DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Selasa, 28 Juli 2015

Terbukti: Dahsyat Karena Niat

Di siang hari saat rapat, kami dan teman-teman di  kantor. " Wah  aku kelaparan sudah  jam dua belasan kok belum makan". Itulah kata salah satu temanku.

Aku cuma tersenym, karena  saat itu aku diam-diam baru  berpuasa sunnah syawal di hari ketiga. Alhamdulillah aku tidak merasakan lapar sedikitpun. Ini beneran.  Aku menympulkan bahwa  NIAT  ternyata  memberi keKUATAN dan kedahsyatan. 

Timbul niatan ku untuk browsing : mencari jawaban  ada apa di balik kekuatan niat.  Alhamdulillah kutemukan penjelasan tentang NIAT oleh   Prof Nasaruddin Umar

Sesungguhnya niat membedakan antara perbuatan manusia (human creations) dan perbuatan binatang (animal creations).

Ibnu Arabi mengatakan perbuatan yang dilakukan dengan niat suci dan penuh penghayatan maka sesungguhnya itu adalah dine creations, wujud perbuatan keilahian. Hadis mutawatir dari Nabi Muhammad menegaskan hal tersebut.

''Innam al-a'mal bi al-niyat (sesungguhnya nilai amal itu ditentukan oleh niat).'' Demikian bunyi hadis mutawatir tersebut. Ini mengingatkan kepada kita,  perbuatan yang positif  yang dilakukan hendaknya diawali niat positif pula.

Ulama fikih menganggap sia-sia amal perbuatan tanpa niat. Karena itu, Imam Syafii, pendiri Mazhab Syafii yang dianut di Asia Tenggara, mengharuskan adanya niat untuk perbuatan jika dikehendaki sebagai ibadah.

Niat sesungguhnya ialah konsep matang dari dalam diri tentang perbuatan yang dilakukan. Dalam bahasa manajemen, niat disepadankan dengan programming atau perencanaan yang baik.

Tanpa perencanaan, sulit mengharapkan hasil baik. Dalam ilmu manajemen modern, selalu dititikberatkan arti penting sebuah programming. Sebab, pekerjaan tanpa perencanaan yang baik pasti tidak menjanjikan hasil yang baik.

Dalam bahasa agama, niat adalah the first creation dan implementasinya adalah the second creation. Seorang Muslim ideal mengerjakan amal perbuatannya dua kali. Sekali dalam niat atau program dan sekali dalam actions. Menurut prof  Nasaruddin Umar Allah SWT pun melakukan kehendaknya dua kali.

Niat yang baik, tulus, dan ikhlas melahirkan energi dahsyat. Seseorang yang bekerja dengan niat ikhlas tidak akan merasa lelah, kecewa, dan frustrasi. Bahkan, mati pun akan tersenyum selama ia mempertahankan niat.

Niat yang baik melahirkan mental hard worker dan good performance yang merupakan prasyarat masyarakat profesional. Niat yang baik menjanjikan output dan outcome yang baik dan besar.

Ini perintah agama dan juga tuntutan hidup. Orang-orang yang memiliki niat luhur dan baik akan mengadopsi inner power dalam dirinya sendiri sehingga seberat apa pun tugas dan pekerjaan, rasanya lebih mudah.

Sebaliknya, niat buruk dan tidak ikhlas akan menyedot energi dan memancarkan fibrasi negatif sehingga orang lain juga merasakannya. Karena itu, perlu mengingatkan pada diri sendiri, segalanya berangkat dari niat baik.

Akhirnya, kita bisa berpikir: kalau niat itu sesuatu yang gratis. Kenapa kita tidak memperbanya niat untuk melakukuan banyak hal positif?. Sekali lagi  di balik NIAT ada kekuatan DAHSYAT.   Buktinya bisa kurasakan sendiri  dan mungkin pembaca juga pernah mengalami yang sama. Kita berpuasa tapi tidak merasa berat.

Bukti kedua, aku berniat membuat blog pribadi dan  berniat memotivasi diri. Eeeeeeeh ternyata dahzyat juga blogku  ini sudah berisi ribuan artikel dan sudah dibaca oleh ratusan ribu orang. Walau ada kelemahan di bloggku, tapi blog ini sedikit banyak bermanfaat. Inilah bukti kedahsyatan NIAT. Salam sukses sejati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berlatih kreatif melaui pembuatan komentar