebaikan atau dikenal "fastabiqul khairah".

Banyak orang terjebak dalam rutinitas " terlalu mikir ndonya", terlalu mikir  jabatan, harta,  harga diri hingga melupakan kebaikan. Dan kita sering  merasa bahwa kita sudah terlalu baik di hadapan Allah SWT. Padahal kita sering tidak sadar bahwa kita masih sering menipu diri dan tertipu oleh perilaku setan. Kita sering menyuruh orang lain evaluasi diri tapi kita lupa  mengevaluasi diri sendiri. Maka tentu kita harus sering hadir pada forum-forum kajian atau forum muhasabah untuk kembali menyadari bahwa kita masih jauh dari kesempurnaan.

Terlebih  lagi kalau kita malas evaluasi diri, kita terjebak lagi untuk  merendahkan orang lain. "Orang baik itu seperti kita ini lho!.  Padahal, pada kenyataanya, orang-orang yang terlihat sederhana ternyata tersimpan  kemuliaan, kebaikan di atas kita. Kita sering tidak memperhatikannya.

Don't be so serious! Ndonya Mampir Ngguyu! Merupakan kalimat motivasi terutama untuk aku sendiri bahwa  aku jangan "tertipu", terlalu berpikir  jauh masalah dunia yang fana. Kehidupan akherat pasti menanti. Apalagi seperti aku ini, usia sudah tidak muda lagi, kepala empat bro!  MAu apa lagi? Hidup  harus dinikmati, dengan syukur, dan berusaha rendah hati. Allahu a'lamu bishawab. Salam sukses sejati!

Posting Komentar