Mata
Pelajaran       :  BAHASA INGGRIS - PEMINATAN
Kelas                      :  X
Kompetensi
Inti     : 
KI
1  :  Menghayati dan mengamalkan  ajaran
agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4  :  Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
| 
Kompetensi
   Dasar | 
Materi Pokok | 
Pembelajaran | 
Penilaian | 
Alokasi Waktu | 
Sumber Belajar | 
| 
1.1.Mensyukuri
  kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
  komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar. 
2.2.
  Menunjukan perilaku jujur,
  disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
  transaksional dengan guru dan teman. 
3.1   
  Menganalisis fungsi sosial,
  struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan ajakan melakukan suatu
  tindakan, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya. 
4.1   
  Menyusun teks lisan dan
  tulis untuk mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu tindakan, dengan
  memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar
  dan sesuai konteks.  | 
Teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ajakan
  melakukan suatu tindakan. 
Fungsi sosial 
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang
  lain 
Struktur teks 
Mengucapkan ungkapan ajakan melakukan suatu tindakan. 
   Let’s play game! , Why don’t
  you join the contest? Shall I finish this job? Shall we have dinner tonight?  
Unsur kebahasaan 
Kosa kata, tata
  bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi. 
Topik  
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan
  siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas. | 
Mengamati 
·      Siswa mendengarkan/menonton interaksi ungkapan
  ajakan melakukan suatu tindakan. 
·      Siswa mengikuti interaksi mengucapkan
  ungkapan ajakan melakukan suatu tindakan. 
·      Siswa menirukan model interaksi mengucapkan
  ungkapan ajakan melakukan suatu tindakan. 
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri
  interaksi mengucapkan ungkapan ajakan melakukan suatu tindakan (fungsi
  sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan). 
Mempertanyakan (questioning) 
Dengan
  bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar
  berbagai ungkapan mengucapkan ungkapan ajakan melakukan suatu tindakan dalam
  bahasa inggris perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia,
  kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb. 
Mengeksplorasi 
Siswa mengucapkan
  ungkapan ajakan melakukan suatu tindakan dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur. 
Mengasosiasi 
·     Siswa membandingkan ungkapan ajakan melakukan suatu
  tindakan yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai
  sumber lain. 
·      Siswa membandingkan antara ungkapan ajakan
  melakukan suatu tindakan dalam bahasa Inggris dan
  dalam bahasa siswa. 
Mengkomunikasikan 
·      Siswa mengucapkan ungkapan ajakan melakukan suatu
  tindakan dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.  
·       Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk mengucapkan
  ungkapan ajakan melakukan suatu tindakan dalam jurnal belajar (learning journal).  | 
Kriteria Penilaian: 
·    
  Tingkat ketercapaian fungsi sosial mengucapkan ungkapan ajakan melakukan suatu tindakan  
·    
  Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks mengucapkan ungkapan ajakan melakukan suatu tindakan  
·    
  Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata,
  ucapan, tekanan kata, intonasi 
Cara Penilaian: 
Unjuk kerja  
·      Bermain
  peran (role play) dalam bentuk interaksi
  yang berisi pernyataan dan pertanyaan tentang ungkapan
  ajakan melakukan suatu tindakan. 
·      Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam  menyampaikan ungkapan ajakan melakukan
  suatu tindakan serta responnya 
Pengamatan
  (observations):   
Bukan penilaian
  formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
  Sasaran penilaian: 
·      Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk mengajak melakukan
  suatu tindakan dan responnya ketika muncul kesempatan. 
·      Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan. 
·      Kesantunan dan kepedulian dalam
  melaksanakan komunikasi 
·      Perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
  melaksanakan komunikasi | 
1
   x 3
  JP | 
·      Audio
  CD/  
·      SUARA
  GURU 
·      Koran/
  majalah ber | 
| 
1.1. 
  Mensyukuri kesempatan dapat
  mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang
  diwujudkan dalam semangat belajar.. 
2.1.  Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan Komunikasi interpersonal dengan guru
  dan teman. 
3.2.
  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan
  simpati dan responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya 
4.2. 
  Menyusun teks
  lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan simpati, dengan
  memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar
  dan sesuai konteks.  | 
Teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon
  ungkapan simpati,  
Fungsi sosial 
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang
  lain 
Ungkapan 
I
  am sorry to hear that. Poor you! 
Unsur kebahasaan 
Kosa kata, tata
  bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi. 
Topik  
   Berbagai hal terkait dengan
  interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun
  di luar kelas. | 
Mengamati 
·      Siswa mendengarkan/menonton interaksi mengucapkan simpati. 
·      Siswa mengikuti interaksi mengucapkan
  rasa simpati. 
·      Siswa menirukan model interaksi mengucapkan
  rasa simpati. 
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri
  interaksi mengucapkan rasa simpati (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
  kebahasaan). 
Mempertanyakan 
Dengan
  bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar
  berbagai ungkapan simpati dalam bahasa Inggris perbedaan ungkapan dengan yang
  ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb. 
Mengeksplorasi 
Siswa mengucapkan
  ungkapan simpati dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play,
  dan kegiatan lain yang terstruktur. 
Mengasosiasi 
·     Siswa membandingkan ungkapan simpati yang telah dipelajari dengan yang
  ada di berbagai sumber lain. 
·      Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa
  siswa. 
Mengkomunikasikan 
·      Siswa mengucapkan ungkapan simpati dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.  
·      Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk mengucapkan
  rasa simpati dalam jurnal belajar (learning
  journal).  | 
Kriteria penilaian: 
·    
  Tingkat ketercapaian fungsi sosial mengucapkan rasa simpati  
·    
  Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks mengucapkan rasa simpati 
·    
  Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata,
  ucapan, tekanan kata, intonasi 
Cara Penilaian: 
Unjuk kerja  
·     Bermain
  peran (role play) dalam bentuk
  interaksi yang berisi pernyataan dan pertanyaan tentang ungkapan rasa simpati 
·     
  Ketepatan dan kesesuaian
  menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam  menyampaikan ungkapan rasa simpati  
Pengamatan
  (observasi) 
Bukan penilaian
  formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian: 
·   
  Upaya menggunakan Bahasa Inggris untuk menyatakan rasa simpati ketika muncul 
  kesempatan. 
·   
  Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam
  setiap tahapan 
·     Perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan Komunikasi | 
1
   x 3
  JP | 
·   Audio
  CD/ VCD/DVD 
·   SUARA
  GURU 
·   Koran/
  majalah berbahasa Inggris | 
| 
1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
  pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.. 
2.2.  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab
  dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman. 
3.3. 
  Menganalisis fungsi sosial,
  struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang
  keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat
  ini, atau waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. 
4.3. 
  Menyusun teks lisan dan
  tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan melakukan suatu
  tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau,
  dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
  benar dan sesuai konteks. | 
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan tentang
  keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat
  ini, atau waktu lampau 
Fungsi sosial 
Menyatakan dan
  menanyakan keharusan untukmenyarankan dan mengingatkan. 
Struktur teks 
You should take a rest because you
  will have a test tomorrow. Anggi should have booked the ticket in advance… 
Unsur kebahasaan 
Kata kerja
  modal should
  dengan simple, continuous, dan perfect tense; tata
  bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan
  cetak yang jelas dan rapi. 
Topik 
   Berbagai hal terkait dengan interaksi
  antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar
  kelas. | 
Mengamati 
·      Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat should
  dengan simple, continous, perfect tense, dalam
  berbagai konteks. 
·      Siswa mengikuti interaksi tentang  keharusan melakukan suatu tindakan/kejadian
  pada waktu yang akan datang, saat ini, atau akan waktu lampau selama proses
  pembelajaran, dengan bimbingan guru. 
·      Siswa menirukan contoh-contoh kalimat should
  dengan simple, continous, perfect tense  
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri
  kalimat should
  dengan simple, continous, perfect tense (fungsi
  sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan). 
Mempertanyakan 
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
  antara lain perbedaan kalimat should dengan simple, continous, dan perfect
  tense dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan
  yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb. 
Mengeksplorasi 
·        
  Siswa menyatakan dan menanyakan keharusan
  melakukan suatu tindakan/kejadian pada waktu yang akan datang, saat ini, atau
  waktu lampau dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan
  lain yang terstruktur. 
·        
  Siswa menyatakan dan menanyakan keharusan melakukan
  suatu tindakan/kejadian pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu
  lampau dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran. 
Mengasosiasi 
·        
  Siswa membandingkan kalimat
  should
  dengan simple, continous, perfect tense yang telah
  dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya. 
·        
  Siswa membandingkan antara kalimat
  keharusan melakukan suatu tindakan/kejadian pada waktu yang akan datang, saat
  ini, atau akan waktu lampau dalam bahasa Inggris dengan ungkapan keharusan
  dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.  
Mengkomunikasikan 
·      Siswa menyatakan dan menanyakan  keharusan
  melakukan suatu tindakan/kejadian pada waktu yang akan datang, saat ini, atau
  akan waktu lampau, di dalam dan di luar kelas.  
·      Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk
  menyatakan dan menanyakan keharusan dalam jurnal belajarnya | 
Kriteria Penilaian: 
·        
  Tingkat ketercapaian
  fungsi sosial ungkapan tentang tentang keharusan melakukan suatu tindakan/kejadian pada waktu yang akan
  datang, saat ini, atau akan waktu lampau 
·        
  Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks  
·        
  Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata,
  ucapan, tekanan kata, intonasi 
Cara Penilaian: 
Pengamatan
  (observations):   
·      Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan
  keharusan melakukan suatu tindakan/kejadian pada waktu yang akan datang, saat
  ini, atau akan waktu lampau 
·       
  Kesungguhan siswa dalam
  proses pembelajaran di setiap tahapan. 
·       
  Perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
  melaksanakan komunikasi | 
2
   x 3
  JP  | 
·   Audio
  CD/ VCD/DVD 
·   SUARA
  GURU 
·   Koran/
  majalah berbahasa Inggris | 
| 
1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
  pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar. 
2.3. 
  Menunjukkan perilaku jujur,
  disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
  transaksional dengan guru dan teman. 
3.4. 
  Menganalisis struktur teks
  dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk
  dapat/tidak dapat melakukan sesuatu, sesuai dengan konteks penggunaannya.  
4.4. 
  Menyusun teks lisan dan
  tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang kecukupan untuk dapat/tidak
  dapat melakukan sesuatu, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
  dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks. | 
Teks lisan dan tulis tentang menyatakan dan menanyakan kecukupan
  untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks
  penggunaannya. 
Fungsi sosial 
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang
  lain 
Struktur teks 
Dewi is too weak to walk alone.
  Munandar is qualified enough to have that job.   
Unsur kebahasaan 
(1)    
  Kata penghubung sebab akibat (cause & effect)
  Too and enough, 
(2)    
   ucapan, tekanan kata, intonasi,  
(3)    
  ejaan, tanda baca, tulisan
  tangan dan cetak yang jelas dan rapi. 
Topik  
   Berbagai hal
  terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di
  dalam maupun di luar kelas. | 
Mengamati 
·      Siswa mendengarkan dan membaca banyak pernyataan kecukupan untuk
  dapat/tidak dapat melakukan sesuatu, dalam berbagai konteks. 
·      Siswa menirukan contoh-contoh pernyatakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu  
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri pernyatakan
  kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu (fungsi sosial, struktur
  teks, dan unsur kebahasaan). 
Mempertanyakan 
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
  antara lain perbedaan antar berbagai pernyatakan kecukupan untuk dapat/tidak
  dapat melakukan sesuatu yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan kalimat
  dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan
  menggunakan kalimat lain, dsb. 
Mengeksplorasi 
·      Siswa
  menyatakan kecukupan
  untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu bahasa Inggris dalam
  konteks
  tanyajawab, dan kegiatan
  lain yang terstruktur. 
·     
  Siswa berusaha menyatakan
  kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu dalam
  bahasa Inggris selama proses pembelajaran. 
Mengasosiasi 
·      Siswa membandingkan pernyatakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat
  melakukan sesuatu yang telah dipelajari dengan bentuk pernyataan  lainnya. 
·      Siswa membandingkan antara pernyatakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat
  melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris dengan ungkapan keharusan dalam bahasa
  ibu atau bahasa Indonesia.  
Mengkomunikasikan 
·      Siswa menyatakan  kecukupan untuk
  dapat/tidak dapat melakukan sesuatu dengan bahasa Inggris, di dalam dan di
  luar kelas.  
·     
  Siswa menuliskan
  permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu dalam
  jurnal belajarnya. | 
Kriteria Penilaian: 
·        
  Tingkat ketercapaian fungsi sosial pernataan kecukupan untuk dapat/tidak
  dapat melakukan sesuatu  
·        
  Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks pernyataan
  kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu  
·        
  Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata,
  ucapan, tekanan kata, intonasi 
Cara Penilaian: 
Pengamatan
  (observations):   
·       
  Upaya menggunakan bahasa Inggris
  untuk menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan
  sesuatu  
·       
  Kesungguhan siswa dalam
  proses pembelajaran di setiap tahapan. 
·       
  Perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
  melaksanakan komunikasi | 
2
   x 3
  JP | 
·      Audio
  CD/  
·      SUARA
  GURU 
·      Koran/
  majalah ber | 
| 
1.1. 
  Mensyukuri kesempatan dapat
  mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International
  yang diwujudkan dalam semangat belajar  
2.3  Menunjukkan
  perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
  melaksanakan komunikasi fungsional 
3.5. 
  Menganalisis fungsi sosial,
  struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks iklan barang, jasa, dan kegiatan
  (event) di media massa, sesuai
  dengan konteks penggunaannya. 
4.5. 
  Menangkap makna dalam iklan
  barang, jasa, dan
  peristiwa (event) dari media massa. 
4.6.Menyusun
  teks tulis iklan barang, jasa, dan peristiwa (event), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
  unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. | 
Teks tulis iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) di media massa 
Fungsi sosial 
Membujuk orang lain untuk membeli/memakai barang/jasa dan
  menonton/mengikuti kegiatan (event) 
Struktur Teks 
Ungkapan yang lazim digunakan dalam teks iklan
  barang, jasa, dan kegiatan (event) di
  media massa secara urut dan
  runtut. 
Unsur kebahasaan 
Kosa kata , tata bahasa, ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan
  tanda baca yang tepat, dengan pengucapan yang lancar dan penulisan dengan
  tulisan tangan atau cetak yang jelas dan rapi  
Multimedia: 
   Layout, dekorasi, yang membuat tampilan teks
  lebih menarik | 
Mengamati 
·      Siswa membaca/membacakan teks iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) di media massa dari berbagai
  sumber dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan,
  maupun format penyampaian/penulisannya. 
·      Siswa mencoba menirukan pengucapannya dan 
  menuliskan teks yang digunakan. 
·     
  Siswa belajar membaca cepat
  untuk mendapat gambaran umum dari teks melalui proses skimming dan scanning
  untuk mendapatkan informasi khusus. 
Mempertanyakan 
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
  antara lain perbedaan antar berbagai iklan barang, jasa, dan kegiatan (event)
  dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang
  ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb. 
Mengeksplorasi 
·      Siswa membaca
  berbagai teks
  tulis  iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) dari berbagai sumber
  dengan menerapkan
  strategi yang sesuai. 
·      Siswa berlatih membacakan teks iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) dari media massa dengan pengucapkan
  dan intonasi yang tepat kepada teman. 
Mengasosiasi 
·      Siswa menganalisis teks iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) dari media massa dengan
  memperhatikan format penulisannya melalui strategi yang digunakan.  
·      Siswa membandingkan teks iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) dibaca/dibacakan guru dengan
  yang dipelajari dari berbagai sumber lain. 
·      Secara berkelompok siswa mendiskusikan teks iklan barang, jasa, dan kegiatan
  (event) yang mereka temukan dari
  sumber lain. 
·      Siswa memperoleh balikan (feedback)
  dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang sampaikan
  dalam kerja kelompok.  
Mengkomunikasikan 
·      Siswa membuat teks iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) dalam kerja kelompok 
·      Siswa menyampaikan iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) secara tertulis dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur,
  dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks 
·      Membuat jurnal belajar (learning
  journal) | 
Kriteria penilaian: 
·    Pencapaian fungsi sosial 
·    Kelengkapan dan keruntutan struktur teks 
·    Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata,
  intonasi, ejaan, dan tulisan tangan 
·    Kesesuaian format penulisan/ penyampaian 
Cara Penilaian 
Pengamatan (observations):   
Sasaran penilaian adalah  
·      kesantunan saat melakukan tindakan 
·     
  perilaku
  tanggung jawab,peduli, kerjasama, dan cinta damai,  dalam melaksanakan Komunikasi  
·     
  Kesungguhan siswa dalam
  proses pembelajaran di setiap tahapan 
·      Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca 
Portofolio 
·    Kumpulan catatan kemajuan belajar membuat  iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) 
·    Kumpulan karya siswa yang mendukung proses pembuatan iklan barang, jasa,
  dan kegiatan (event)  berupa: draft, revisi, editing sampai hasil
  terbaik untuk dipublikasi  
·   Kumpulan hasil tes dan latihan. 
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat 
·     Bentuk: diary, jurnal, format khusus, 
  komentar, atau bentuk penilaian lain | 
3  x 3 JP | 
·      Audio CD/ VCD/DVD 
·      SUARA GURU 
·      Koran/ majalah berbahasa Inggris | 
| 
1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
  pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar. 
2.3. Menghargai perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta
  damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional. 
3.6. Menganalisis
  fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks recount berbentuk laporan kerja dan
  uraian peristiwa bersejarah, sesuai dengan konteks penggunaannya.  
4.7. 
  Menyusun teks recount lisan dan tulis berbentuk
  laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah, dengan memperhatikan fungsi
  sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks. | 
Teks recount,
  lisan dan tulis berbentuk laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah. 
Fungsi sosial 
Menguraikan
  langkah-langkah tindakan dan kejadian dalam bentuk laporan kerja dan tentang
  peristiwa bersejarah, untuk mempertanggung-jawabkan, meneladani, dan mendapatkan pelajaran berharga. 
Struktur teks 
(1)  
  Orientasi: menyebutkan
  tujuan dan langkah-langkah tindakan dan kejadian secara umum 
(2)     
  Uraian tindakan/kejadian
  secara berurut dan runtut 
(3)     
  Penutup (seringkali ada):
  komentar atau penilaian umum. 
Unsur kebahasaan 
(1)    
  Kata-kata terkait dengan kegiatan
  siswa dan kejadian bersejarah yang banyak dibicarakan. 
(2)    
  Past: Simple,
  Continuous, Perfect tense 
(3)    
  Adverbial dan frasa
  presposisional yang menyatakan waktu, cara, dsb. 
(4)     Ucapan, rujukan kata tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan. 
Topik 
Kegiatan siswa
  dalam proses pembelajaran, termasuk dalam mata pelajaran lain, dan peristiwa
  sejarah, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku kewirausahaan, daya juang, percaya diri, tanggung
  jawab, disiplin. | 
Mengamati 
·     
  Siswa
  membaca/mendengarkan/menonton berbagai macam laporan kerja dan uraian
  peristiwa bersejarah dari berbagai sumber. 
·     
  Siswa  memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
  unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya. 
·      Siswa
  belajar membaca cepat untuk mendapat gambaran umum dari teks melalui proses skimming dan scanning untuk mendapatkan informasi khusus. 
Mempertanyakan 
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain
  perbedaan antar laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah yang ada dalam
  bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam
  bahasa Indonesia,. 
·     
  Siswa mempertanyakan mengenai
  gagasan pokok  informasi rinci dan
  informasi tertentu dalam laporan kerja
  dan uraian peristiwa bersejarah 
Mengeksplorasi 
·      Siswa membaca/mendengarkan beberapa laporan
  kerja dan uraian peristiwa bersejarah dengan strategi dari berbagai sumber. 
·      Siswa membacakan laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah kepada
  teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat 
·      Siswa secara berkelompok menuliskan laporan kerja dan uraian peristiwa
  bersejarah dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan 
Mengasosiasi 
·      Secara berpasangan siswa saling menganalisis laporan kerja dan uraian
  peristiwa bersejarah dengan strategi membaca, yang ditulis dengan fokus pada
  fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan. 
·     
  Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
  hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok. 
Mengkomunikasikan 
·      Siswa menyampaikan laporan kerja dan uraian peristiwa
  bersejarah kepada teman dan guru 
·      Siswa membuat laporan kerja dan uraian peristiwa
  bersejarah melalui 5 tahapan menulis 
·      Siswa membuat jurnal belajar (learning
  journal) | 
Kriteria penilaian: 
·    Pencapaian fungsi sosial 
·    Kelengkapan dan keruntutan struktur teks recount  berbentuk laporan kerja dan uraian
  peristiwa bersejarah 
·    Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata,
  intonasi, ejaan, dan tulisan tangan 
·    Kesesuaian format penulisan/ penyampaian 
Cara Penilaian: 
Unjuk kerja  
·       
  Melakukan monolog dalam
  bentuk laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah  
·       
  Ketepatan dan kesesuaian
  dalam menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam  teks recount 
Pengamatan (observations):   
Tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian adalah  
·     kesantunan saat melakukan tindakan 
·    
  perilaku
  tanggung jawab, 
 peduli,
  kerjasama, dan cinta damai,  dalam 
melaksanakan
  Komunikasi  
·     
  Kesungguhan siswa dalam
  proses pembelajaran di setiap tahapan 
·      Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca 
Portofolio 
·    Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa catatan atau rekaman monolog
  teks recount. 
·    Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teks recount berupa:
  draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi  
·   Kumpulan hasil tes dan latihan. 
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat 
Bentuk: diary, jurnal, format khusus,  komentar, atau bentuk penilaian lain | 
2
   x 3 JP | 
·   Audio
  CD/ VCD/DVD 
·   SUARA
  GURU 
·   Koran/
  majalah berbahasa Inggris | 
| 
1.1. 
  Mensyukuri kesempatan dapat
  mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang
  diwujudkan dalam semangat belajar. 
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab
  dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman. 
3.7. 
  Menganalisis fungsi sosial,
  struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian
  yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang,
  sesuai dengan konteks penggunaannya. 
4.9. 
   Menyusun teks lisan dan tulis untuk
  menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan,
  sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang, dengan
  memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar
  dan sesuai konteks. | 
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian
  yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang (Will dengan Simple, Continuos, Perfect
  Tense). 
Fungsi sosial 
Menyatakan tindakan/kegiatan/kejadian yang akan,
  sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang  
Struktur teks 
You will meet her soon. She will be waiting for you there, .My classmate
  will have been here by the time you arrive.  
Unsur kebahasaan 
(1)  Will
  dengan simple, continuous, dan perfect tense 
(2)   ucapan, tekanan kata, intonasi 
(3)  ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi. 
Topik  
Berbagai hal
  terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di
  dalam maupun di luar kelas. | 
Mengamati 
·      Siswa mendengarkan dan membaca banyak pernyataan dan pertanyaan tentang
  tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu
  yang akan datang, dalam berbagai konteks. 
·      Siswa mengikuti interaksi untuk menyatakan dan menanyakan tentang
  tindakan/kegiatan /kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di
  waktu yang akan datang selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru. 
·      Siswa menirukan contoh-contoh pernyataan dan pertanyaan tentang tindakan/kegiatan/kejadian
  yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang  
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri penyataan
  dan pernyataan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan
  telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang (fungsi sosial, struktur
  teks, dan unsur kebahasaan 
Mempertanyakan 
Dengan
  bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar
  berbagai pernyataan dan pertanyaan tentang tindakan/kejadian yang terjadi
  diwaktu yang akan datang yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan
  ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan
  menggunakan ungkapan lain, dsb. 
Mengeksplorasi 
·      Siswa
  menyatakan dan menanyakan keharusan dalam bahasa Inggris dalam konteks tanyajawab dan
  kegiatan lain
  yang terstruktur. 
·        
  Siswa berusaha menyatakan dan menanyakan tentang
  tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu
  yang akan datang dalam bahasa Inggris selama proses pembelajaran. 
Mengasosiasi 
·      Siswa membandingkan ungkapan tentang tindakan/kejadian yang terjadi
  diwaktu yang akan datang yang telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan
  lainnya. 
·      Siswa membandingkan antara pernyataan dan pertanyaan tentang tindakan/kegiatan/kejadian
  yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang
  dalam bahasa Inggris dengan pernyataan dan pertanyaan dalam bahasa ibu atau
  bahasa Indonesia.  
Mengkomunikasikan 
·      Siswa menyatakan
  dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan,
  sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang dengan
  bahasa Inggris, di dalam kelas.  
·      Siswa
  menuliskan learning jurnal | 
Kriteria penilaian: 
·     Tingkat ketercapaian fungsi sosial ungkapan tentang tindakan/kejadian yang terjadi diwaktu
  yang akan datang  
·     Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks ungkapan tentang tindakan/kejadian yang terjadi diwaktu
  yang akan datang  
·    
  Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata,
  ucapan, tekanan kata, intonasi 
Pengamatan (observations):  
Bukan penilaian
  formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
  Sasaran penilaian: 
·      Perilaku
  jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab
  dalam melaksanakan komunikasi 
·   
  Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam
  setiap tahapan 
Portofolio 
·      Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar berupa
  rekaman penggunaan ungkapan dan skrip percakapan 
·      Kumpulan hasil tes dan
  latihan. 
·      Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat,
  berupa komentar atau cara penilaian lainnya. 
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat 
Bentuk: diary,
  jurnal, format khusus,  komentar, atau
  bentuk penilaian lain | 
3
   x 3
  JP | 
·      Audio
  CD/ VCD/DVD 
·      SUARA
  GURU 
·      Koran/
  majalah berbahasa Inggris | 
| 
1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
  pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar. 
2.3. Menghargai perilaku tanggung jawab, peduli,
  kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional. 
3.8. 
  Menganalisis fungsi sosial,
  struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks naratif  lisan dan tulis berbentuk cerita pendek,
  sesuai dengan konteks penggunaannya.  
4.10. 
  Menangkap makna jenis  teks naratif berbentuk cerita pendek, lisan
  dan tulis. | 
Teks
  narrative lisan dan tulis berbentuk
  cerita pendek. 
Fungsi Sosial  
Memperoleh
  hiburan, menghibur dan mengajarkan nilai-nilai moral melalui cerita pendek 
Struktur teks 
(1)    
  Orientasi: menyebutkan
  tempat dan waktu dan memperkenalkan tokoh-tokohnya 
(2)    
  Evaluasi: terhadap masalah
  yang dihadapi tokoh 
(3)    
  Komplikasi: muncul krisis 
(4)    
  Resolusi: krisis berakhir
  secara baik atau tidak baik bagi tokoh 
Unsur
  kebahasaan 
(1)    
  Will dengan simple, continuous, dan
  perfect tense 
(2)    
  Adverbia penghubung waktu. 
(3)    
  Adverbia dan frasa
  preposisional penujuk waktu. 
(4)    
  Ucapan, rujukan kata, tekanan kata,
  intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan. 
Topik 
   Cerita yang memberikan
  keteladanan tentang perilaku peduli, percaya diri, cinta damai, bertanggung
  jawab. | 
Mengamati 
·     
  Siswa
  membaca/mendengarkan/menonton berbagai macam cerita
  pendek berbahasa Inggris dari berbagai sumber. 
·      Siswa  memperhatikan fungsi sosial,
  struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya cerita
  pendek. 
·      Siswa
  belajar membaca cepat untuk mendapat gambaran umum dari cerita pendek melalui
  proses skimming, scanning dan inferencing, untuk mendapatkan informasi khusus. 
Mempertanyakan 
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
  antara lain perbedaan antar berbagai cerita pendek yang ada dalam bahasa
  Inggris, perbedaan cerita pendek dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam
  bahasa Indonesia,  dsb. 
Mengeksplorasi 
·      Siswa membaca/mendengarkan beberapa cerita
  pendek dari berbagai sumber. 
·     
  Siswa membacakan cerita
  pendek kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat 
Mengasosiasi 
·      Secara berpasangan siswa saling menganalisis cerita yang ditulis dengan
  fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan. 
·     
  Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
  hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok. 
Mengkomunikasikan  
·      Menceritakan
  kembali cerita pendek yang dibaca kepada teman dan guru 
·      Siswa membuat kliping cerita pendek dengan menyalin dan beberapa sumber. 
·      Siswa membuat jurnal belajar (learning
  journal) | 
Kriteria Penilaian: 
·     
  Tingkat ketercapaian fungsi sosial penggunaan cerita pendek 
·     
  Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur cerita pendek 
·     
  Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata,
  ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan
  tulisan tangan 
·      Tingkat kesesuaian format
  penulisan/ penyampaian 
Cara Penilaian: 
Unjuk kerja  
·      Bercerita
  (Story telling) 
·       Ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur
  kebahasaan dalam  bercerita 
Pengamatan (observations):  Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. 
·      Kesantunan dan kepedulian saat melakukan tindakan 
·      Perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
  melaksanakan komunikasi 
·      Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca 
Portofolio 
·    Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa catatan atau rekaman monolog cerita pendek. 
·    Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan cerita
  pendek berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik
  untuk dipublikasi  
·      Kumpulan hasil tes dan latihan 
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat 
Bentuk: diary,
  jurnal, format khusus,  komentar, atau
  bentuk penilaian lain | 
4
   x 3
  JP  | 
·      Audio
  CD/  
·      SUARA
  GURU 
·      Koran/
  majalah ber | 
| 
1.1.
  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
  pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan
  dalam semangat belajar. 
2.2. Menghargai perilaku
  jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
  transaksional dengan guru dan teman. 
3.9.  Menganalisis
  fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan untuk
  menyatakan keterkaitan/sebab akibat, sesuai dengan konteks penggunaannya.  
4.11.  Menyusun
  teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang keterkaitan / sebab
  akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
  kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.  | 
Teks lisan dan tulis tentang menyatakan
  keterkaitan/sebab akibat sesuai dengan konteks penggunaannya. 
Fungsi sosial 
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang
  lain 
Struktur teks 
Farid didn’t go to school because of
  the rain. Jehan can speak English well do to learning contextually. Please
  say thank to your manager.  
Unsur kebahasaan 
(1)   
  Kata penghubung sebab akibat (cause & effect) (Becuase
  of ..., due to ..., thanks to...) 
(2)    tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi 
(3)   
   ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak
  yang jelas dan rapi. 
Topik  
   Berbagai hal
  terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di
  dalam maupun di luar kelas | 
Mengamati 
·      Siswa mendengarkan dan membaca pernyatakan keterkaitan/sebab akibat,
  dalam berbagai konteks. 
·      Siswa mengikuti interaksi tentang pernyataan keterkaitan/sebab akibat selama
  proses pembelajaran, dengan bimbingan guru. 
·      Siswa menirukan contoh-contoh kalimat yang menyatakan keterkaitan/sebab akibat. 
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri pernyataan
  keterkaitan/sebab akibat (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan). 
Mempertanyakan 
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
  antara lain perbedaan antar berbagai pernyataan keterkaitan/sebab akibat yang
  ada dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang
  ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb. 
Mengeksplorasi 
·     Siswa
  menyatakan keterkaitan/sebab
  akibat bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play,
  dan kegiatanlain yang terstruktur. 
·     
  Siswa berusaha menyatakan keterkaitan/sebab akibat dalam
  bahasa Inggris dalam proses pembelajaran. 
Mengasosiasi 
·      Siswa membandingkan pernyatakan keterkaitan/sebab akibat yang telah
  dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya. 
·      Siswa membandingkan antara pernyatakan keterkaitan/sebab akibat dalam
  bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.  
Mengkomunikasikan 
·      Siswa menyatakan keterkaitan/sebab akibat dengan bahasa Inggris, di dalam
  dan di luar kelas.  
·      Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan keterkaitan/sebab akibat dalam
  jurnal belajarnya. | 
Kriteria Penilaian 
·    
  Tingkat ketercapaian fungsi sosial pernyataan keterkaitan/sebab akibat  
·     
  Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks ungkapan tentang menyatakan
  keterkaitan/sebab akibat  
·    
  Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata,
  ucapan, tekanan kata, intonasi 
Pengamatan (observations):   
Untuk tujuan
  memberi balikan.
  Sasaran penilaian: 
·        
  kesantunan saat melakukan
  tindakan
  komunikasi 
·        
  Perilaku jujur, disiplin,
  percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi  
·        
  Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam
  setiap tahapan 
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat 
Bentuk: diary, jurnal, format khusus,  komentar, atau bentuk penilaian lain | 
1
  x 3 JP | 
·      Audio
  CD/ VCD/DVD 
·      SUARA
  GURU 
·      Koran/
  majalah berbahasa Inggris | 
| 
1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
  pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.. 
2.3. Menghargai perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta
  damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional. 
3.10. 
  Menganalisis fungsi sosial,
  struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks explanation tentang gejala alam, terkait dengan mata pelajaran
  lain di Kelas X, sesuai dengan konteks penggunaannya.  
4.12. 
  Menangkap makna dalam teks explanation  lisan dan tulis. 
4.13. 
  Menyunting teks berbentuk explanation dengan memperhatikan
  fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks tersebut. 
4.14. 
  Menyusun teks explanation lisan dan tulis tentang gejala alam, terkait dengan
  mata pelajaran lain di Kelas X, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
  teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks | 
Teks explanation lisan dan
  tulis tentang gejala alam 
Fungsi Sosial  
Menjelaskan
  terjadinya gejala alam dan sosiokultural secara ilmiah 
Struktur teks 
(1)    
  Pernyataan umum yang
  meyakinkan tentang gejala alam atau sosiokultural. 
(2)    
  Serangkaian penjelasan
  tentang mengapa dan bagaimana gejala yang dimaksud terjadi. 
Unsur
  kebahasaan 
(1)    
  Kata-kata dan ungkapan
  terkait dengan gejala alam dan gejala sosiokultutal pada umumnya, biasanya
  juga bukan tentang orang 
(2)    
  Berisi serangkaian tindakan
  dan deskripsi benda-benda yang terlibat 
(3)    
  Kata kerja dalam present
  tense dan past tense: simple, conitnuous, perfect.  
(4)    
  Passive Voice sering
  digunakan 
(5)    
  Adverbia dan frasa
  preposisional penujuk waktu dan sebab akibat. 
(6)    
  Ejaan dan tulisan tangan
  dan cetak yang jelas dan rapi. 
(7)    
  Ucapan, rujukan kata, tekanan kata,
  intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan. 
Topik 
Gejala alam dan
  gejala sosiokultural yang lterkait dengan mata pelajaran lain di Kelas X,
  dengan memberikan keteladanan tentang perilaku peduli, percaya diri, cinta
  damai, bertanggung jawab. 
Multimedia 
Foto, gambar, dekorasi, yang membuat tampilan teks
  lebih menarik | 
Mengamati 
·     
  Siswa membaca/mendengarkan/menonton
  berbagai macam teks explanation tentang gejala alam dari berbagai sumber. 
·      Siswa  memperhatikan fungsi sosial,
  struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya teks explanation. 
·      Siswa belajar membaca cepat untuk mendapat gambaran umum dari teks
  melalui proses skimming , scanning , untuk mendapatkan informasi
  tertentu,. dan inferencing untuk
  mengetahui informasi rinci. 
Mempertanyakan 
·      Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa mempertanyakan fungsi sosial,
  struktur, dan unsur kebahasaan dari teks explanation. 
·     
  Siswa mempertanyakan kemungkinan lain dari sturuktur dan unsure bahasa yang
  digunakan 
Mengeksplorasi 
·      Siswa membaca/mendengarkan beberapa teks explanation dari berbagai sumber. 
·      Siswa membacakan teks explanation kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat 
·      Siswa
  mengedit sebuah teks explanation yang
  belum tepat struktur dan unsur kebahasaannya 
·      Siswa secara berkelompok menuliskan teks gejala alam, terkait dengan mata
  pelajaran lain di Kelas X dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan
  unsur kebahasaan 
·     
  Siswa melakukan revisi terhadap teks
  explanation yang ditulis berdasarkan masukan dari teman dan guru. 
Mengasosiasi 
·      Secara berpasangan siswa saling menganalisis teks explanation yang ditulis dengan fokus pada fungsi sosial,
  struktur, dan unsur kebahasaan. 
·      Siswa
  menyunting teks eksplation yang belum sesuai struktur dan unsur
  kebahasaan.secara individu. 
·     
  Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
  hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok. 
Mengkomunikasikan  
·      Siswa
  menyampaikan catatan (Note Taking)
  saat membaca 
·      Siswa mempulikasikan
  hasil editing di Mading kelas  
·      Siswa membuat jurnal belajar (learning
  journal) | 
Kriteria Penilaian: 
·   Tingkat ketercapaian fungsi sosial penggunaan teks
  explanation 
·  
  Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks explanation 
·  
  Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata,
  ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan
  tulisan tangan 
·   Tingkat kesesuaian format
  penulisan/ penyampaian 
Cara Penilaian: 
Unjuk kerja  
·      Melakukan monolog dalam bentuk explanation  
·      Ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur dan unsur kebahasaan
  dalam  teks explanation 
Pengamatan (observations):   
Untuk tujuan
  memberi balikan. Sasaran penilaian: 
·     
  Kesantunan saat
  melakukan tindakan 
·     
  Perilaku tanggung jawab,
  peduli, kerjasama dan cinta damai dalam
  melaksanakan komunikasi 
·     
  Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam
  setiap tahapan 
·     
  Ketepatan dan
  kesesuaian dalam menuliskan teks explanation
   
·      Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca 
Portofolio 
·    Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa catatan atau rekaman monolog
  teks recount. 
·     
  Kumpulan karya siswa yang
  mendukung proses penulisan teks explanation berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi  
·      Kumpulan hasil tes dan latihan 
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat 
Bentuk: diary, jurnal, format khusus,  komentar, atau bentuk penilaian lain | 
6
   x 3JP | 
·   Audio
  CD/ VCD/DVD 
·   SUARA
  GURU 
·   Koran/
  majalah berbahasa Inggris | 
| 
1.1.Mensyukuri
  kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
  komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
  semangat belajar. 
2.2. Menghargai perilaku
  jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
  komunikasi transaksional dengan guru dan teman. 
3.11. 
   Menganalisis
  fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan
  menanyakan tentang keterkaitan antara dua benda atau tindakan, sesuai dengan
  konteks penggunaannya. 
4.15. 
  Menyusun teks lisan dan
  tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang keterkaitan antara dua benda
  atau tindakan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
  kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. | 
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua
  benda atau tindakan 
Fungsi sosial 
Menyatakan
  hubungan satu dengan yang lain 
Struktur teks 
Both Andi and Joko have come to join
  the contest. Deni is not only good person but also generous. Either Roni or
  Iwan will participate in the game…….   
Unsur kebahasaan 
(1)  Kata penghubung (pair
  conjunction) Both ... and; not only ... but also; either ...
  or; neither ... nor., 
(2)  tekanan kata, intonasi,  
(3)  ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi. 
Topik  
  Berbagai hal
  terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di
  dalam maupun di luar kelas | 
Mengamati 
·      Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat untuk menyatakan dan
  menanyakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan, dalam berbagai
  konteks. 
·      Siswa mengikuti interaksi untuk
  menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan selama proses pembelajaran,
  dengan bimbingan guru. 
·      Siswa menirukan contoh-contoh kalimat menyatakan keterkaitan antara dua
  benda atau tindakan  
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri
  kalimat menyatakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan (fungsi sosial,
  struktur teks, dan unsur kebahasaan). 
Mempertanyakan 
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
  antara lain perbedaan antar berbagai pernyataan keterkaitan antara dua benda
  atau tindakan yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan pernyataan dalam
  bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan
  menggunakan ungkapan lain, dsb. 
Mengeksplorasi 
·      Siswa
  menyatakan dan
  menanyakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan bahasa
  Inggris dalam konteks menyampaikan
  informasi atau pendapat dan
  kegiatanlain yang terstruktur. 
·     
  Siswa melengkapi kalimat dengan kata sambung yang tepat untuk
  menyatakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan. 
Mengasosiasi 
·      Siswa membandingkan kalimat
  menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua
  benda atau tindakan yang telah dipelajari dengan kalimat-kalimat lainnya. 
·      Siswa membandingkan antara kalimat menyatakan dan menanyakan keterkaitan
  antara dua benda atau tindakan dalam bahasa Inggris dengan kalimat dalam
  bahasa ibu atau bahasa Indonesia.  
Mengkomunikasikan 
·      Siswa menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua benda atau
  tindakan dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.  
·      Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk
  menyatakan  keterkaitan antara dua benda atau
  tindakan dalam jurnal belajarnya. | 
Kriteria
  penilaian: 
·    
  Tingkat ketercapaian fungsi sosial pernyataan keterkaitan antara dua benda atau tindakan  
·    
  Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur pernyataan keterkaitan antara dua benda atau tindakan  
·    
  Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata,
  ucapan, tekanan kata, intonasi  
Pengamatan (observations):  
Bukan penilaian
  formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
  Sasaran penilaian 
·    Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan 
·    Perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
  melaksanakan komunikasi  
·    Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis
  kalimat keterkaitan antara dua benda/tindakan 
·    
  Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam
  setiap tahapan 
Portofolio 
·     
  Kumpulan catatan
  kemajuan belajar  
·     Kumpulan hasil tes dan
  latihan. 
·     Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat,
  berupa komentar atau cara penilaian lainnya  
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat 
·     Bentuk: diary, jurnal, format khusus, 
  komentar, atau bentuk penilaian
  lain 
·    Siswa diberikan pelatihan sebelum dituntut untuk melaksanakannya. | 
2
  x 3 JP | 
·      Audio
  CD/ VCD/DVD 
·      SUARA
  GURU 
·      Koran/
  majalah berbahasa Inggris | 
| 
1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
  pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar. 
2.3.  Menghargai
  perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
  melaksanakan komunikasi fungsional. 
3.12. 
  Menganalisis perbedaan
  fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif dan
  teks explanation, sesuai dengan konteks penggunaannya. 
4.16. 
  Menyebutkan perbedaan dan
  persamaan teks deskriptif dan teks explanation,
  dilihat dari fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya. | 
Perbedaan dan persamaan teks
  deskriptif dan teks explanation  
Fungsi Sosial 
Menentukan perbedaan dan
  persamaan berbagai jenis teks 
Struktur teks  
(1)    
  Perbedaan fungsi social, struktur
  dan unsur kebahasaan 
(2)    
  Persamaan dalam unsur bahasa 
Unsur kebahasaan 
(1)    
  Keterkaitan antara dua
  benda/kegiatan (Both…and, Neither…nor) 
(2)    
  Kalimat sederhana. 
(3)    
  Ejaan dan tulisan tangan
  dan cetak yang jelas dan rapi 
Topik kalimat 
Diri sendiri,
  orang tua, kakak, adik, famili, tetangga, dan orang terdekat lainnya. | 
Mengamati 
·     
  Siswa
  membaca/mendengarkan/menonton berbagai macam teks deskriptif  dan
  teks explanation dari berbagai
  sumber. 
·      Siswa  memperhatikan fungsi sosial,
  struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya teks deskriptif.dan
  teks explanation 
Mempertanyakan 
·      Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa mempertanyakan fungsi sosial,
  struktur, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif dan teks explanation 
·      Siswa mempertanyakan
   tentang  perbedaan dan persamaan teks deskriptif.dan
  explanation 
Mengeksplorasi 
·      Siswa membandingkan
  sebuah  teks deskriptif dengan teks explantion dari berbagai sumber. 
·      Siswa mengelompokan  unsur kebahasaan
  yang yang digunakan 
·     
  Siswa secara berkelompok
  menuliskan perbedaan dan persamaan antara teks deskriptif dan teks explanation  dengan memperhatikan fungsi sosial,
  struktur, dan unsur kebahasaan 
Mengasosiasi 
·      Secara berpasangan siswa saling menganalisis teks deskriptif dan teks
  explanation yang dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur
  kebahasaan. 
·      Siswa memperoleh balikan (feedback)
  dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja
  kelompok. 
Mengkomunikasikan 
·      Siswa
  mempresentasikan hasil analisis kelompok tentang persamaan dan perbedaan dari
  teks deskripsi dan teks explanation. 
·        
  Siswa membuat jurnal
  belajar (learning journal) | 
Kriteria
  penilaian: 
·     Pencapaian
  fungsi sosial 
·     Kelengkapan
  dan keruntutan struktur teks 
·    
  Ketepatan unsur
  kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan 
·     Kesesuaian
  format penulisan/ penyampaian 
Pengamatan (observations):  
Bukan penilaian
  formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. 
·      Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta
  damai, dalam melaksanakan komunikasi 
·    Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan presentasi 
·    
  Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam
  setiap tahapan 
Portofolio 
·      Kumpulan pekerjaan siswa dan catatan kemajuan belajar yang mendukung proses belajar 
·    
  Kumpulan catatan
  kemajuan belajar  
·     Kumpulan hasil tes dan
  latihan. 
·     Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat,
  berupa komentar atau cara penilaian lainnya  
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat 
·     Bentuk: diary, jurnal, format khusus, 
  komentar, atau bentuk penilaian
  lain | 
4  x 3JP | 
·   Audio
  CD/ VCD/DVD 
·   SUARA
  GURU 
·   Koran/
  majalah berbahasa Inggris | 
| 
1.1. 
  Mensyukuri kesempatan dapat
  mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang
  diwujudkan dalam semangat belajar. 
2.2.  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab
  dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman. 
3.13. 
  Menganalisis fungsi sosial,
  struktur teks, dan unsur kebahasaan dari proverb
  dan riddle, sesuai dengan
  konteks penggunaannya.  
4.17. 
  Menangkap pesan dalam proverb dan riddle. | 
Ungkapan Proverb   tulis dan lisan. 
Fungsi sosial 
Menyatakan
  kebenaran dan memberi kan nasehat atau pesan moral dan teka teki . 
Struktur teks 
Ungkapan baku
  dari sumber-sumber otentik. 
Unsur
  kebahasaan 
(1)    
  Kata, ungkapan, dan tata
  bahasa yang baku dalam proverb 
(2)    
  Ejaan dan tulisan tangan
  dan cetak yang jelas dan rapi. 
(3)    
  Ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ketika
  mempresentasikan secara lisan 
Topik 
Keteladanan tentang perilaku santun, peduli, dan disiplin.  
Multimedia 
Layout dan dekorasi yang membuat tampilan teks lebih menarik. | 
Mengamati 
·      Siswa mendengarkan penggunaan ungkapan proverb   dari
  berbagai sumber dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur
  kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya. 
·     
  Dengan bimbingan dan arahan guru siswa
  mengidentifikasi ciri proverb dan riddle  
Mempertanyakan 
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
  antara lain perbedaan berbagai proverb dan riddle  dalam bahasa Inggris, perbedaan proverb dan riddle  dengan yang ada dalam bahasa Indonesia,
  kemungkinan menggunakan ungkapan lain dsb. 
Mengeksplorasi 
·      Siswa mencari proverb
  dan riddle dari berbagai sumber.. 
·      Siswa berlatih mengidentifikasi  proverb dan riddle dengan
  teman 
·      Siswa
  membacakan proverb dan riddle kepada teman 
Mengasosiasi 
·      Siswa menganalisis ungkapan proverb dengan mengelompokannya berdasarkan penggunaan.  
·      Siswa membandingkan ungkapan proverb yang digunakan guru dengan yang dipelajari dari berbagai sumber lain. 
·      Secara berkelompok siswa mendiskusikan ungkapan proverb yang mereka temukan dari sumber lain atau budaya lain. 
·      Siswa memperoleh balikan (feedback)
  dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang sampaikan
  dalam kerja kelompok.  
Mengkomunikasikan 
·      Siswa
  mempresentasikan beberapa proverb
  dan riddle yang mereka sukai 
·      Siswa membuat  klipping 
  tentang  proverb dalam kerja kelompok 
·      Membuat jurnal belajar (learning
  journal) | 
Kriteria Penilaian: 
·      Tingkat ketercapaian fungsi sosial penggunaan teks
  proverb dan riddle 
·      Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks proverb dan riddle 
·     
  Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata,
  ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan
  tulisan tangan 
·      Tingkat kesesuaian format
  penulisan/ penyampaian 
Cara Penilaian: 
Pengamatan (observations):  Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. 
·     Kesantunan dan kepedulian saat melakukan tindakan 
·     Perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab melaksanakan
  tugas 
·    
  Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam
  setiap tahapan 
Portofolio 
·      Kumpulan pekerjaan siswa dan catatan kemajuan belajar yang mendukung proses belajar 
·      Kumpulan hasil tes, ujian, nilai, latihan. 
·     Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat,
  berupa komentar atau cara penilaian lainnya  
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat 
Bentuk: diary, jurnal, format khusus,  berupa komentar, checklist, penilaian | 
3
   x 3
  JP | 
·   Audio
  CD/ VCD/DVD 
·   SUARA
  GURU 
·   Koran/
  majalah berbahasa Inggris | 
| 
1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
  pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar. 
2.3. 
  Menghargai
  perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
  melaksanakan komunikasi fungsional. 
3.14. 
  Menganalisis fungsi sosial
  dan unsur kebahasaan dari dalam
  lagu, sesuai dengan konteks penggunaannya.  
4.18. 
  Menangkap pesan dalam lagu. | 
Lagu  
Fungsi
  sosial  
Menghibur,
  mengungkapkan perasaan, mengajarkan pesan moral 
Unsur kebahasaan 
(1)    
  Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu. 
(2)    
  Ejaan dan tulisan tangan
  dan cetak yang jelas dan rapi. 
(3)    
  Ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ketika
  mempresentasikan secara lisan 
Topik 
Keteladanan tentang perilaku yang menginspirasi. | 
Mengamati 
·     
  Siswa mendengarkan lagu dari
  berbagai sumber dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur
  kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya. 
·      Siswa mencoba menirukan pengucapannya dan  menuliskan lagu yang digunakan. 
Mempertanyakan 
·      Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa terpancing untuk
  mempertanyakan fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan yang digunakan. 
·      Siswa memperoleh pengetahuan tambahan tentang fungsi sosial, ungkapan,
  dan unsur kebahasaan dari lagu.  
Mengeksplorasi 
·      Siswa mencari lagu dari berbagai
  sumber.. 
·      Siswa berlatih memahami isi lagu dengan teman 
Mengasosiasi 
·      Siswa menganalisis lagu dengan
  mengelompokannya berdasarkan jenis lagu.  
·      Siswa membandingkan lagu  yang disajikan
   guru dengan yang dipelajari dari
  berbagai sumber lain. 
·      Secara berkelompok siswa mendiskusikan lagu yang mereka temukan dari
  sumber lain atau budaya lain. 
·      Siswa memperoleh balikan (feedback)
  dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang sampaikan
  dalam kerja kelompok.  
Mengkomunikasikan 
·      Siswa menyanyikan lagu dalam kerja
  kelompok 
·      Siswa menyanyikan lagu dalam
  kegiatan bermain peran 
·      Siswa menyanyikan dalam konteks komunikasi yang wajar di dalam kelas,
  dengan memperhatikan fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan yang benar
  dan sesuai dengan konteks 
·      Membuat jurnal belajar (learning
  journal) | 
Kriteria Penilaian: 
·  
  Tingkat ketercapaian fungsi sosial penggunaan
  teks 
·  
  Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks 
·  
  Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata,
  ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan
  tulisan tangan 
·   Tingkat kesesuaian format
  penulisan/ penyampaian 
Cara Penilaian: 
Pengamatan (observations):   
Bukan penilaian
  formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:  
-     
  Perilaku tanggung jawab,
  peduli, kerjasama dan cinta damai dalam melaksanakan Komunikasi 
-     
  Ketepatan dan kesesuaian
  dalam pengucapan dalam menyanyikan lagu 
-     
  Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan 
Portofolio 
·    
  Kumpulan kemajuan siswa berupa
  kumpulan lagu yang disalin dengan tulisan tangan beserta kesan terhadap lagu 
·    
  Kumpulan hasil
  tes dan latihan. 
·    
  Catatan atau rekaman
  penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian
  lainnya | 
3
  x 3 JP | 
·   Audio
  CD/ VCD/DVD 
·   SUARA
  GURU 
·   Koran/
  majalah berbahasa Inggris | 
 
 


