DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Kamis, 21 Februari 2013

MENGENAL KECERDASAN MANUSIA


Menurut Maskatno Giri manusia itu penuh dengan misteri, demikian juga mengenai  misteri kecerdasan. Kita sering mendengar tentang  teori 9 kecerdasan  manusia  yang dikenalkan oleh  seorang ahli. padahal sebenarnya kecerdasan manusia sejatinya hanya Allah yang tahu. Jadi kecerdasan tidak hanya berjumlah 9.

 Namun, intinya kecerdasan manusia sangat rumit, mungkin di antara sejuta manusia  jenis kecerdasanya juga sejuta. Yang jelas, kecerdasan  tak hanya diukur melalui ukuran IQ (Intelligence Quotient). Setiap  manusia dewasa atau anak memiliki kecerdasan yang majemuk, yakni kecerdasan intelektual (IQ) maupun kecerdasan emosional (Emotional Quotient/EQ).  Seorang ahli  yang hebat  telah  mengelompokkan dan g mengenalkan tentang kecerdasan komplek adalah  Howard Gardner . Dia salah seorang profesor pendidik dan peneliti dari Harvard University Amerika Serikat, ada 9 aspek kecerdasan seorang anak. Istilah yang sering kita dengar adalah multiple intelligences.

Apa sajakah kecerdasan yang terdiri dari 9 kriteria  kecerdasan majemuk tersebut?
1. Kecerdasan musikal
Kecerdasan ini ditunjukkan anak mudah sekali mengikuti dan mengingat lagu. Cara melatihnya adalah dengan mendengarkan musik dan bernyanyi. Mengajarkan anak menyanyikan lagu-lagu sederhana sesuai usia mereka. Melakukan pekerjaan dengan bernyanyi, misalnya saat mandi dan bangun pagi.
2. Kecerdasan Intrapersonal
Berkaitan dengan kemampuan daya tahan, untuk tidak mudah down, gigih berusaha, tidak minder. misalnya ketika  mengikuti perlombaan, tampil depan umum. Cara melatihnya adalah mengajarkan anak untuk terbiasa berada dalam sebuah kelompok dan berinteraksi dengan teman - teman sebayanya.
3.Kecerdasan interpersonal (sosial)
Adalah kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan anak beradaptasi, bekerjasama, berelasi dengan lingkungan teman sebaya dan orang di sekitarnya. Cara melatihnya adalah dengan memberi kesempatan si kecil sering ditemani untuk bergaul bersama teman - teman sebaya, bermain dan berkomunikasi pada anak- anak seusianya.
4. Kecerdasan visual spasial
Adalah kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan memahami pandang ruang. Yakni anak mampu membedakan posisi dan letak serta membayangkan ruang, Di kanan, kiri, atas, bawah, depan, belakang dan samping.
Cara melatihnya adalah setiap melakukan kegiatan yang berhubungan dengan posisi atau ruang hendaknya orang tua selalu sambil menyebutkan, misal : Tolong dong, adik letakkan bukunya di atas meja, atau tolong kakak ambilkan buku yang jatuh di bawah meja. Sebutkan lokasi ruang, ajarkan si kecil melipat, menggunting, membalik dan menggambar. 
5. Kecerdasan natural (alam)
Anak diperkenalkan dengan lingkungan hidup selain manusia , yaitu binatang, tumbuhan dan beraneka suasana alam, misalnya sesekali ajak anak memberi makan pada ikan atau ke kebun binatang, mengunjungi taman flora dan bermain di alam terbuka.
6. Kecerdasan kinestetik tubuh
Anak memiliki kemampuan untuk melakukan kegiatan yang melibatkan tubuh misalkan gerakan tubuh saat berdoa,  menggambar, melompat, berlari dan olahraga yang menggerakkan tubuh, menari, senam dan sebagainya. Cara melatihnnya ajak anak untuk latihan mencoret dan menggambar garis, lingkaran, melakukan gerakan senam dan menari.
7. Kecerdasan moral
Yaitu kepekaan anak untuk meresap kepatuhan dalam berperilaku yang baik, misalnya tahu mengucapkan terimakasih, maaf, permisi dan membedakan perbuatan baik dan buruk, bisa menahan diri untuk tidak melakukan pelanggaran terhadap tata cara kesopanan.  Caranya adalah melatih dalam kelompok bermain dan melakukan peraturan peraturan dalam permainan, ajarkan anak patuh dan memahami aturan sederhana misalnya bermain petak umpet.

8. Kecerdasan verbal linguistik
Anak dapat berbicara dan menceritakan suatu kejadian yang dilihatnya dengan mudah, terangkai dengan baik dan kronologis kejadian tidak melompat lompat. Cara melatihnya adalah sejak dalam kandungan dan setelah lahir anak sering diajak bercakap cakap, berbicara dengan orangtua, teman sepermainan, menceritakan dongeng dan menyanyikan lagu anak - anak.
9. Kecerdasan logika matematika
Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan anak untuk memahami persoalan dan memecahkan teori sederhana yang berkaitan dengan angka. Cara melatihnya adalah mengajarkan anak mengelompokkan mainan yang dimiliki, menghitung buah buahan dan membagikan makanan kecil dan menyebutkan jumlah yang diberikan, mengelompokkan benda mainan seperti dadu berwarna, mainan berbentuk buah dan bunga.
Setiap anak terlahir unik
Jika menemukan kesulitan dengan tahapan perkembangan anak , ibu boleh diskusikan dengan dokter anak atau boleh juga dengan bidan yang telah mengikuti pelatihan untuk KPSP, oya KPSP ini Kuisioner Pra Skrining Perkembangan. Ada beberapa alat dan instrumen juga kuisioner untuk mengukurnya sesuai dengan tahapan dan perkembangan usia.
Setiap anak terlahir unik dan  siap mendapat stimulasi kecerdasan majemuk yang kita berikan di usia emas pertumbuhannya terutama sejak lahir hingga  usia 2 tahun. Dengan rangsangan kecerdasan yang tepat di dukung gisi yang sehat seimbang untuk Balita, akan membantu setiap anak untuk berkembang sesuai tahapan.
Faktor internal dan eksternal  juga sangat berpengaruh, oleh karena itu jaga agar anak tetap sehat selama masa pertumbuhan, penuhi kebutuhan akan kasih sayang dan rasa aman. Tentu ada yang menonjol dari tiap anak dari sembilan kecerdasan majemuk dalam diri seorang anak kelak, namun sebagai orangtua kita berusaha untuk mengembangkan kesembilannya pada saat usia BALITA
Selamat mendampingi putra-putri tercinta dan jangan lupa untuk terus merangsang kecerdasan majemuk agar anak - anak tumbuh dan berkembang sehat sesuai usia.

Senin, 18 Februari 2013

MENJADI KAYA DAN BAHAGIA Oleh Maskatno Giri

Harapan semua orang adalah kaya dan bahagia. Tapi kenyataannya  banyak orang tidak kaya dan tidak bahagia, juga ada orang yang kaya  tapi juga tidak bahagia. Kalau masKatno Giri sendiri   orangnya tidak kaya dan tidak miskin alias pas-pasan  namun  hidupnya bahagia. Menurutku menjadi bahagia itu sederhana saja caranya cukup bersyukur atas nikmat yang dianugerahkan dari Allah swt.

Berdasar pengalamanku pribadi, aku  belajar dari mana saja sumbernya, yang penting  pembelajaran tersebut menjadikan kita lebih baik. Salah satu  yang bisa menjadi inspirasi bahan pembelajaran  karena nasihatnya yang bagus adalah dari Simmon  seorang pengusaha asal Amerika. Dia berharap bahwa menjadi kaya namun bahagia. Simmon adalah  masuk dalam daftar “Top 25 Most Influential People of the Past 25 Years dari USA Today berkat tangan dinginnya saat menangani bisnis enternainmen. Ia dikenal memiliki “Midas Touch”, karena apapun yang disentuhnya selalu menjadi sukses.


Simmons menyadari bahwa buah dari sentuhan emasnya perlu ditanggapi lebih mendalam. “Orang biasanya mengejar uang agar menjadi bahagia. Tetapi uang sebenarnya tidak membuat Anda bahagia,” katanya. “Menjadi bahagia (lebih dulu) justru akan menghasilkan uang.”

Simmons menemukan keseimbangan dalam hidupnya setelah 15 tahun mempraktikkan  teknik pendekatan spiritualitas model keyakinannya.  Dalam bukunya, Super Rich: A Guide to Having it All, Simmons menunjukkan bahwa semua orang bisa mencapai kesuksesan dan kebahagiaan. Ada lima prinsip untuk menjadi superkaya yang bisa Anda tiru dari dirinya:
1. Berikan talenta Anda semaksimal mungkin
Sejak Anda bangun pada pagi hari, pikirkan apa yang bisa Anda berikan untuk orang lain, dan bukannya apa yang ingin Anda dapatkan. “Dengan berlatih menjadi pemberi yang baik, Anda akan menjadi penerima yang baik,” kata Simmons, yang kini menjadi Chairman dan CEO Rush Communications.
2. Kejar tujuan Anda tanpa ngoyo
Simmons termasuk orang yang menganut prinsip The Law of Attraction, atau Hukum Tarik-Menarik, yang dilontarkan oleh Rhonda Byrne dalam buku The Secret. ”Kalau Anda mengejar sesuatu, mereka justru akan lari dari Anda,” katanya. Hal ini mirip dengan prinsip lain yang berbunyi, “Semakin banyak Anda memberi, semakin banyak hal yang akan Anda terima.”
3. Kalau Anda tidak menyukainya, tinggalkan
Kerjakan apa yang paling Anda cintai, dan kekayaan akan mengikutinya. Bagi Simmons, sebaiknya Anda memang hanya melakukan hal-hal yang membuat kita nyaman saat melakukan. “Orang bisa menjual apa saja. Tetapi saya ingin menekankan, sebaiknya jangan menghasilkan uang hanya untuk dibayar,” kata pria 55 tahun ini. Jika Anda tidak menyukainya, maka jangan lakukan.
4. Tak usah memikirkan hasilnya
Ketika berbisnis, kita tak akan pernah bisa mengontrol hasilnya. Yang bisa kita lakukan adalah mengontrol tindakan dan usaha kita. Jadi, pastikan Anda melakukan tindakan dan tugas Anda dengan baik, begitu sarannya.

5. Terbuka
Dalam bukunya, Simmons juga mendorong kita untuk selalu terbuka, kreatif, dan fleksibel. Jangan pernah bersikap kaku atau enggan menghadapi perubahan. Hal yang paling penting baginya adalah bekerja keras, dan menjadi orang yang murah hati. Selain dikenal sebagai pebisnis yang sukses, Simmons juga dikenal dengan sikapnya yang dermawan. Ia mendedikasikan seluruh divisi kerajaan bisnisnya untuk amal dan kegiatan non-profit.

Jumat, 15 Februari 2013

KISAH NYATA YANG MENGINSPIRASI PRIBADI SUKSES


KISAH NYATA : Apakah Anda punya Mental Seperti Peng Shuilun?

Peng Shuilun hanya memiliki setengah dari tubuhnya karena diamputasi setelah terjadi kecelakaan truk. Tapi dia tak pernah menyerah ! Pemulihannya sangat mengagumkan, ahli bedah setelah hampir dua tahun menjalani serangkaian operasi.

Wakil presiden rumah sakit tempat ia dirawat berkata "Peng Shiilun sangat menakjubkan dan satu-satunya orang di dunia yang tetap bertahan walaupun begitu banyak tubuhnya yang diamputasi". Dia melewatinya dengan baik dan sekarang telah membuka supermarket murah miliknya sendiri yang bernama "Half Man- Half Price" Store.

Kita tidak boleh menyerah, jika Peng Shuilun dengan tubuhnya yang tak sempurna dapat terus menjalani hidup dengan sangat baik, begitu juga seharusnya kita.

Tidak ada alasan untuk terus berusaha jika kita sungguh-sungguh dalam mengejar kesuksesan kita. "SUKSES ditentukan Diri Anda Sendiri dan Butuh Komitmen dan Action Untuk Mencapainya"
KISAH NYATA : Apakah Anda punya Mental Seperti Peng Shuilun?

Peng Shuilun hanya memiliki setengah dari tubuhnya karena diamputasi setelah terjadi kecelakaan truk. Tapi dia tak pernah menyerah ! Pemulihannya sangat mengagumkan, ahli bedah setelah hampir dua tahun menjalani serangkaian operasi.

Wakil presiden rumah sakit tempat ia dirawat berkata "Peng Shiilun sangat menakjubkan dan satu-satunya orang di dunia yang tetap bertahan walaupun begitu banyak tubuhnya yang diamputasi". Dia melewatinya dengan baik dan sekarang telah membuka supermarket murah miliknya sendiri yang bernama "Half Man- Half Price" Store.

Kita tidak boleh menyerah, jika Peng Shuilun dengan tubuhnya yang tak sempurna dapat terus menjalani hidup dengan sangat baik, begitu juga seharusnya kita.

Tidak ada alasan untuk terus berusaha jika kita sungguh-sungguh dalam mengejar kesuksesan kita. "SUKSES ditentukan Diri Anda Sendiri dan Butuh Komitmen dan Action Untuk Mencapainya

Selasa, 12 Februari 2013

KITA LAYAK MENJADI MANUSIA SUKSES SEJATI terinpirasi dari bukuku sendiri 10 KUNCI SUKSES SEJATI



Beberapa minggu lalu aku telah diberi kekuatan dari Allah swt untuk menulis sebuah buku tentang 10 KUNCI SUKSES SEJATI, buku ini bersumber dari  ayat-ayat  Al qur an dan al hadits, namun juga dibumbui  dari ide para ahli yang berbicara tentang kesuksesan. Dampaknya ternyata positif untuk aku dan keluargaku sendiri. Karena  buku ini juga memberi motivasi untuk keluargaku, dan  siswa-siswaku. Mereka pun juga banyak yang  ingin membaca buku motivasi  ini.  Kesimpulannya  kita semuanya ingin menjadi sukses sejati, yaitu sukses yang benar-benar sukses dari dunia dan sampai di akherat.

Mendapat kesuksesan sejati adalah bukan impian dan ini bisa menjadi kenyataan untuk kita. Kenyataanya, banyak di antara kita kurang sukses. Bahkan ada banyak kita yang bertahun tahun belum merasakan kesuksesan. Apakah  Anda termasuk manusia yang  kurang sukses? Kalu anda sulit sekali sukses di dunia ini, wah sebenarnya tidak sukses di dunia ini tidak apa-apa,  masih ada kesempatan anda sukses di akherat syaratnya anda termasuk orang yang bertaqwa. 

Tapi Anda kasihan sekali, kalau  anda belum sukses tapi malas beribadah dan  suka maksiat. Bila di dunia ini anda termasuk belum sukses seperti cari makan ya masih susah, cari jodoh juga belum dapat, atau kalau sudah dapat tapi kurang bahagia ditambah lagi anda tidak suka beribadah tapi  suka maksiat, anda serugi-ruginya manusia. 

Kalau anda seperti yang saya sebutkan tadi  Anda benar-benar terlalu untuk dikasihani, sudah bangkrut di dunia dan di akherat.  Anda perlu intropeksi diri, kenapa Anda tidak bisa  sukses, padahal kesuksesan adalah hak kita semua.

 Tulisan ini akan mengajak aku sendiri dan anda merancang kehidupan yang lebih baik dan memiliki masa depan yang lebih baik atau istilahnya sukses sejatinya sukses. Namun sebelum melanjutkan membacanya, merenunglah kalau perlu untuk mencatat hal terpenting yang muncul. Siapkan pula pikiran, hati, ketulusan serta kejujuran anda menerima  pertanyaan-pertanyaan di bawah ini :

  1.   Apakah anda termasuk orang yang syukur? Tahukah anda bahwa syukur mengajarkan hidup bahagia, efektif, dan bermakna.
  2.  Apakah anda termasuk orang yang  menjaga  amanat atau bisa dipercaya  dan jujur? Jujur merupakan kunci sukses pribadi anda.
  3. Apakah anda termasuk orang yang berani menghadapi tantangan dan suka kerja keras?Sebuah keberanian dan kerja keras akan mengantar anda kejalan yang tepat
  4. Apakah  anda suka menuntut ilmu? Ilmu merupakan teman seperjalanan yang akan memberi penerangan
  5.  Apakah Anda termasuk orang yang tidak sombong atau memiliki rasa rendah hati ? Rendah hati adalah senjata untuk menghancurkan semua rintangan
  6. Apakah anda termasuk orang yang peduli kepada naisb sendiri dan nasib orang lain? kepedulian adalah penting untuk merajut masa depan yang baik.

Setelah memahami pertanyaan-pertanyaan  diatas dan jawaban anda ya,ya,ya ANDA LAYAK MENJADI MANUSIA SUKSES SEJATINYA  SUKSES. Semoga kesuksesan bersama dengan kita,  mari berlayar memahami diri, menemukan impian dan meraih sukses sejati

LEARNING TO BE SUCCESSFUL summarized by Maskatno from Davin Korn's paper



I am really  sure that every people want to be successful.  Learning   is the  main  key to achieve  success.  Learning to be successful can help us in all areas of life. Being a successful individual means achieving the desired outcomes. There are different ways of measuring success. In  general, most people want to be successful at what they do. Being seen as a successful person means that others will give attention to them. Therefore, many wish to achieve this desired result in their life.

In order to be successful,  we  must know our traits. Exploiting  our  positive traits to the best of  our  ability can yield success. Discovering our talents is a great way to achieve the level of success  we want. Once us discover our abilities,  we  can use them to our advantage. It will require work and dedication, but over time the chances of success improves. The idea is to not give up and have good staying power.

Gaining success means taking action. Knowing who  we  are is a good way to become successful. But, actually taking the initiative to doing something is what counts. Applying ourself over and over will lead to greater chances of success. Trying and practicing are essential ingredients towards the road to success. After  we  tried something we  can determine if that is the right path for us.

Learning from others is a good way to become successful. Seeing what people experience and how they got there will give us an idea about how they became successful. In addition, surrounding our self with successful people will help to give us motivation. By seeing what people do, this gives us a path to follow on the road to success. Having some guidance along the way is helpful towards achieving our goal.

Successful people are looked up to in society. Even though it is ok to fail, there is generally a stigma associated with it. Many people don’t want to be seen as failures nor do they want to fail the people they care about. Therefore, being successful is important. Also, as mentioned before, success is measured in many different ways. One’s success can be seen as a failure to another. It is a good idea to keep in mind that it is relative to perception. However, success usually is not out of reach.

PERCAYA DIRI SAJA

Jujur saja, aku selama bertahun-tahun kurang memiliki rasa percaya diri. Kurangnya  percaya diri  yang kurasakan berlangsung sejak kecil sampai kuliah. Ini disebabkan aku terlalu menuntut berlebih terhadap diriku sendiri. Aku berobsesi terlalu tinggi, padahal modal  yang kumiliki serba pas-pasan, wajah pas-pasan, ekonomi pas-pasan, cerdas pasa-pasan dll.

Hidup adalah proses, ternyata minder  bisa dijadikan power. Untuk mengatasi keminderan maka aku harus berjuang untuk memiliki kemampuan dan power untuk bisa dipercaya dan bisa  diandalkan. Akhirnya kuputuskan sekolah dan kuliah  walau dengan modal pas-pasan dan  biaya sendiri.

Setelah bergaul dengan orang dan berbagai sumber dan buku, mataku semakin terbelalak bahwa buat apa aku minder atau tidak percaya diri. Kutemukan banyak orang yang kuanggap luar biasa eh ternyata biasa-saja. Kutemukan banyak orang yang kuanggap sukses ternyata sering curang. Kutemukan para pejabat yang mengumbar janji dan korupsi, juga sering selingkuh, mereka tidak punya rasa malu  tapi mereka terlihat  percaya diri.

Kini aku semakin percaya diri. Karena walau aku miskin selama bertahun aku  bukan koruptor. Demikian juga walau  kemampuan akdemik dan pisikku  pas-pasan, tapi aku suka kerja keras dan suka belajar.

So semoga  aku akan semakin PD saja, karena Allahlah  yang memberi kekuatan dan kemampuan. Para koruptor saja PDdan lantang kalau bicara. Kenapa aku harus minder.

Minggu, 10 Februari 2013

Memahami jamak (plural) dan tunggal (singular) dalam bahasa Inggris

Ada beberapa atuaran dalam penggunaan Kata benda JAMAK.

1. Uncountable Nouns (Kata Benda yang tidak bisa dihitung)
Untuk kata benda ini, kita tidak perlu menambahkan s/es
contoh :
Water = air
Air = Udara
Money = Uang
Rice = Nasi
Honey = Madu, dll

2.   Countable Nouns (Bisa Dihitung)



Berikut ini adalah cara pembentukan kata benda tunggal menjadi kata benda jamak dalam bahasa inggris :
1.       Dengan  membubuhkan akhiran "-s" pada kata benda tunggal Contoh:
  • ·         door - doors = pintu
  • ·         cat - cats = kucing
  • ·         bird - birds = burung, dsb

2.      Dengan menambaha akhiran "-es" pada kata benda yang berakhiran bunyi desis seperti "-s, -ss, -x, -z, -ch, dan -sh" Contoh:
  • ·         ass - asses = keledai
  • ·         glass - glasses = gelas
  • ·         bus - buses = bis
  • ·         box - boxes = kotak
  • ·         class - classes = kelas
  • ·         quiz - quizzes = kuis, dsb

3.      Apabila kata benda tunggalnya berakhiran “–ch” tetapi tidak berbunyi desis, melainkan diucapkan dengan bunyi /k/, maka bentuk jamaknya tidak ditambah –es, tetapi hanya ditambah “-s” contoh :
·         stomach - stomachs = perut
·         monarch - monarch = raja, dsb
4.      Akhiran "-es" juga bisa ditambahkan pada kata benda tunggal yang berakhiran huruf "o", yang didahului oleh konsonan (huruf mati). Contoh:
  • ·         hero-heroes = pahlawan
  • ·         negro-negroes = orang negro
  • ·         mango-mangoes = mangga
  • ·         mosquito-mosquitoes = nyamuk, dsb

Semua kata benda tunggal yang berakhiran –o dalam contoh diatas diawali dengan konsonan, seperti akiran “-o” pada kata mango yang diawali dengan konsonan g¸dan setelah menalak tambahan akhiran “-es” berubah menjadi bentuk jamak mangoes. Beberpa kata benda tunggal tidak mengikuti aturan diatas. Artinya, sekalipun kata benda tunggalnya berakhiran “–o” dan di awali dengan konsonan, bentuk jamaknya hanya ditambahi akhiran “-s”, bukan “-es”, misalnya bentuk jamak kata benda tunggal kilo adalah kilos bukan kilos. Aturan ini biasanya berlaku bagi kata benda tunggal yang berasal dari kata bahasa asing, misalnya :
  • ·         bamboo - bamboos = bambu
  • ·         dynamo - dynamos = dinamo
  • ·         folio - folios = folio
  • ·         radio - radios = radio
  • ·         zoo - zoos = kebun binatang, dsb

5.       Kata benda tunggal yang berakhiran “-y” berubah menjadi kata benda jamak dengan mengubah –y menjadi –i kemudian ditambah akhiran –es, jika didepan y huruf konsonan Contoh:
  • ·         baby - babies = bayi
  • ·         duty - duties = tugas
  • ·         city - cities = kota, dsb

Jika didepan huruf y merupakan huruf vocal maka bentuk jamaknya cukup ditambah “-es”. Contoh :
  • ·         boy - boys = anak laki-laki
  • ·         toy - toys = mainan anak-anak
  • ·         day - days = hari, dsb

6.      Kata benda tunggal yang berakhiran "-f" atau "-fe", berubah menjadi "ves" dalam kata benda jamak. Contoh:
  • ·         calf - calves = betis, anak sapi
  • ·         wife - wives = isteri
  • ·         knife - knives = pisau
  • ·         wolf - wolves = serigala, dsb

tetapi ada beberapa kata yang tidak boleh ditambah akhiran “-ves”, tetapi hanya ditambahkan akhiran “-s” walaupun benda tunggal tersebut berakhiran “-f”. contoh :
  • ·         roof-roofs = atap
  • ·         dwarf-dwarfs = orang kerdil
  • ·         turf-turds = tanah berumput, dsb

7.       Kata benda jamak yang tidak beraturan (irregular plural nouns) tidak mengikuti aturan pembentukan kata benda jamak diatas. Kata benda yang tergolong dalam kategori ini adalah sebagai berikut :
  • ·         man - men = pria
  • ·         woman - women = wanita
  • ·         foot - feet = kaki
  • ·         tooth - teeth = gigi
  • ·         goose - geese = angsa
  • ·         loose - lice = kutu
  • ·         mouse - mice = tikus
  • ·         child - children = anak-anak, dsb


8.      Beberapa kata benda jamak memiliki bentuk yang sama dengan bentuk kata benda tunggal, misalnya :
  • ·         cattle - cattle = ternak
  • ·         deer - deer = rusa
  • ·         dozen - dozen = lusin
  • ·         fish - fish = ikan
  • ·         food - food = makanan, dsb
  • 9.      beberapa kata benda selalu berbentuk jamak dan tidak memiliki bentuk tunggal,misalnya:
  • ·         clothes = pakaian
  • ·         glasses = kacamata
  • ·         pliers = catutu
  • ·         scissors = tang gunting
  • ·         shoes = sepatu
  • ·         shorts = celana pendek

Perbedaan "in spite of, despite, although dan even though"

Perbedaan in spite of, despite, although dan even though. Keempat kata ini digunakan untuk menunjukkan pertentangan (bisa diartikan “walaupun”) tetapi ada perbedaan dalam struktur dimana kata-kata ini terdapat.
In spite of dan Despite
Setelah in spite of dan despite kita menggunakan noun atau pronoun.

  • We enjoyed our picnic in spite of the rain
  • Despite the pain in his foot he completed the marathon
  • Despite having all the necessary requirements, they didn’t offer her the job.
Perlu diingat bahwa gerund (bentuk -ing) adalah bentuk noun dari sebuah kata kerja (verb). Jadi pada kalimat terakhir di atas despite juga diikuti oleh noun.
Yang membedakan antara in spite of dan despite hanya “of”. Despite tidak menggunakan of. Kalimat berikut salah:
  • Despite of the bad day, there was many people at the match.
Although
Setelah although kita menggunakan sebuah subjek dan sebuah kata kerja (verb).
  • We enjoyed our picnic although it rained all day.
  • Although she studied very hard, she didn’t manage to pass the exam.
  • The picnic was great although the service wasn’t very nice.
In spite of dan despite boleh digunakan bersama dengan sebuah subjek dan sebuah kata kerja jika kita menyertakan frase “the fact that“.
  • In spite of the fact that she studied very hard, she didn’t manage to pass the exam.
  • Despite the fact that she studied very hard, she didn’t manage to pass the exam.
Even though
Even though sama struktur penggunaannya dengan although, hanya saja even though lebih kuat.
  • I decided to buy the car even though we didn’t really have enough money
  • He keep making that annoying noise even though I’ve asked him to stop twice.
Seperti although, even though juga diikuti dengan sebuah subjek dan sebuah kata kerja (verba).

Memahami penggunaan: some, any, many dan much

Some

Kata some memiliki arti beberapa dalam bahasa Indonesia. Jadi jika benda yang kita akan sebutkan lebih dari satu kita dapat menggunakan kata some sebagai penjelasnya. Kata some ini kita letakkan persis di depan kata benda yang akan kita jelaskan jumlahnya. Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah:

I need some apples for making fruit salad.

Jangan lupa untuk menambahkan huruf s di belakang kata benda. Hal ini karena dalam bahasa Inggris setiap benda jamak ditambhakan huruf s. Kecuali untuk kata benda yang tidak dapat dihitung seperti water, oil, dan air.

Kata some ini hanya dapat digunakan untuk kalimat positif atau kalimat berita saja. Jadi jangan gunakan kata some jika anda akan membuat suatu kalimat negatif atau kalimat tanya.

Any

Dalam bahasa Indonesia any memiliki arti banyak. Namun kata any hanya dapat digunakan dalam kalimat negatif atau kalimat tanya saja. Kata any seperti halnya kata some, juga diletakkan persis di depan kata benda. Contoh kalimatnya adalah:

    I don’t have any foods to be eaten.
    Do you have any coffee?

Pada kalimat pertama adalah contoh any yang digunakan dalam kalimat negatif. Sedangkan kalimat kedua adalah kata any yang digunakan dalam kalimat tanya. Jangan lupa juga untuk menambahkan huruf s pada setiap kata benda yang dapat dihitung.

Many

Many memiliki arti banyak dalam bahasa Indonesia. Jika any digunakan dalam kalimat negatif dan kalimat tanya maka kata many digunakan dalam kalimat berita. Namun kata many hanya dapat digunakan untuk menjelaskan kata benda yang dapat dihitung saja. Contoh penggunaan many dalam suatu kalimat:

I have so many books in my book shelf.
Karena book adalah benda yang dapt dihitung maka kita menggunakan many.

Much

Much memilki arti yang sama dengan many yaitu banyak. Lalu apa perbedaannya dengan kata many? Jika many digunakan untuk benda-benda yang dapat dihitung maka much digunakan untuk benda-benda yang tidak dapat dihitung. Contoh penggunaannya dalam suatu kalimat adalah:

I have so much coffee in my cabinet.

Karena kata coffee termasuk dalam kata benda yang tidak dapat dihitung, maka kita menggunakan much untuk menjelaskan jumlahnya.

Memahami QUANTIFIER (much, many dan a lot of )

Quantifier adalah kata-kata yang menunjuk seberapa banyak jumlah suatu benda – yakni quantifier menunjukkan kuantitas. Much, many, dan a lot of menandakan banyaknya jumlah sesuatu, sebagai contoh “I have a lot of milk” berarti saya mempunyai banyak susu.
Much
Much digunakan untuk kata benda yang tidak dapat dihitung (uncountable), dan umumnya digunakan dalam pernyataan-pernyataan negatif dan kalimat bertanya. Tidak lazim menggunakan much pada pernyataan-pernyataan positif. Sebagai contoh:

  • I don’t have much money.
  • Do you have much time?
  • “I have much time.” Ini kedengaran tidak lazim.
Many
Many digunakan untuk kata benda yang dapat dihitung (countable), dan sering digunakan pada pernyataan-pernyataan negatif dan kalimat bertanya. Akan tetapi, many juga digunakan dalam pernyataan-pernyataan positif. Contoh:
  • I don’t have many apples.
  • Do you have many friends?
  • Many people come here in summer.
Much dan many bisa digunakan dalam pernyataan-pernyataan afirmatif, tetapi memberikan makna yang lebih formal. Misalnya:
  • He has many good friends from Harvard University.
Much dan many sering muncul dalam pertanyaan-pertanyaan singkat. Misalnya:
  • Do you see your family much?
  • No, not much.
A lot of
A lot of digunakan untuk kata benda uncountable dan countable, dan umumnya digunakan untuk pernyataan-pernyataan afirmatif. Misalnya:
  • I have a lot of friends.
  • I have a lot of time.
A lot of juga digunakan dalam pertanyaan, khususnya jika kita memperkirakan jawabannya adalah positif. Walaupun sering disebutkan bahwa much dan many digunakan untuk pertanyaan, kita biasa menggunakannya untuk pertanyaan yang jawabannya diperkirakan negatif. Sebagai contoh:
  • Do you want a lot of pizza? (Penanya memperkirakan anda ingin makan banyak)
  • Do you want much pizza? (Ini kedengaran tidak lazim, tetapi penanya memperkirakan anda tidak ingin makan banyak.)
Lots of bisa digunakan dengan cara yang sama seperti a lot of, seringkali dalam pembicaraan informal. Misalnya:
  • I have lots of time.
  • I have a lot of time.
How much / how many?
How much digunakan untuk menanyakan tentang harga sesuatu. Misalnya:
  • How much is it?
  • How much is that dog in the window?
How much dan How many digunakan untuk menanyakan tentang kuantitas. Misalnya:
  • How much money do you have?
  • How many apples does he have?
Contoh penggunaan dalam percakapan
1) We need to go shopping.
I don’t think so, we’ve got a lot of food here.
We don’t have much milk or bread, and we don’t have much water.
Oh, OK. Lets go shopping this evening.
2) How’s your university?
It’s great. I have lots of friends and there are a lot of great professors. I don’t have much money, but that’s OK. Also I’m really busy these days, so I don’t have much time.
Are you enjoying it?
Sure, it’s going well.
3) How many students are in your class?
We don’t have many students, just eight.
That’s great! You can study a lot.
Right. And I can talk to the teacher a lot as well. That’s good.
Do you have many friends in your class?
Yes, I go out with them a lot.